GenK LIFE

Kamu Sering Uring-uringan Tiba-tiba? Mungkin Kamu Dehidrasi

Terlepas dari memang seseorang itu memiliki temperamen yang emosian, ternyata ada penyebab lain kenapa tiba-tiba saja suasana hati menjadi buruk dan mudah menjadi marah. Penyebab yang dimaksud adalah dikarenakan kurangnya cairan dalam tubuh dan membuat seseorang menjadi dehidrasi. Tapi benarkah dehidrasi dapat membuat orang cepat emosi? Berikut penjelasannya.

Emosi Disebabkan Oleh Dehidrasi?

Sumber Gambar : growingself.com

Ketika kamu merasa ada dorongan rasa amarah yang tiba-tiba, salah satu penyebabnya adalah dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Hal tersebut seperti yang pernah diteliti oleh para peneliti dari  Human Performance Laboratory, University of Connecticut.

Dalam penelitian mereka, dehidrasi tersebut membuat seseorang merasa sangat haus yang kemudian membuat ketenangan dalam diri terganggu.

Setelah itu, efek lain yang muncul adalah kognisi, konsentrasi dan kemampuan untuk berpikir secara jernih sampai dengan kemampuan untuk mengendalikan suasana hati menurun drastis.

Bahkan para peneliti juga mengungkapkan bahwa bukan hanya dehidrasi berat, mild dehydration atau dehidrasi tingkat rendah pun dapat membuat seseorang cepat lelah dan sulit berkonsentrasi yang kemudian membuat suasana hati berubah dengan cepat.

Penyebab Dehidrasi

Sumber Gambar : bouldercoloniccenter.com

Tentu saja, penyebab seseorang mengalami dehiidrasi adalah ketika tubuh tidak memiliki asupan cairan yang cukup atau berkurangnya cairan dengan cepat karena aktivitas atau keadaan tertentu, seperti berkeringat karena berolahraga atau juga muntah. Munculnya dehidrasi ini adalah respon alami tubuh terhadap hidrasi yang kemudian memunculkan rasa haus.

Tanda-tanda Dehidrasi

Sumber Gambar : self.com

Baik yang mild dehydration ataupun yang dehidrasi level parah, semuanya pasti memiliki tanda yang menyertainya. Berikut ini adalah tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi.

  • Sakit kepala
  • Delirium atau menurunnya kemampuan berpikir jernih
  • Mudah marah
  • Sulit berkonsentrasi dan fokus
  • Kebingungan
  • Fatigue atau kelelahan
  • Lemas
  • Mulut kering
  • Denyut jantung tinggi tapi tekanan darah rendah
  • Nafsu makan menurun tapi mengalami sugar rush 
  • Kulit memerah 
  • Kaki mudah kram
  • Sembelit
  • Urin berwarna gelap

Efek Berbahaya yang Disebabkan Dehidrasi

Dehidrasi

Sumber Gambar : soundhealthandlastingwealth.com

Ada efek serius ketika kamu mengalami deehidrasi. Pertama adalah seseorang akan mengalami penyusutan pembuluh darah di otak. Hal itu disebabkan tidak ada peningkatan cairan yang mencukupi ke otak yang akhirnya mempengaruhi memori serta kordinasi seluruh bagin tubuh. Kemudian efek selanjutnya adalah jantung menjadi bekerja lebih keras karena cairan dalam darah lebih sedikit. 

Efek ketiganya adalah membuat ginjal bermasalah karena kadar air dalam darah menurun yang membuat kamu semakin jarang buang air kecil. Ketika kamu jarang buang air kecil, maka banyak kotoran yang ada dalam urin mengendap di ginjal dan menyebabkan munculnya batu ginjal.

Dehidrasi juga dapat membuat kamu sering mengalami kram pada bagian tertentu. Hal itu dikarenakan kamu kehilangan elektrolit (natrium dan kalium) dalam jumlah besar. 

Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan untuk Menghindari Dehidrasi?

Dehidrasi

Sumber Gambar : eatthis.com

Untuk menjawab pertanyaan berapa banyak air yang dibutuhkan agar tidak mengalami masalah yang satu ini, maka jawabannya adalah tergantung dari beberapa faktor, seperti berat badan, usia, tingkat aktivitas, iklim di lingkungan sekitar dan beberapa lainnya.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan asupan air 8 gelas per harinya atau sekitar 2,3 liter untuk wanita dan 3,2 liter untuk pria. Tapi jumlah tersebut bisa bertambah jika kamu memiliki aktivitas yang cukup berat, seperti berolahraga atau kerja yang membutuhkan fisik. Tidak hanya itu saja, ada takaran tertentu bagi mereka yang menderita penyakit seperti diabetes, jantung dan cystic fibrosis. 

Jadi bagi kamu yang ingin tetap sehat dan bugar, tidak hanya harus mengonsumsi makanan atau minuman sehat dan berolahraga saja, tapi membuat tubuh tetap terhidrasi secara cukup juga termasuk yang wajib diperhatikan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif