GenK LIFE

Kaum Rebahan Wajib Tau, Ini Dia Gerakan Olahraga Ringan Selama di Kasur!

Gerakan Olahraga Ringan

Pingin kurus dan punya badan bagus? Padahal udah ada niatan buat olahraga tapi kenyataanya kasur lebih menarik. Jadinya rebahan deh, karena mager dan lebih enak rebahan jadinya males banget buat olahraga keluar rumah. Ternyata, ada cara lo buat kamu yang ingin tetap olahraga dan punya badan bagus di rumah tanpa meninggalkan kasur. Nggak percaya? Yuk simak apa aja gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kasur!

1. Leg Raise

Dilansir dari Wikipedia Leg Raise merupakan latihan kekuatan yang menargetkan otot perut bagian atas dan juga bawah. Otot perut digunakan secara isometrik yang dapat menstabilkan tubuh selama melakukan gerakan. Mengangkat kaki juga dilakukan untuk memperkuat otot rectus abdominis dan otot miring eksternal dan juga internal. 

Menurut Lena Bozza seorang pelatih Leg raise adalah gerakan yang mudah tapi kalian tidak boleh tertipu karena latihan ini harus dilakukan dengan benar, latihan ini juga menargetkan otot perut bagian bawah yang sangat sulit dijangkau. Latihan ini bertujuan memperkuat inti dan juga meningkatkan fleksibilitas. Cara melakukan gerakan ini yaitu diawali dengan menelentangkan badan di kasur, letakkan tangan kanan kiri di bawah pantat, lalu naikkan kaki tinggi-tinggi lurus ke atas udara. Lalu turunkan kaki sampai menyentuh kasur, kemudian lakukan lagi ke posisi pertama tadi, kemudian ganti kaki yang sebelah kiri. Lakukan gerakan tadi berulang kali 20 sampai 30 repetisi. 

2. Lateral Leg Lift

Menurut Danny Gordon gerakan leg lift dilakukan dengan mengangkat kaki yang memiliki manfaat untuk melatih kekuatan otot kaki dan juga otot perut. Gerakan Lateral Leg Lift sangat bervariasi. Lakukan gerakan ini sesuai dengan latihan yang diinginkan dan pastikan sesuai dengan kondisi fisik kalian. Cara melakukan gerakan ini yaitu berbaring di kasur dengan salah satu sisi tubuh lalu tangan menopang kepala, kemudian lutut ditekuk. Lakukan gerakan angkat kaki ke atas, kemudian turunkan lagi hingga hampir menyentuh kasur lalu angkat kembali. Lakukan gerakan ini 20 sampai 30 repetisi di salah satu sisi bagian tubuh dan dilakukan secara bergantian pada kedua sisi. 

3. Bicycle crunch

Dilansir dari The Fit and Food Connection, Gerakan ini bisa dilakukan dengan menargetkan otot rektus abdominis, oliques, pinggul dan lainnya. Gerakan Bicycle crunch dilakukan dengan mengangkat kaki. Tujuan dari gerakan ini yaitu untuk mengaktifkan transversus abdominis atau lebih dikenal dengan deep abs. Cara melakukan gerakan ini yaitu baring terlentang di atas kasur, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tahan lutut kaki ke atas udara. Kemudian gerakan lutut sebelah kanan ke arah dada kemudian lutut kiri lurus ke depan. Tahan lutut selama beberapa detik, kemudian langsung ganti posisi kaki. Lakukan secara berulang minimal 15 repetisi untuk bagian kaki kanan lalu kiri. 

4. Cross Ankle Hamstring Stretch 

Cross ankle hamstring stretch adalah olahraga yang ringan dengan melakukan peregangan yang bisa dilakukan seraya berbaring di kasur loh. Cukup tirukan gerakan mudah ini! Coba berbaring diatas kasur dengan telentang dengan lutut yang sudah ditekuk. Lalu, silangkan pergelangan kaki yang kanan kemudian di atas paha kiri selama 20 detik. Kemudian ganti posisi kaki dan tahan dengan waktu yang sama.

Nah, itu tadi beberapa gerakan olahraga ringan buat kaum rebahan yang ingin tetap olahraga walaupun sedang berada di atas kasur. Walaupun rebahan masih tetap bisa olahraga kan? Yuk cobain biar tetap sehat!

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking

Leave a Reply

Your email address will not be published.