Creativepreneur and Career

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace yang Wajib Diketahui Entrepreneur

kelebihan-dan-kekurangan-marketplace

Istilah marketplace sekarang ini sudah dikenal lebih luas oleh masyarakat. Apalagi sejak pandemi dimulai dan bisnis banyak beralih ke digital, marketplace rasanya jadi lebih terkenal sebagai tempat untuk menjual produk atau bahkan menawarkan jasa via online. Anak muda kayak kamu pastinya udah sering banget pakai marketplace buat belanja. Tapi kalau buat jualan, pelajari dulu yuk, apa kelebihan dan kekurangan marketplace!

Kelebihan Marketplace

Sebagian dari kamu barangkali sudah nggak asing lagi dengan istilah marketplace. Secara umum, marketplace adalah tempat untuk para penjual dengan produk serupa dan pembelinya juga punya minat yang sama. Nah, kalau mau disederhanakan lagi, marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, selayaknya pasar yang kamu kenal. Di era modern ini, salah satu tempat aktivitas transaksi paling tinggi, adalah online marketplace. Ada kelebihan dan kekurangan marketplace tersebut yang bisa menjadi pertimbangan, terutama bagi kamu yang seorang entrepreneur atau digitalpreneur. Mari simak ulasannya.

1. Nggak butuh modal besar

Kelebihan sekaligus manfaat marketplace yang pertama adalah kamu nggak memerlukan modal besar. Soalnya, marketplace online nggak perlu sewa tempat. Cuma, memang ada marketplace apps dengan biaya sewa tertentu. Pastinya nggak sebesar biaya sewa bangunan atau ruko yang nyata. Kamu intip juga nih, bisnis online yang bisa dimulai dengan modal kecil!

kelebihan-dan-kekurangan-marketplace-modal

Tidak dipungkiri kalau bisnis online lebih hemat modal, terutama untuk tempat bisnis (Sumber: jojonomic.com)

2. Mudah mengamati perkembangan bisnis

Ada fitur insight di sejumlah pengelola marketplace. Fitur ini memudahkanmu untuk melihat jumlah pengunjung toko, orang yang merespon dan berkomunikasi, serta customer yang membeli produk kamu.

3. Fitur dan regulasi sangat baik

Secara umum, ada fitur dan regulasi yang baik pada pengelola marketplace. Jadi, ini bakal membuat tokomu makin kredibel sekaligus meningkatkan keamanannya. Fitur tersebut di antaranya seperti rekening bersama, promosi, asuransi, sampai integrasi pembayaran.

regulasi-platform-marketplace

Marketplace sudah punya fitur dan regulasi yang baik (Sumber: jojonomic.com)

4. Konsumen bakal terus ada

Ini karena kamu menggunakan platform online untuk bisnismu. Jadi, nggak perlu khawatir sama sekali kamu bakal kehilangan konsumen. Setiap hari, ada jutaan orang yang mengunjungi platform online shopping.

5. Peluang lebih besar

Di marketplace, ada banyak banget penjual bahkan dari seluruh dunia. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membangun relasi. Caranya dengan gabung dalam komunitas di marketplace. Kamu bisa sharing ilmu, peluang, dan juga menjalin kerja sama yang bisa memberimu kesempatan lebih besar.

peluang-jualan-online

Peluang bisnis diketahui dan dijangkau konsumen lebih besar daripada jualan offline saja (Sumber: unsplash.com)

Baca Juga :   Cara Beriklan di Instagram untuk Kamu Para Pemula Bisnis Online
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae untuk Freelancer Agar Lebih Menarik

Creativepreneur and Career

Panduan Hemat dan Anti Ribet Bikin Lookbook untuk Brand Fashionmu

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis Makanan Terbaik yang Dijamin Makin Cuan Tahun 2022