GenK LIFE

Kamu Kesulitan Tidur? Coba Trik Tidur Ala Tentara Ini!

Trik Tidur Ala Tentara

Pernah gak kamu mendengar soal trik tidur ala tentara? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami sulit tidu bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa tidur. Gejala tersebut yang lebih kita kenal dengan insomnia. Insomina sendiri disebabkan karena kebiasaan tidur tidak baik, terkena sebuah penyakit ataupun terkena gangguan mental. Hal ini juga karena otak terus bekerja, sehingga kita tidak bisa tertidur lelap.

Apa Sih Akibat Dari Kurang Tidur?

Trik Tidur Ala Tentara

Sumber Gambar : Lokadata.id

Akibat insomnia ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti kecemasan dan depresi. Hal ini disebabkan karena kurang tidur bisa meningkatkan hormone kortisol atau hormone stress.

Dan dampak akhirnya, orang yang insomnia atau kurang tidur akan merasakan perubahan pada fisik maupun psikis mereka. Mereka juga menjadi lebih mudah terserang penyakit seperti obesitas dan bisa juga mengalami penuaan dini. Dampak-dampak kurang tidur sendiri mempengaruhi kinerja tidak hanya militer saja namun juga pada siapapun yang mengalaminya. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua, kurangnya pemusatan otak yang membuat sulit berikir, kemudian berisiko memiliki penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Neil Staley yang merupakan ahli, menurutnya “Untuk bisa tidur memerlukan 3 hal seperti tubuh yang santai, kamar tidur yang kondusif, dan terakhir adalah pikiran tenang.” Hal itu diungkapkan dalam rangka agar pikiran menjadi tenang.

Apalagi kalau kita terus memikirkan pekerjaan tentunya hal itu semakin membuat sulit tertidur. Jadi, hal yang perlu kita lakukan untuk memperlambat pikiran tersebut yaitu demi tidur nyenyak. Menurut Dr. Staley kita harus menemukan cara yang tepat dan berhasil untuk diri sendiri. Menurtnya lagi kita bisa mencoba dengan berendam menggunakan air hangat, mencoba minum teh hangat, mencoba membaca buku, memakai aromaterapi bahkan mendengarkan melodi  musik, konsumsi buah hangat sebelum tidur. Pilih metode yang paling tepat dilakukan agar pikiran kamu menjadi tenang. Hal itu akan membuat kamu semakin mudah tertidur.

Baca Juga :   Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

Namun sekarang ada beberapa cara mudah yang telah dipraktikan langsung oleh tentara AS dalam membantu tidur mereka saat jauh dari kondisi tenang seperti dalam medan perang loh.

Trik Tidur Ala Tentara

Sumber Gambar : Tribun Jambi

Hal ini pernah diungkapkan dalam buku yang berjudul Relax and Win : Championship yang sudah dipublish sejak tahun 1981. Hal ini kembali di ungkapkan lagi. Pemimpin dari militer mengembangkan teknik ini dan memastikan tentara tidak melakukan kesalahan saat kelelahan akibat kurang tidur.

Berikut ini cara-cara agar bisa tidur cepat dan nyenyak Ala Tentara AS:

  1. Membuat keadaan tubuh menjadi rileks terutama lidah, otot-otot sekitar mata, rahang dan otot-otot wajah.
  2. Menggerakan bahu dari bawah kemudian diikuti lengan atas kemudian lengan bawah yang sisi satunya bergantian.
  3. Merilekskan dada kemudian mengembuskan nafas pelan-pelan diikuti dengan kaki agar rileks, kemudian lanjutkan paha kemudian dilanjutkan secara perlahan-lahan.
  4. Manfaatkan waktu dalam 10 detik untuk mencoba menjernihkan dalam melakukan satu maupun tiga hal berikut ini :

-Coba bayangkan kita sedang berada di atas kano yang terdapat danau indah dengan suasana yang sangat tenang dan juga langit biru yang begitu cerah

-Membayangkan kalau kita sedang berada di atas ayunan yang suasananya sedang gelap gulita

-Mengatakan pada diri sendiri “Jangan Bepikir” secara terus menerus dan berulang-ulang.

Trik Tidur Ala Tentara

Sumber Gambar : Hipwee

Hal-hal di atas pastinya sangat membantu dalam membuat kita tertidur cepat dengan melatihnya juga secara rutin paling tidak selama enam minggu.

Nah, dari beberapa trik tidur ala tentara diatas sebaiknya lakukan secara rutin agar memudahkan kamu untuk nyenyak dalam tidur. Mencoba rileks adalah salah satu kunci utamanya, Ingatlah hal-hal positif yang kamu alami tentu saja itu akan membuat kamu merasa tenang, tetap semangat dan berusaha!

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.