Fotografi

Istilah Kamera Analog yang Harus Kamu Ketahui

istilah kamera analog

Grain

kamera analog 4

Contoh foto grain (sumber: commons.wikimedia.org)

Jika kamu pernah melihat hasil bidikan kamera analog, beberapa di antaranya ada yang menampilkan bintik-bintik kecil di dalam foto. Bintik itulah yang disebut sebagai grain, yang berasal dari reaksi cahaya dengan partikel kimia.

Ukuran dan tingkat kekasaran bintik ini tidaklah selalu sama, tergantung kepada jenis dan sensitivitas film yang kamu gunakan.

Darkroom

Darkroom atau kamar gelap, merupakan ruangan kedap cahaya yang digunakan untuk memproses dan mencetak film hingga menjadi lembaran foto. Supaya segala aktivitas di dalam darkroom bisa berjalan, digunakan lampu khusus (safelight) yang berwarna merah.

Lab

Karena komunitas dan pengguna fotografi analog semakin banyak, keberadaan lab atau lab service juga semakin menjamur. Sebutan lab ini sesungguhnya istilah kekinian untuk menyebut studio tempat mencuci foto. Biasanya, lab ini juga menjual roll film hingga cairan developer, GenK.


Itulah beberapa informasi tentang dunia kamera analog. Dengan mengenal istilah-istilah tersebut, semoga pengetahuanmu semakin banyak ya, GenK. Kenali juga kelebihan dan kekurangan kamera analog. Serta, ikutlah komunitas fotografi analog dan berdiskusi dengan para anggota di dalamnya supaya ilmumu semakin luas. Selamat belajar, GenK! đŸ€—

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *