GenK LIFE

Mengenal Kaizen, Filosofi Pembawa Perubahan dari Hal Kecil dan Konsisten

kaizen adalah

Setiap hari adalah hari yang baru untuk menjalani aktivitas. Dengan kata lain dalam setiap hari harus ada perubahan pada diri kita sekecil apa pun itu. Perubahan yang sudah dilakukan tersebut harus dilakukan secara konsisten sehingga menghasilkan sesuatu yang baik dan lebih baik untuk kedepannya. Konsep ini mirip dengan konsep kaizen yang merupakan filosofi dari Jepang. Filosofi ini banyak diterapkan di perusahaan sehingga bisa menghasilkan kerja yang lebih efisien dan produktif. Kaizen adalah kata dalam bahasa Jepang yang terdiri dari “kai” dan “zen”. Kai memiliki arti berubah dan zen berarti baik. Jika kedua kata ini digabung menjadi satu atau kaizen maka artinya adalah berubah menjadi lebih baik.

Filosofi Kaizen 

kaizen filosofi

sumber : shutterstock.com

Dalam filosofi kaizen, perubahan yang dilakukan untuk menjadi lebih baik bukanlah perubahan yang besar dan mendadak. Perubahan yang ditekankan di sini yaitu perubahan kecil tapi konsisten. Kaizen bisa diterapkan dalam diri individu atau perusahaan yang skalanya lebih besar. Kaizen yang diterapkan pada sebuah perusahaan berarti perubahan yang dilakukan dari manajemen tingkat bawah hingga tingkat atas.

Setiap perubahan yang dilakukan harus berkaitan dengan perubahan yang lain. Kaizen yang diterapkan dalam perusahaan memenuhi empat perubahan standarisasi yaitu standarisasi produk dalam proses (work in progress), standarisasi urutan kerja, standarisasi metode proses pengerjaan, dan standarisasi siklus waktu pengerjaan. Misalkan pada manajemen tingkat bawah sudah dilakukan perubahan seperti siklus waktu pengerjaan. Manajemen tingkat bawah sudah mengatur jadwal sedemikian rupa akan tetapi akan tidak berhasil secara maksimal jika manajemen di setingkat atau atasnya tidak melakukan hal yang sama berupa penyesuaian perubahan siklus waktu pengerjaan.

Manfaat Kaizen

Kaizen kini sudah berkembang menjadi filosofi yang banyak diterapkan baik untuk personal maupun pada sistem skala yang lebih besar seperti perusahaan. Ada baiknya kamu mulai menerapkan filosofi ini karena ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut.

1. Efisiensi Waktu Pengerjaan

kaizen Efisiensi Waktu Pengerjaan

sumber : ipeg.com

Penerapan kaizen secara tepat akan berdampak pada waktu pengerjaan yang lebih efisien. Kamu bisa menerapkan siklus waktu pengerjaan untuk setiap kegiatan dengan baik. Waktu yang sudah ditetapkan tersebut baiknya untuk diikuti walau misal cek email selama 10 menit setiap sebelum bekerja.

2. Pemborosan Dapat Diminimalisir

Pemborosan Dapat Diminimalisir

sumber : kanbanize.com

Siklus waktu pengerjaan dan standarisasi lainnya yang diterapkan akan membuat pemborosan mudah diminimalisir. Kaizen akan mempermudah kamu menemukan hal-hal apa saja yang sebetulnya tidak diperlukan. Dengan begitu, proses kerja akan lebih efektif dan produktif.

3. Mudah Mengidentifikasi Masalah

Mudah Mengidentifikasi Masalah(1)

sumber : kaizen-news.com

Dalam sebuah sistem yang sudah teratur dengan beberapa standarisasi yang dilakukan, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi masalah. Kamu bisa melakukan perubahan-perubahan dari setiap hal yang dilakukan dan akan lebih mudah mencari celah dengan menerapkan kaizen.

4. Sistem Terus Berkembang ke Arah yang Lebih Baik

Berkembang ke Arah yang Lebih Baik

Sumber : shutterstock.com

Adanya masalah yang mudah teridentifikasi menuntut kamu melakukan perubahan secara cepat dan berkesinambungan. Hal inilah yang perlu dilakukan agar sistem terus berubah ke arah yang lebih baik. Perubahan kecil dan konsisten setiap hari secara langsung akan membawa perubahan besar nantinya.

5. Individu Tidak Mudah Stres

tidak mudah stress

sumber : unsplash.com

Prinsip kaizen akan membuat kamu menjadi lebih terorganisir dan rapi dalam melakukan kegiatan. Kamu bisa merinci semua kegiatan yang akan kamu lakukan dan kapan akan menuntaskannya. Dengan begitu pikiran akan lebih tenang karena tahu dengan jelas apa yang akan dilakukan.

Itulah filosofi kaizen yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan pribadi maupun sistem yang ada di lingkunganmu. Jika diterapkan dengan benar dan tepat, lima manfaat menerapkan kaizen di atas akan bisa kamu dapatkan. Jadi, kapan kamu mau mulai mencoba menerapkan filosofi ini?

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya