Film, Animasi & Video

Jurusan Kuliah tentang Film Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Hobi Nonton

jurusan-kuliah-tentang-film

Siapa sih, yang nggak suka nonton film sampai kepikiran buat milih jurusan kuliah tentang film? Nonton merupakan salah satu kegiatan pelepas stres di tengah padatnya rutinitas dan jadwal harian. Nggak perlu ke bioskop, kini kita bahkan bisa streaming film-film bagus kapanpun dan di manapun lewat aplikasi nonton film berbayar hingga yang gratisan yang dapat diunduh di smartphone kesayangan. Ada film box office Hollywood, drama Korea, film animasi Disney, film-film buatan anak bangsa yang nggak kalah okenya dan masih banyak lagi pilihan judul menarik lainnya.

Nah, kalau hobi favoritmu adalah nonton film sampai nggak bisa kalau nggak mendiskusikan hingga mengkritisi film-film yang baru aja kamu tonton, kenapa nggak ambil jurusan kuliah tentang film? Siapa tahu ini bisa membawamu ke puncak karier yang lebih cemerlang di masa depan.

Yuk, intip jurusan-jurusan yang ada kaitannya dengan dunia perfilman di bawah ini.

1. Jurusan Seni Pertunjukan

Jurusan Seni Pertunjukan

Jurusan seni pertunjukan mempelajari seni drama, tari, musik dan cabang-cabang seni pertunjukan lain

Seni drama, tari, musik dan cabang-cabang seni pertunjukan lain bakal kamu pelajari di jurusan seni pertunjukan ini. Nggak cuma mempelajari tentang trik atau rahasia apa saja yang ada di depan panggung, hal-hal yang ada di belakang panggung pun menjadi hal penting yang harus dipelajari di sini. Mulai dari tata suara, tata lampu, hingga cara mengelola anggaran untuk membuat pertunjukan seni. Kalau lulus dari jurusan seni pertunjukan, kamu bisa kerja sebagai aktris, aktor, penari, penyanyi, penata suara, penata lampu, floor director, dan masih banyak posisi menjanjikan yang lain.

2. Jurusan Teater

Jurusan Teater 1

Di jurusan kuliah tentang film ini kamu bakal lebih sering berkutat dengan teori bikin pertunjukan berseni

Pernah aktif di ekstrakulikuler teater semasa sekolah? Kenapa nggak pilih jurusan teater saat kuliah? Di jurusan kuliah tentang film ini kamu bakal lebih sering berkutat dengan teori bikin pertunjukan berseni. Meski prospek kerja lulusan jurusan teater masih sering dipandang sebelah mata dan dinilai nggak sekeren negara-negara Eropa, tapi jangan salah, karena kamu punya banyak pilihan karier menjanjikan, lho. Mulai dari aktor, aktris, pemain drama, tutor drama, talent director, pengurus pertunjukan, bahkan penata rias pertunjukan atau teater kalau kamu cinta banget sama dunia makeup.

3. Jurusan Sinematografi

Jurusan sinematografi

Di jurusan desain komunikasi visual kamu bakal belajar teknik gabungan seni dan teknologi

Film yang bagus nggak cuma bergantung pada cerita keren ataupun teknik editing dari tangan profesional aja. Butuh banyak kemampuan dan skill untuk bisa mengambil gambar dengan tepat sehingga hasilnya adalah sebuah karya seni berkualitas yang nyaman ditonton. Nah, di jurusan kuliah tentang film ini kamu bakal belajar tentang teknik gabungan seni dan teknologi. Mendalami jurusan sinematografi bakal mengasah skill-mu tentang gimana cara tepat mengambil gambar dengan efek yang sempurna. Setelah lulus, kamu bisa melamar posisi di rumah produksi ataupun instansi pertelevisian.

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

jurusan tentang film desain komunikasi visual

Jurusan desain komunikasi visual mempelajari tentang gimana caranya menyampaikan pesan dalam bentuk media visual

Tahu nggak, kalau lulusan jurusan DKV punya prospek kerja yang cukup luas, nggak terbatas di dunia perfilman dan pertelevisian saja?  Ini karena di jurusan kuliah tentang film ini kamu bakal mempelajari tentang cara menyampaikan pesan dalam bentuk media visual, agar menarik di mata publik. Nah, yang namanya media visual kan, nggak terbatas pada film saja. Bisa juga berupa iklan, film pendek, atau pun konten-konten video. Setelah lulus, cobalah melamar pekerjaan sebagai pembuat film animasi, video editor, sutradara atau profesi-profesi lain yang ada hubungannya dengan media visual.

5. Jurusan Televisi dan Film

Jurusan Televisi dan Film

Jurusan Televisi dan Film mengajarkan seluk beluk proses pembuatan film dan acara televisi

Last but not least, ada jurusan televisi dan film yang akan mengajak kamu untuk mempelajari tentang dunia pertelevisian dan perfilman lebih dalam. Mata perkuliahanmu bakal berkutat tentang wawasan dan sikap dalam seni. Lalu, kamu juga belajar analisis mengenai seni, cara membuat konten video yang layak, trik film fotografi dan lainnya. Profesi lulusan jurusan televisi dan film adalah editor film dan video, program director, talent director, teknisi penyiaran, teknisi perlengkapan kamera dan fotografi, teknisi suara dan banyak lagi pilihan karier dengan gaji fantastis.

Gimana, tertarik bergabung dengan jurusan kuliah tentang film dan siap mempraktekkannya di dunia kerja?

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras

Film, Animasi & Video

5 Film Hidden Gems Ini Sayang Untuk Kamu Lewatkan

Film, Animasi & Video

Dapat Kesan ''biasa Aja'' Dari Netizen Korea Maupun Internasional, Ada Apa Dengan Remake Money Heist Versi Korea?

Film, Animasi & Video

The Loneliest Girl's "Matilda" From Harry Styles' Song