Fotografi

Ingin Menekuni Karir Photo Retoucher? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan

karir photo retoucher

Seberapa sering kamu terpesona melihat wajah para model iklan yang muncul di televisi atau baliho? Apakah pernah terpikirkan olehmu bagaimana bisa wajah dan tubuh mereka seakan sempurna tanpa kekurangan sedikit pun? Kamu pasti sadar bahwa tidak setiap orang memiliki kesempurnaan ini tapi bagaimana bisa ada banyak model yang demikian? Ternyata hal ini tidak lain adalah karena peran dari seseorang dengan profesi photo retoucher.

Photo retoucher menjadi profesi baru yang cukup menggiurkan karena tak kalah keren dengan fotografer. Meski demikian, karir ini masih jarang diketahui oleh masyarakat sehingga cenderung kurang populer. Namun untuk kamu yang tertarik untuk menekuninya, berikut ini adalah tahapan yang bisa kamu lalui untuk meniti karir sebagai photo retoucher.

1. Tidak Harus Memiliki Latar Belakang Fotografer

profesi photo retoucher

sumber: unsplash.com

Menjadi seorang photo retoucher akan membuatmu berkutat dengan foto-foto. Meski demikian, kamu tidak harus memiliki latar belakang sebagai seorang fotografer. Kamu tidak akan diminta untuk memotret model atau objek melainkan untuk merapikan hasil foto menjadi lebih estetik lagi. Walaupun demikian, kamu yang memiliki latar belakang sebagai seorang fotografer lalu menekuni karir sebagai photo retoucher akan menjadi nilai plus.

2. Menempuh Pendidikan di Universitas atau Sekolah Seni

sekolah pendidikan tinggi

sumber: unsplash.com

Kamu mungkin bertanya-tanya jenjang pendidikan apa yang harus dimiliki untuk menjadi seorang photo retoucher. Jenjang pendidikan yang akan dibutuhkan untuk menekuni bidang ini yaitu desain yang bisa didapatkan di universitas maupun sekolah seni. Di sana kamu akan belajar tentang bagaimana membuat sebuah karya seni dimana foto adalah salah satunya. Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan seni akan lebih mudah dalam menentukan start sebagai photo retoucher karena dasar-dasarnya sudah dikuasai.

Baca Juga :   Memanfaatkan Cahaya Minim dengan Low Light Photography

3. Menguasai Software dan Hardware Komputer

penguasaan software

sumber: unsplash.com

Penguasaan seni saja tidak cukup, kamu juga harus memiliki penguasaan yang baik terhadap komputer. Wawasan yang baik akan bahasa pemrograman, software, dan hardware akan sangat membantu pekerjaanmu sebagai photo retoucher. Apalagi profesi ini akan cukup sering berkutat dengan software dan hardware komputer. Jika kamu memahami dasar kerja dua hal ini maka nantinya kamu akan dengan mudah menentukan teknik atau hal apa saja yang dibutuhkan agar foto menjadi sempurna.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet