Creativepreneur and Career

Memahami Pengertian Joint Venture Beserta Contohnya

joint-venture

GenK! Apakah kamu lagi berencana menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk mendirikan bisnis? Atau, kamu ingin pakai modal bersama untuk membangung bisnis? Nggak ada salahnya loh, meski masih mudah udah rintis bisnis sendiri. Pas banget juga kali ini kita akan membahas tentang joint venture. Sekarang mari kita simak pengertiannya beserta informasi terkait selengkapnya. Yuk!

Mengenal Joint Venture dalam Bisnis 

pengertian-joint-venture

Kerja sama dalam bisnis (Sumber: cloudfront.net)

Joint venture adalah perusahaan yang didirikan oleh dua atau lebih entitas bisnis dengan tujuan penyelenggaraan usaha bersama untuk jangka waktu tertentu. Kalau menurut UU No. 25 Tahun 2007, bisnis ini bisa dikategorikan sebagai salah satu aktivitas penanaman modal asing. Ini dilakukan dengan tujuan utama memberi keuntungan bersama kepada perusahaan yang ngasih kekuatan ekonomi ke perusahaan induknya.

Namun, joint venture nggak sama dengan CV (capital venture). Umurnya lebih pendek daripada CV. Terus, anggota joint venture biasa disebut dengan venture atau partner atau sekutu. Kalau di Indonesia, salah satu perusahaan dengan sistem ini adalah PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Perusahaan ini adalah gabungan dari PT Nestle S.A dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Sekarang, mari kita lebih mengenal jenis-jenis bisnis ini.

Jenis-Jenis Bisnis Gabungan 

jenis-joint-venture

Jenis-jenis kerja sama dalam bisnis antar perusahaan (Sumber: cloudfront.net)

Ada dua jenis kontrak usaha ini, yakni domestik dan internasional. Nah, kita melihat berdasarkan “pasal 8 ayat (1) SK Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor : 15/SK/1994 tentang ketentuan pelaksanaan pemilikan saham dalam perusahaan yang didirikan dalam rangka penanaman modal asing”. Bidang bisnis yang wajib mendirikan usahanya dengan cara tersebut yakni:

  • Pelabuhan
  • Penerbangan
  • Kereta api umum
  • Air minum
  • Pelayanan
  • Telekomunikasi
  • Mass media atau media massa
  • Pembangkit tenaga atom
  • Produksi, transmisi dan distribusi tenaga listrik untuk umum

Penanaman modal asing atau PMA dan perusahaan domestik wajib melakukan joint venture. Alasannya karena bisnis ini termasuk penting bagi negara serta menguasai hajat hidup orang banyak. Lalu, ada juga bisnis yang dilarang bagi penanaman modal asing, yaitu yang bidangnya berkaitan dengan pertahanan negara, misalnya produksi senjata, mesin, alat peledak dan peralatan perang.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak

Creativepreneur and Career

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner via E-commerce di Era Pandemi, Cek di Sini Yuk!

Creativepreneur and Career

Ingin Tahu Keinginan dan Kebutuhan Customer Bahkan Sebelum Mereka Menyadarinya? 7 Cara ini wajib kamu Coba

Creativepreneur and Career

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Financial Suicide dan Cara Mengatasinya