GenK LIFE

Kenalan Dengan Hewan Mitologi Khas Indonesia, Yuk!

Hewan Mitologi khas Indonesia

Indonesia dikenal dengan mitologi maupun legendanya yang sangat kuat. Banyak cerita-cerita rakyat tersebut yang kemudian berkembang dan beredar yang mengaitkan dengan keberadaan makhluk mitologi tersebut. Makhluk mitologi sendiri merupakan makhluk ini yang kisah-kisahnya di ceritakan dalam kisah-kisah mitologis, maupun legenda. Makluk ini juga umumnya bersifat fantastis baik kemampuan maupun bentuknya. Indonesia sendiri memiliki hewan-hewan mitologi yang terkenal loh! Yuk, simak apa saja hewan mitologi khas yang berasal dari Indonesia

  1. Ahool

Sumber Gambar : Indozone.id

Pasti kita bertanya-tanya dengan hewan mitologi apa ini? Namanya sendiri juga jarang didengar. Ahool merupakan hewan yang disebutkan memiliki bentuk seperti kelelawar namun berbadan besar. Mitos ini santer terdengar dari Jawa Barat. Dr. Ernest Bartel merupakan saksi yang mengaku pernah melihat hewan ini. Dia mengambarkan makhluk ini berbentuk bentang sayap yang besar mencapai 3,6 meter dan kemunculannya diiringi suara keras yang berbunyi “Ahool”. Namun hewan ini sangat sulit ditemukan untuk ilmu pengetahuan dan juga belum ada bukti konkrit maupun objektif mengenai keberadaan hewan ini.

  1. Garuda

Sumber Gambar : bbbtimes.net

Garuda merupakan lambang negara Indonesia yang sebenarnya berasal dari mitologi Hindi loh! Dalam mitologi hindi garuda merupakan raja burung yang berasal dari keturunan Winata dan Kasyapa. Dan garuda ini disebut-sebut sebagai kendaraan Dewa Wisnu. Hewan ini disebut-sebut memiliki kepala berbulu putih dan bentuknya seperti elang, namun berbulu emas dengan badan manusia. Ukurannya juga sangat besar seakan akan menutupi matahari dari pandangan manusia. Garuda sendiri sudah menjadi lambang negara sejak 10 Januari 1950 yang dibentuk oleh beberapa panitia teknis yang bernama Panitia Lencana Negara.

  1. Orang Bati

Sumber Gambar : Dictio

Hewan ini berasal dari mitologi orang disekitar Pulau Seram, Maluku. Masyarakat setempat meyakini bahwa makhluk ini mendiami Gunung Kairatu. Bagi orang-orang sekitar pulau Seram nama Orang Bati adalah nama yang tidak ingin mereka dengar. Lantas mengapa begitu? Hal itu terjadi lantaran makhluk ini sangat ditakuti dan juga sangat menyeramkan. Sosok makhluk ini disebut-sebut mirip dengan manusia namun berwarna merah dan juga memiliki sayap.

  1. Cindaku

Makhluk Mitologi

Sumber Gambar : kumparan.com

Cindaku atau biasa dikenal manusia setengah harimau. Makhluk ini menjadi populer di tengah-tengah masyarakat Jambi dan Sumatra Barat. Mahkluk ini disebut-sebut memiliki ilmu gaib dan mampu merubah diri menjadi harimau untuk menjaga keharmonisan antara alam dan juga manusia. Makhluk ini dkatakan mampu berubah menjadi harimau ketika dadanya di tempelkan di tanah kelahirannya.

  1. Lembuswana

Sumber Gambar : IDN Times

Hewan dalam mitologi rakyat Kutai ini merupakan makhluk penjaga Sungai Mahakam, Kalimantan. Hewan ini dikatakan disucikan karena tungganagan Dewa Batara Gur. Lembuswana memiliki ciri-ciri badannya seperti lembu, kepalanya mirip dengan singa, memiliki sayap seperti garuda dan juga memilik sisik seperti naga, memiliki belalai gajah, memiliki ekor seperti singa, dan memiliki tanduk seperti sapi. Konon Lembuswana ternyata bukan hanya penjaga sungai namun juga kendaraan Raja Mulawarman. Makhluk ini sangat melegenda bahkan menjadi lambang Kota Tenggarong di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

  1. Babi Ngepet

hewan mitologi khas Indonesia

Sumber Gambar : HelloMotion.com

Sosok babi ngepet yang sangat terkenal ini merupakan hewan yang digambarkan sebagai babi hutan berbulu hitam yang memiliki taring di sisi mulutnya. Hewan ini menjadi terkenal dan sering di ceritakan oleh masyarakat Indonesia. Hewan ini digambarkan sebagai orang yang ingin cepat kaya dalam waktu singkat dan harus melakukan ritual-ritual seperti mengorbankan kemanusiannya. Di malam hari manusia tersebut berubah menjadi sosok babi ngepet yang ingin mencuri uang, harta dan perhiasan milik orang lain.

Baca Juga :   Baru Gajian? Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Menabung Disaat Baru Gajian!

Nah, dari beberapa cerita tadi mungkinkah hewan tersebut memang benar-benar ada? Atau memang hanya sedekar mitologi belaka? Begitulah keunikan dari hewan mitologi khas Indonesia. Unik-unik bukan? Hehehe.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo