Arsitektur & Interior

Kamikamu, Cafe Modern Bernuansa Alam di Surabaya

Beberapa tahun terakhir, cafe telah menjadi tempat favorit bagi anak muda entah untuk nongkrong, ngobrol maupun mengerjakan tugas dan pekerjaan. Di tengah panasnya kota Surabaya, Kamikamu yang berlokasi di kawasan Citraland merupakan salah satu cafe di Surabaya yang menawarkan suasana berbeda pada interiornya. Cafe ini mengusung konsep modern natural sehingga pengunjung yang datang terasa seperti berada di taman. Keasriannya sendiri sudah terlihat dan dapat dirasakan dari tampak luarnya.

Eksterior

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

Sebelum masuk ke dalam cafe, pengunjung akan melewati sebuah koridor yang asri beratapkan kaca dan didominasi oleh tanaman hijau yang merambat disekitarnya. Tepat di sampingnya, terdapat sebuah kolam air yang membuat koridor terasa lebih alami dan rileks.

Interior

Bagian dalam cafe juga tak kalah asrinya dengan bagian luar cafe. Begitu masuk ke dalam cafe, pengunjung akan disuguhi dengan interiornya yang sangat modern dan natural.

Cafe ini didominasi dengan material modern yaitu baja dan kaca dengan bentuknya yang sederhana berupa kotak-kotak, serta warnanya yang netral, hitam dan abu-abu juga ikut mendukung konsep modernnya.

Pada sisi kanan ruang, terdapat sebuah dinding yang tersusun dari perpaduan material alam, yaitu bata expose dan concrete dengan tulisan quotes sebagai dinding aksen. Dinding ini juga cocok dijadikan sebagai latar untuk berfoto lho.

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

 

Meskipun keseluruhan bangunan cafe menggunakan material kaca, ruang dalam cafe tidak terasa panas dan silau. Justru sebaliknya, cafe dilengkapi dengan ac sehingga ruang terasa sejuk, serta adanya tanaman rambat yang mengelilingi ruangan membantu mengurangi masuknya sinar matahari agar ruang dalam cafe tidak silau, sekaligus menciptakan kesan ruang yang menyatu dengan alam.

Tidak hanya itu, pot gantung dengan tanaman yang berada di tengah ruang juga turut mendukung konsep naturalnya sekeligus menjadi dekorasi bagi ruang.

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

Area Counter

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

Selain dari tanaman hijau, material kayu pada lantai area counter dan furnitur, serta material bermotif marmer juga turut serta menghadirkan konsep naturalnya. Dengan suasana interiornya yang alami, para pengunjung pun dapat ikut merasa nyaman.

Area Semi Outdoor

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

Kamikamu juga memiliki area semi outdoor lho. Pada area ini, selain ada tempat duduk yang terbuat dari kayu, juga ada tempat duduk yang unik. Yaitu sofa besar berbentuk bulat untuk duduk santai sambil ngobrol atau menikmati hidangan dengan pemadangan hijau didepannya.

Bangunan cafe ini adalah bangunan split level sehingga ruang terbagi menjadi 2 lantai. Jika sebelumnya di lantai bawah sebagian besar tanaman menempel atau merambat pada kaca bagian luar, di lantai atas, tanaman terdapat di dalam bangunan langsung dengan jenis tanaman yang bervariasi.

Pada lantai atas juga terdapat area makan namun jumlahnya lebih sedikit. Area makannya dikelilingi langsung oleh tanaman-tanaman hijau sehingga benar-benar terasa seperti sedang piknik di taman.

 

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi, Tiffany Marcelline

Kamikamu juga menyediakan 2 spot foto bagi para pengunjung yang datang. Spot foto yang pertama berada di dekat tangga dengan dekorasi berupa tanaman yang menempel pada railing tangga dan tempat duduk kayu berbentuk silinder.

Sedangkan spot foto yang kedua berada di dekat pintu masuk dengan dekorasi yang sedikit berbeda. Yaitu menggunakan makram yang digantung pada dinding dengan bangku kayu ditengah dan 2 tanaman besar di sisi kiri dan kanannya.

Untuk hasil foto juga tak perlu diragukan lagi karena didukung oleh cahaya alami yang maksimal.  Mengingat hampir keseluruhan bangunan menggunakan material kaca sehingga cahaya matahari yang masuk cukup banyak.

Untuk kalian warga Surabaya yang ingin mencari suasana baru, atau ingin melepas penat dan memanjakan mata, atau kalian yang akan berkunjung ke Surabaya, boleh banget lho datang ke Kamikamu.

Tempatnya yang asri akan membuat kalian betah untuk berlama-lama di cafe ini hingga lupa kalau sedang berada di Surabaya. Nuansa alam yang dihadirkan akan membuat kalian merasa seperti sedang liburan di luar kota. Ditambah lagi setiap sudut ruang cafe ini sangat instagramable sehingga selain nongkrong, kalian juga tetap bisa eksis.

Penulis : Tiffany Marcelline Chandra (Mahasiswa Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *