Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

game designer

Sebagai gamer, kamu mungkin pernah sekali bermimpi untuk menjadi seorang game designer hingga akhirnya sedikit penasaran dan mulai belajar. Tapi berhenti di tengah jalan gara-gara ketemu proses coding yang bikin otak ngebul. Padahal meski jalan untuk menjadi desainer game bisa dikatakan nggak gampang, sebenarnya jauh lebih mudah dari yang kamu bayangin, lho, GenKs. Yuk, intip panduan tentang gimana, sih, caranya agar bisa jadi seorang game designer top!

Apa, sih, yang Dibutuhkan untuk menjadi Game Designer?

Sumber Gambar : cleverharvey.com

Tentu aja kamu butuh ijazah sarjana kalau mau ngelamar sebagai game designer di sebuah perusahaan game ternama. Tapi jurusan apa, sih, yang harus diambil?

#1: Computer Science

Sumber Gambar : cloudfront.net

FYI, ilmu komputer membahas segalanya tentang dunia perkomputeran, seperti gimana komputer bisa berfungsi dan kenapa. Termasuk kamu akan menggeluti hal-hal yang berkaitan dengan hardware dan software. Lengkapnya kamu bakalan diajari tentang operating system, programming, methodologies, algorithms, input dan output dan lainnya.

#2: Game Design

Sumber Gambar : gamedevacademy.org

Nah, kalau kamu mencari jurusan yang paling terkait dengan desain game, ya, nggak ada yang lain, kecuali jurusan game design, guys. Inilah bagian terpenting dari pelajaran desain game yang sebenarnya. Di sini kamu akan belajar tentang mechanics, game logic, storyboarding, structure of design hingga gimana cara bikin dokumentasi yang dibutuhkan seluruh tim desain, mulai dari game design documents hingga character profiles.

#3: Programming

game designer

Sumber Gambar : medium.com

Dari waktu ke waktu, seorang desainer mungkin diminta untuk berperan aktif sebagai developer dan ngerjain tugas-tugas coding sederhana demi memastikan game bisa berjalan dengan lebih lancar. Nah, untuk mengisi peran ini kamu bisa mengikuti kursus programming, di mana kamu akan mendapat ilmu tentang algorithms hingga for-loops, GenKs.

 #4: Mathematics and Logic

Sumber Gambar : medium.com

Jangan salah, untuk menjadi seorang game designer kamu juga harus menguasai ilmu matematika dan logika, lho. Karena dengan masuk jurusan ini kamu bisa makin mahir dalam menentukan ide-ide tentang desain mekanik. Seorang desainer game juga harus memiliki kemampuan menghitung rute antara dua titik yang mungkin terlihat sepele sampai kamu terjun dan melihat dengan kacamata pemrograman AI untuk menemukannya.

#5: Bergabung dengan Ekstrakulikuler Lain di Kampus

game designer

Sumber Gambar : nammfoundation.org

Well, menyelesaikan pendidikan formal di bangku kuliah emang wajib nggak ada alasan kalau kamu bermimpi menjadi seorang game designer yang mahir. Tapi nggak kalah penting daripada itu, jangan sampai selama kuliah kamu melewatkan kesempatan mencari pengalaman menyenangkan di luar kelas. Coba, deh, bergabung di kegiatan ekstrakurikuler kampus sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai. Selain untuk menikmati masa-masa kuliah, tapi juga berguna untuk mempelajari hal-hal baru yang bisa membantu mengembangkan karirmu.

Misalnya, kalau kamu mencintai musik, kenapa nggak mendaftarkan dirimu di kegiatan ekskul musik kampus atau ikut kursus formal di luar kampus. Karena setiap game pasti butuh soundtrack. Dengan skill ini, kamu bisa memberi masukan tentang elemen tersebut, sehingga menjadikanmu seorang game designer yang berharga.

#6: Rajin-Rajin Berburu Pengalaman Kerja

game designer

Sumber Gambar : spreewild.de

Hal terakhir yang harus mulai kamu pikirkan saat di bangku perkuliahan, meski udah ada banyak hal untuk dipikirkan, adalah magang dan pengalaman kerja. Pertimbangkan gimana kamu akan menghabiskan liburan tengah semester atau akhir semester yang berharga dengan bergabung di perusahaan-perusahaan game besar untuk memperkaya pengalaman kerjamu. Meski singkat, tapi dijamin kamu bakal dapat banyak pengalaman menarik selama kerja magang.

So, gimana, GenKs, udah siapkah mental kamu untuk menjadi seorang game designer?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek