Creativepreneur and Career

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

kelebihan dan kekurangan freelancer

Keuntungan Menjadi Freelancer

Pertama-tama kita cari tahu dulu apa saja keuntungan menjadi freelancer. Yuk kita bahas sama-sama!    

1. Pekerja yang Independen

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat dengan waktu kerja dan peraturan kantor. Semua dikelola sendiri sesuai keinginanmu. Misal kamu masih harus kuliah dan tidak ada waktu libur untuk pergi ke kantor. Padahal kamu sudah ingin memiliki pengalaman kerja sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Nah, mungkin menjadi freelancer adalah salah satu solusinya.

Kamu tidak perlu takut akan jam kerja yang membatasi. Tinggal bagaimana kamu mengatur waktu supaya semuanya tetap lancar. Yuk cobain dan rasakan kelebihan menjadi freelancer yang satu ini!    

2. Fleksibel Soal Waktu dan Tempat Kerja

Ilustrasi freelancer sedang bekerja di kafe (sumber: freepik.com)

Nanti siang mau nonton di bioskop? Ayo. Jam 3 sore mau jalan-jalan ke toko buku? Ayo juga. Kegiatan apa pun bisa kamu lakukan kalau jadi freelancer. Sesuaikan tenggat waktu yang sudah kamu setujui bersama klien. Berpatokan dari situ, tinggal kamu kembangkan jadwalnya deh. Untuk sebagian pekerja lepas memang tidak melulu diharuskan untuk bekerja pada jam-jam tertentu. Tergantung apakah kamu benar-benar bekerja paruh waktu atau full time. Jadwal yang fleksibel ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hobi dan mengeksplor hal-hal baru loh.

Oh iya, fleksibel di sini bukan cuma soal jam kerja, tapi juga lokasi kerja. Sementara pekerja kantoran harus menghabiskan waktu seharian di kantor, freelancer bisa bebas mengerjakan pekerjaan di mana saja. Mau di rumah, kafe, perpustakaan kota, pokoknya semua sah deh. Pola pekerjaan seperti ini cocok buat kamu yang gampang bosan dan gak suka terikat dengan aturan-aturan tertentu.     

3. Mendapat Pengalaman dari Banyak Pekerjaan dan Klien

freelancer 3

Ilustrasi berbicara dengan klien (sumber: entrepreneur.com)

Percaya gak sih kalau freelancer punya lebih banyak pengalaman? Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena seorang freelancer sudah pastinya pernah mencoba menghadapi banyak klien, baik individu maupun perusahaan. Setiap klien pasti punya standardnya masing-masing. Pola kerjanya juga berbeda. Misalnya klien A ingin lebih tertarik dengan hal-hal yang viral. Sedangkan klien B ingin kamu lebih mengajak orang untuk berkarya.

Dari situlah pengalaman datang secara bertahap. Kamu juga jadi lebih terbiasa untuk menghadapi klien sendirian. Membangun strategi bukan masalah yang besar untukmu. Lumayan banget loh keuntungannya.  

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek

Leave a Reply

Your email address will not be published.