GenK LIFE

5 Kanker Paling Berbahaya, Tingkatkan Awareness di Hari Kanker Sedunia

kanker-paling-berbahaya

Setiap tanggal 4 Februari, diperingati Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini dirayakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker. Juga, untuk mendorong dilakukannya pencegahan, deteksi serta pengobatan. Soalnya nih, kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan ada jenis kanker paling berbahaya yang paling berisiko terhadap keselamatan nyawa. Nah, sebelum kita simak jenis-jenisnya tersebut, mari lebih dulu simak tentang Hari Kanker Sedunia.

Peringatan Hari Kanker Sedunia dan Sejarahnya

Union for International Cancer Control (UICC) memimpin inisiatif pemersatu global untuk memperingati Hari Kanker Sedunia setiap tanggal 4 Februari. Bermula sejak tahun 2000, Hari Kanker Sedunia menjadi suatu gerakan positif dalam menghadapi salah satu tantangan paling besar dalam sejarah. Peringatan ini menyatukan masyarakat dalam satu suara.

hari-kanker-sedunia

National Cancer Institute (Sumber: unsplash.com)

Sementara, tujuan utama hari peringatan ini yaitu menurunkan angka penderita sakit dan kematian akibat kanker. Semua dukungan ditunjukkan kepada orang-orang penderita kanker melalui inisiatif yang dilakukan di Hari Kanker Sedunia. Seperti salah satunya gerakan #NoHairSelfie di tahun 2016, di mana partisipan mencukur rambut kepala sebagai simbol keberanian pasien kanker yang sedang melalui masa pengobatan.

Selain itu, tiap tahun selalu dilaksanakan kegiatan dan acara di seluruh dunia, oleh organisasi, komunitas dan individu di sekolah, bisnis, rumah sakit, pasar, aula komunitas, taman, tempat ibadah, di jalan dan juga secara online. Tujuannya sebagai pengingat kalau semua orang berperan penting untuk mengurangi dampak global akibat kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia di Tahun 2021

tema-hari-kanker

Menumbuhkan kesadaran lewat eringatan Hari Kanker (Sumber: unsplash.com)

Tahun ini, Hari Kanker Sedunia masih diperingati dengan tema sama seperti 2 tahun sebelumnya, yaitu “I Am And I Will”, sebagai bentuk komitmen dari diri sendiri untuk melakukan suatu tindakan. Sub temanya adalah “Together, all our actions matter”, dari sini diharapkan masyarakat bisa “Bersama-sama melakukan sesuatu, karena semua tindakan kita itu penting”.

Lima Jenis Kanker Paling Berbahaya

lima-jenis-kanker-paling-berbahaya

Jenis-jenis kanker paling berbahaya (Sumber: unsplash.com)

Untuk menambah wawasan kamu, berikut macam-macam kanker paling berbahaya yang paling berbahaya, seperti dilansir dari WebMD.

5. Kanker Prostat

Angka kematian akibat kanker prostat di Amerika pada tahun 2014 adalah 29.480 kasus. Kanker ini berisiko dialami pria berusia 50 atau 65 tahun ke atas. Penyebabnya bisa karena genetik, konsumsi banyak daging merah , serta kekurangan buah dan sayuran.

4. Kanker Pankreas

Angka kematian akibat kanker pankreas di Amerika pada tahun 2014 adalah 39.590 kasus. Umumnya 1 dari 67 orang terkena kanker pankreas. Penyebab utamanya adalah faktor genetik, merokok, obesitas, atau memiliki pankreatitis akut (radang pankreas dalam jangka panjang).

3. Kanker Payudara

Angka kematian akibat kanker payudara di Amerika pada tahun 2014 adalah 40.430 kasus. Umumnya, 1 dari 8 wanita, dan 1 dari 1.000 pria di Amerika pernah mengalaminya. Penyebab utamanya yaitu faktor usia, genetik, obesitas, konsumsi alkohol, payudara padat, menstruasi pertama sebelum usia 11, menopause terlambat, hamil setelah usia 35, terapi hormon dan radiasi kimia.

2. Kanker Usus Besar

Angka kematian akibat kanker usus besar di Amerika pada tahun 2014 adalah 50.310 kasus. Umumnya, 1 dari 20 orang di Amerika mengalaminya. Penyebab utamanya yakni faktor usia, genetik, konsumsi alkohol, merokok atau obesitas.

1. Kanker Paru-Paru, Kanker Paling Berbahaya

Angka kematian akibat kanker paru-paru di Amerika pada tahun 2014 adalah 159.260 kasus. Umumnya, 1 dari 13 pria, dan 1 dari 16 wanita di Amerika mengalaminya. Kebanyakan pasien berusia 65 tahun ke atas. Penyebab utamanya adalah merokok baik itu perokok aktif maupun pasif, faktor genetik, penggunaan obat kimia tertentu, dan HIV.

membangun-kesadaran-bersama

Hidup sehat cerdas pilih menu makan dan olahraga (Sumber: unsplash.com)

Setelah mengetahui jenis kanker paling berbahaya, seenggaknya kita bisa membiasakan diri untuk hidup lebih sehat sejak dini. Penuhi asupan gizi, istirahat cukup dan olahraga teratur. Jika orang terdekatmu menderita kanker, selalu beri dukungan agar mereka semangat untuk sembuh, dan kembali bebas beraktivitas.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya