GenK LIFE

Ini Dia Cara Mengontrol Kebiasaan Belanja Secara Berlebihan!

Rasanya semua orang suka berbelanja, apalagi wanita yang suka berbelanja bisa jadi penghilang rasa stess atau untuk kesenangan pribadi, bisa mengatasi rasa marah dan juga rasa sedih. Berbelanja sudah menjadi hal yang lumrah entah itu untuk memenuhi kebutuhan pokok ataupun sekedar untuk bergaya. Namun, berbelanja yang berlebihan mungkin bisa saja menguras isi kantong dan rekening kalian. Dan kalau tidak di batasi bisa-bisa berbahaya buat diri sendiri apalagi kalau harus hutang demi belanja yang tidak perlu. Bukannya malah tenang bisa-bisa jadi tambah stress. Nah, berikut ini cara agar bisa mengontrol kebiasaan belanja secara berlebihan!

  1. Membatasi Anggaran Berbelanja

Kebiasaan Belanja Secara Berlebihan

Sumber Gambar : coffeeland.co.id

Sebelum berbelanja, tentunya kalian harus membuat list barang dan juga anggaran yang kira-kira akan dikeluarkan. Usahakan jangan membeli barang yang harganya melebih anggaran dan tetap berpegang teguh untuk tidak membeli barang yang benar-benar tidak dibutuhkan. Pastikan temukan barang yang benar-benar bagus dan harganya sesuai dengan anggaran yang kalian siapkan. Kita tidak pernah tahu, mungkin saja nanti ketemu barang yang bagus tapi harganya bisa lebih murah.

  1. Buat List Daftar Barang Belanja Yang Benar-Benar Dibutuhkan

Sumber Gambar : ekonurhuda.files

Buat daftar belanjaan yang benar-benar kalian butuhkan, bukan sekedar yang di inginkan. Buat apa ngelist daftar barang belanja kalau yang di beli malah untuk keinganan saja. Keinginan boleh tapi harus benar-benar butuh atau memang darurat.

Sebelum mengambil barang yang ada di rak harus benar-benar sesuai list daftar belanja. Gunakan waktu untuk berpikir matang-matang mengenai barang yang akan di ambil. Apa kira-kira memang dibutuhkan atau tidak? Jangan sampai nantinya malah ikut keangkut juga di meja kasir hehehe!

  1. Challenge Diri Bahwa Kalian Bisa Belanja Sesuai Kebutuhan

Sumber Gambar : Kompas.com

Challenge diri kalian bahwa sebenarnya kalian bisa berhenti belanja untuk beberapa waktu dan kalian bisa berhenti berbelanja barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Gunakan barang-barang yang sudah ada dan mungkin buat kreasi dari bahan-bahan yang sudah kalian punya. Manfaatkan dengan baik pastinya jauh lebih hemat dan bisa menyisihkan sebagian uang kalian.

  1. Kelola Uang Dengan Cara Pintar

Kebiasaan Belanja Secara Berlebihan

Sumber Gambar : ayosemarang.com

Jangan habiskan uangmu untuk keinginan yang tidak penting. Dahulukan kualitas bukan kuantitas. Jangan tegoda dengan diskon sampai 60%. Tetap saja kalau barangnya tidak dibutuhkan. Buat apa juga dibeli? Jika memang tidak benar-benar dibutuhkan akan lebih baik jika tidak membelinya. Pertimbangkan alasan kalian membeli barang tersebut dan pikirkan juga jika memungkinkan akan lebih baik jika uang tersebut digunakan untuk berinvestasi dari pada membeli barang yang tidak jelas. Hentikan kebiasaan buruk tersebut, kalau mau beli harus benar-benar dibutuhkan.

  1. Mengurangi Waktu Untu Berbelanja Secara Online

Kebiasaan Belanja Secara Berlebihan

Sumber Gambar : detik.net.id

Bukan suatu yang salah jika membeli barang atau belanja secara online. Tapi bisa jadi sekarang ia menjadi musuh untuk kalian. Jangan sampai dikirimi pesan iklan yang dikirimkan lewat aplikasi belanja online. Dari pada buang-buang waktu dengan handphone kalian, akan lebih baik digunakan waktunya dengan teman maupun keluarga. Dengan hal tersebut tentu bisa menahan agar tidak berbelanja dan juga tidak membuat kantong kering tentunya.

Baca Juga :   Ini Dia 5 Label Stereotipe Introvert dan Ekstrovert, Cek Fakta di Baliknya?

Itu dia pembahasan soal kebiasaan belanja secara berlebihan. Nggak ada melarang kalian buat belanja, tapi harus di ingat juga suatu yang berlebih-lebihan tidak akan baik. Lebih baik benar membeli yang memang dibutuhkan dan mengesampingkan keinginan terlebih dahulu. Jangan sampai menangis karena “Kanker” alias kantong kering.

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Olahraga Mata buat Kamu yang Banyak Menatap Layar Gadget

GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Cancel Culture, Tren Toxic Memboikot Orang Beramai-Ramai

Leave a Reply

Your email address will not be published.