Fotografi

Tips & Kamera Vlog Buat Kamu yang Mau jadi Vlogger

kamera vlog

Mau punya penghasilan tambahan dengan cara yang menyenangkan? Coba deh bikin vlog sendiri! Kami punya tipsnya, termasuk tips memilih kamera vlog. Dulu memang zamannya menjadi blogger, tapi kini kamu bisa jadi vlogger! Sebenarnya banyak kemiripan dari blog dan vlog, hanya saja media yang digunakan sangat berbeda. Untuk blog, medianya adalah artikel, sedangkan vlog menggunakan media video untuk menjelaskan konten.

Banyak sekali tema atau jenis dari vlog itu sendiri, ada beauty vlogger, lifestyle vlogger, traveling vlogger, food vlogger, dan masih banyak lagi. Variasi ini tidak lepas dari semakin berkembangnya zaman. Di era serba online ini, vlogger sudah menjadi sumber informasi utama bagi kalangan muda. Mulai dari review berbagai macam produk, review berbagai macam tempat wisata dan restoran, hingga video biografi seseorang.

Menjadi vlogger sering jadi pilihan karena dinilai dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan. Hanya saja, menjadi vlogger pun tak bisa sembarangan. Mulai dari konten yang dipilih, tema vlog, dan juga jenis kamera yang dipilih. Untuk itu, jika kamu berniat menjadi vlogger ternama, artikel ini pas buatmu!

Tips Jadi Vlogger Handal

Menjadi vlogger tidak bisa asal-asalan, supaya penonton tertarik dan selalu menunggu update-an video terbaru kamu. Nah, makanya, simak beberapa tips mudah untuk mengawali karir-mu sebagai vlogger.

1. Pelajari dulu dasarnya

Setiap memulai hal baru, pastinya kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu. Begitu pun dalam memulai sebuah vlog. Kamu harus mempelajari teknik dasar mengambil gambar serta cara mengarahkan kamera. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari tahu apa saja yang diperlukan, mulai dari kameranya, alat bantunya seperti tripod, dan apakah cahaya yang kamu gunakan sudah cukup atau belum.

Sebelum mulai merekam, ada baiknya kamu tes terlebih dahulu apakah cahaya dan fokus pada kamera sudah cukup jelas untuk menyampaikan pesan dengan baik. Kamu juga bisa mencari berbagai inspirasi menjadi vlogger dengan melihat dan menonton video dari vlogger-vlogger ternama.

2. Memiliki perlengkapan dasar

Sudah tau kan apa saja yang harus jadi pertimbangan saat memulai menjadi vlogger? Setelah semua mantap kamu tentukan, pastinya kamu memerlukan berbagai perlengkapan dasar dong. Jangan lupa untuk buat daftar agar kamu bisa mengurutkan dari yang paling dibutuhkan ya!

kamera vlog 1

Kamera (Sumber: unsplash.com)

Pertama, pastinya kamu memerlukan sebuah kamera, baik itu kamera pada smartphone, kamera profesional, atau kamera digital biasa. Semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Jangan memaksakan diri membeli barang yang mahal!

Setelah itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli lampu sebagai cahaya tambahan yang digunakan saat merekam video. Hal ini cukup penting karena dapat membuat wajahmu terlihat lebih jelas di kamera. Setelah itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari microphone yang baik untuk membuat suaramu jelas. Mungkin kamu bisa memilih mic clip kecil yang bisa kamu taruh di kerah. Jika perlengkapan dasar sudah kamu miliki, maka kamu sudah siap untuk mulai!

Baca Juga :   Berkreasi di Ponsel dengan Aplikasi Edit Foto Serbaguna Ini
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Leave a Reply

Your email address will not be published.