GenK LIFE

Yuk, Bikin Jurnal Harian untuk Pengembangan Diri, Ada Banyak Manfaatnya

Jurnal harian

Duh, padahal udah hidup berpuluh-puluh tahun, tapi kenapa, kok, aku masih gini-gini ini aja dan nggak ada perkembangan yang berarti dalam diri, sih. Pernah ngerasain nggak, GenKs? Nah, kalau itu yang lagi kamu rasain sekarang, coba mulai membuat jurnal harian untuk pengembangan diri, deh. Ada banyak banget manfaat menakjubkan yang bakalan kamu rasain, lho, guys. Karena ternyata menulis buku diary atau istilah lainnya, jurnal harian, seperti diungkapkan oleh para ahli, bisa membuat hidupmu lebih teratur dan fokus, lho. Nggak usah lama-lama, langsung intip aja 6 manfaat dari menulis jurnal harian untuk pengembangan diri berikut, yuk!

  1. Menyimpan Memori dan Kenangan

Sumber Gambar : lifehacker.com

GenKs, kamu pernah nggak, sih, mencoba mengingat-ingat apa yang udah kamu lakukan selama sepekan terakhir? And, what do you think, guys? Nyatanya emang nggak gampang mengingat setiap detail kejadian dari hari ke hari. Karena kemampuan kita untuk mengingat peristiwa atau bahkan momen unik itu terbatas banget. Nah, inilah kenapa kamu harus menulis jurnal. Jadi, kamu akan punya kenangan dan memori yang tersusun dengan rapi.

2. Lebih Fokus dan Produktif

Sumber Gambar : hiveage.com

Saat kamu membuat jurnal harian yang ada di kepala, seperti emosi, kerjaan, motivasi, pengalaman hidup, pencapaian, bahkan permasalahan yang kamu alami setiap harinya, hal itu juga bisa membantumu lebih fokus menemukan solusi dan jawaban. 

Produktivitasmu juga akan meningkat. Dan yang lebih penting adalah pengembangan dirimu pun semakin maksimal karena kamu tahu apa yang jadi kelemahanmu, sehingga kamu pun terpacu untuk mencoba mengontrol diri, guys.

3. Bentuk Terapi Diri dan Mengurangi Stres

Jurnal harian

Sumber Gambar : blogspot.com

Nggak perlu konsultasi dengan psikiater, kamu cukup menyusun jurnal harian sebagai bentuk terapi diri sendiri, guys. Seperti diungkapkan Intermountain Healthcare, cuma dengan mencurahkan segala permasalahan yang kamu hadapi ke dalam tulisan di buku jurnal akan membantumu mengontrol emosi dengan lebih baik. 

Nah, sekarang coba, deh, kamu menyalurkan emosi lewat tulisan setiap hari. Seiring waktu, kadar stres yang bikin pikiran kalut juga akan berkurang. Wah, di luar dugaan banget, ya!

4. Evaluasi Diri dan Mempelajari Kesalahan Masa Lalu

Sumber Gambar : buddymantra.com

Kesulitan untuk mengevaluasi diri sendiri dan mencari tahu kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu, GenKs? Kamu bisa mencoba menulis jurnal pribadi tentang beberapa poin, seperti detail pekerjaan, dedikasi waktu kerja, pujian atas prestasi, goal, kesalahan dalam bekerja dan lain sebagainya. 

Tulis semua perjuangan yang telah kamu lakukan hingga pencapaian yang berhasil kamu raih. Dengan begitu kamu bisa memotivasi diri untuk lebih baik lagi di masa mendatang.

5. Membantumu Memetakan Tujuan Hidup

Jurnal harian

Sumber Gambar : lboro.ac.uk

Lewat aktivitas membuat jurnal harian, selain untuk pengembangan diri, kamu juga jadi tahu detail tentang apa saja yang ingin kamu capai di masa depan, hal-hal yang harus diingat, mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan. 

Buat yang baru pertama kali menulis jurnal, nggak usah takut, kamu bisa mencoba bikin tulisan berupa poin-poin yang saling terikat. Dan pelan-pelan kamu dapat mewujudkannya satu per satu.

6. Bikin Kamu Lebih Semangat, Termotivasi dan Selalu Bersyukur

Jurnal harian

Sumber Gambar : goodfon.com

Dan manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan dari kegiatan rutin membuat jurnal harian untuk pengembangan diri adalah membantumu lebih semangat untuk menyongsong masa depan, termotivasi mewujudkan setiap mimpi dan juga senantiasa bersyukur atas semua hal yang dianugerahkan Tuhan kepadamu selama hidup serta telah meringankan langkahmu untuk meraih impian yang selama ini kamu rangkai dengan mudah.

Yuk, mulai menulis jurnal harian kamu sekarang untuk pengembangan diri yang lebih baik lagi, GenKs.

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking