Arsitektur & Interior

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

kamar mandi minimalis

Menata kamar mandi minimalis punya tantangan tersendiri. Mau geser badan ke kanan udah mentok dinding, begitu pun kalau geser ke kiri, GenK. Alhasil bingung harus dekorasi seperti apa. Biar gak pusing lagi, yuk baca tips menata kamar mandi minimalis berikut!

Mendesain kamar mandi juga ada tips dan triknya loh. Salah satu kasusnya adalah kamar mandi minimalis. yang sangat mungkin dimiliki jika kamu tinggal di perkotaan atau hunian apartemen. Berbekal lahan yang sempit, kamu harus kreatif untuk memaksimalkan penggunaan ruangan agar terlihat lebih lega. 

Kalau kamu tengah mencari cara untuk membuat desain kamar mandi minimalismu agar terlihat lebih lega, yuk simak beberapa tips berikut, GenK! 😉

1. Bermain dengan Konsep Aesthetic

kamar mandi minimalis 1

Gaya minimalis (sumber: vrogue.co)

Nilai aesthetic atau estetika itu sangatlah abstrak. Tidak ada benar dan salah, yang penting punya daya tarik nan indah dipandang mata. Berhubung sedang membahas tips menata kamar mandi minimalis, cobalah menggunakan konsep estetis kekinian.

Beberapa barang yang dapat menunjang konsep estetis adalah daun tanaman monstera, daun palem, quotes yang dibingkai, keset bulu, lampu neon, dan lain sebagainya. Semuanya bisa diterapkan sebagai dekorasi desain kamar mandi minimalis di rumahmu.

2. Gunakan Cat Warna Terang

kamar mandi minimalis 2

Cat warna terang (sumber: homeofpondo.com)

Pemilihan warna cat juga berpengaruh pada tampilan kamar mandimu. Pilihlah warna-warna cerah agar memberikan kesan ruang yang lebih luas. Selain itu, pilih juga warna yang dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Kami merekomendasikan warna putih, biru muda, kuning, hijau, dan warna cerah lainnya. Kalau ruangannya cerah, mata pun bakal segar saat melihatnya, GenK. Pokoknya hindari warna gelap jika kamu ingin desain kamar mandi yang tampak lega. 😲

3. Kreasikan Desain Wallpaper Dinding

kamar mandi minimalis 3

Penggunaan wallpaper dinding (sumber: homessociety.com)

Buat kamu yang mager buat mengecat dinding, kreasikan dinding kamar mandimu menggunakan wallpaper. Ketika datang ke toko furnitur, di sana kamu akan menemukan banyak desain wallpaper dari segi motif, pola, dan warna. Tinggal pilih yang sesuai selera dan kebutuhanmu, GenK.

Demi memperkuat kesan minimalis, kami menyarankan motif-motif sederhana supaya ruang kamar mandimu yang mungil seakan lega. Contohnya seperti motif polos, garis-garis, chevron, atau heksagon. 

Baca Juga :   7 Alasan Kenapa Kamu Mesti Pakai Wallpaper Dinding

4. Pasang Cermin

kamar mandi minimalis 4

Memasang kaca di kamar mandi (sumber: joyfullygrowingblog.com)

Terdapat banyak cara untuk membuat ruangan mungil jadi tampak lebih luas, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan memasang cermin. Tempel satu cermin besar di salah satu sisi permukaan dinding. Seolah-olah kamu memiliki dua kamar mandi, padahal ruang tersebut hanya pantulan dari cermin.

Supaya gak monoton, kamu dapat menambahkan bingkai cermin dengan ukiran sederhana. Atau tempel beberapa stiker unik di pinggiran cermin. Akan tetapi jangan terlalu banyak yah, supaya tidak kelihatan sumpek. Lagi pula lumayan juga dijadikan sebagai spot kece untuk foto di kamar mandi.

Tips: Jika tidak ada space untuk menempel kaca di dinding, tempel saja kaca tersebut di pintu lemari gantung atau di belakang pintu kamar mandi. 😉

5. Gantung Perlengkapan Mandi

Menggantung handuk di belakang pintu (sumber: decoarchi.com)

Agar kamar mandi tidak terlalu sumpek, hindari meletakkan handuk dan baju ganti di wastafel atau dibiarkan saja menggunung di lantai. Gunakan alat gantungan baju yang bisa kamu tempelkan di dinding atau belakang pintu kamar mandi. 

Tidak hanya berbentuk seperti pengait, sebenarnya terdapat banyak jenis gantungan baju yang kece loh. Misalnya towel ring untuk menggantung handuk dan retractable clothesline untuk menggantung pakaian.

Baca Juga :   Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

6. Rak di Sudut Ruangan

Contoh rak di sudut kamar mandi (sumber: franksalt.com.mt)

Daripada alat mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan alat cukur diletakkan di pinggiran wastafel, mending masukkan saja ke dalam rak. Cukup letakkan rak di sudut ruangan. Hasilnya kamar mandi jadi terlihat rapi dan bersih, persis ala-ala minimalis, GenK. 

Selain di sudut ruangan, kamu dapat menggunakan rak yang dipasang ke dinding. Sangat berguna untuk memaksimalkan ruangan yang sempit, karena tidak perlu memakan space di bagian lantai. Untuk mendapatkan rak ini, kamu bisa datang langsung ke toko furnitur atau beli di toko online. Tinggal rakit sedikit dan jadi deh!

7. Menggunakan Pintu Geser

Pintu geser (sumber: trendhmdcr.com)

Kamar mandi minimalis identik dengan ukuran ruangan yang mungil. Tahukah kamu kalau jenis pintu juga memengaruhi luas atau tidaknya tampilan kamar mandi. Jika di rumahmu masih menggunakan pintu yang dibuka ke arah luar atau dalam, kami menyarankan kamu untuk menggantinya menjadi pintu geser. 

Pintu yang cara bukanya digeser ini mirip seperti rumah tradisional masyarakat Jepang, GenK. Ada yang namanya shoji dan ada juga fusuma. Untuk kasus desain kamar mandi, sebaiknya gunakan jenis fusuma. Pintu jenis fusuma memiliki daya tahan yang lebih kuat. Alasannya karena pintu ini terbuat dari gabungan kayu, kardus, dan juga kertas. 

Tips: Apabila kamu tertarik mendekorasi rumah ala Jepang, detail fitur klasik lainnya dapat kamu baca di artikel kami sebelumnya, GenK.

Baca Juga :   5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

8. Perbanyak Furnitur Bentuk Lingkaran

Kaca dan wastafel bentuk lingkaran (sumber: luxurybathrooms.eu)

Sudah punya furnitur bentuk lingkaran? Tanpa kamu sadari, furnitur berbentuk lingkaran dapat memberikan kesan ruangan yang dinamis. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk mendesain kamar mandi minimalis. 

Jika rak dan gantungan baju sudah didominasi dengan bentuk persegi, gunakanlah bentuk lingkaran untuk furnitur lainnya. Misal seperti cermin, shower, penutup lampu, dan lain-lain.


Beberapa tips di atas dapat langsung kamu aplikasikan untuk membuat kamar mandi minimalis di rumah. Harganya juga masih pas di kantong kok, sehingga cocok buat kamu yang sedang menghemat biaya pengeluaran. Yuk langsung saja diaplikasikan. 😊

Polling

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.