Travel

Kebun Teh Gambir, Tempat Sejuk nan Eksotis di Ujung Barat Kabupaten Jember

Kebun Teh Gambir

Musim liburan telah tiba, sudah punya rencana mau jalan-jalan ke mana ? Barangkali Kebun Teh Gunung Gambir bisa menjadi destinasi wisata yang bisa didatangi.

Kebun Teh Gunung Gambir yang berlokasi di Dusun Nanasan, Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember ini merupakan kawasan wisata kebun teh dengan luas 183 hektar. Kebun Teh Gunung Gambir ini merupakan keindahan yang tersaji di lereng Gunung Argopuro. Estimasi waktu menuju wisata dari jika dari pusat kota sekitar 2 jam. Kebun teh ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jember, karena menyuguhkan keindahan hamparan kebun teh yang sejuk dan asri. Selain itu, kebun ini mengusung konsep kekinian dengan menyedikan kebutuhan swafoto wisatawan agar bisa diunggah di medsos.

Sudah Berdiri Sejak Jaman Belanda

Wisata Gunung Gambir Jember: Lokasi, Harga, dan Fasilitas | Orami

Sumber Gambar : orami.co.id

Kebun ini sudah ada sejak tahun 1918 dan merupakan salah satu bekas peninggalan kolonial Belanda. Ketika zaman Jepang menjajah Indonesia, perkebunan teh ini sempat terbengkalai di masa perang. Meskipun sudah lebih 1 abad, keindahan dan keasrian kebun teh ini masih awet terjaga. Saat ini kebun ini masuk di Wisata Agro Rengganis yang dikelola oleh Perkebunan PTPN XII.

Harga tiket masuk (HTM) wisata Kebun The Gunung Gambir ini cukup terjangkau. Cukup dengan Rp 10.000/orang. Tiket masuk ini belum termasuk tiket parkir baik mobil maupun motor sejumlah Rp 2.000/motor dan 5.000/mobil. Dengan harga tiket yang cukup murah kebun ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap berupa

  1. Teawalk

Merupakan jembatan kayu yang dibangun dengan fungsi sebagai jalan tracking mengitari kebun teh. Jembatan dengan panjang sekitar 200 meter ini memiliki nama populer dengan nama Jembatan Layang Klobungan.  Walaupun jembatan kayu, tetapi tetap kokoh dan cukup untuk dilewati bagi wisatawan jika sedang berjalan berpapasan.

  1. Spot foto kekinian

Tidak hanya jalur tracking yang cukup bagus, di Kebun Teh Gunung Gambir ini juga menyediakan spot foto yang instagrammable yang terletak di beberapa tempat tanpa merusak keasrian alam sekitar.

  1. Gazebo

Disediakan gazebo yang didesain sedikit tinggi 1-2 meter dari tanaman teh yang cocok dilakukan bersama keluarga sembari beristirahat dan melihat pemandangan kebun teh yang indah.

Fasilitas lain berupa mushola, toilet, tempat parkir yang cukup luas, dan beberapa warung yang dikelola oleh warga sekitar. Karena pengelolaan dilakukan oleh pihak PTPN XII dan dilingkupi oleh pemukiman penduduk cafe dan warung yang terdapat disana dikelola oleh warga. Terdapat outlet kaos, kerajinan handycraft, dan teh asli gunung gambir.

Berkunjung ke kebun ini pada pagi atau sore hari merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Awal kedatangan dapat dilakukan tour mengelilingi jalan setapak yang telah disediakan untuk melihat luasnya kebun the 183 hektar ini dan mengambil foto pada spot spot yang sudah disediakan. Setelah tour bisa duduk bersantai di warung yang terletak di tengah hamparan kebun teh sembari menikmati eksotisme keindahaan alam dan suhu dingin yang mampu menghilangkan rasa penat beraktivitas ditemani dengan secangkir teh hangat.

Dalam mengunjungi kebun disarankan untuk dilakukan pada pagi hari atau sore hari karena saat itu cuaca kebun dan perjalanan yang cukup dingin sehingga tidak terlalu panas. Namun lebih baik pada pagi hari karena selain Cahaya matahari yang tidak terlalu menyengat keadaan kebun teh juga masih sepi. Alas kaki yang digunakan juga perlu diperhatikan. Dengan menggunakan alas kaki yang nyaman bisa lebih leluasa menjelajah kebun. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa berfoto dan mendokumentasikan aktivitas disana. Tetap menjaga kebersihan denga  tidak membuang sampah secara sembarangan juga perlu diperhatikan ya!

Segera agendakan liburanmu bersama teman, keluarga, maupun orang tersayang untuk menikmati keindahan dari hamparan kebun teh di Gunung Gambir. Kapan lagi bisa berwisata dengan suasana adem dan nggak ribet ya di Kebun Teh Gunung Gambir.

About author

Related posts
Travel

Apakah Banda Neira Worth It Untuk Dikunjungi?

Travel

5 Tempat Wisata Di Malang Untuk Bulan Madu

Travel

Pesona Ujung Barat Pulau Jawa di Pulau Peucang Taman Nasioonal Ujung Kulon

Travel

7 Tempat Wisata di Sulawesi yang Menawarkan Keunikan dan Keindahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *