GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

Jenis Jerawat

Jerawat masih jadi masalah buat remaja bahkan usia dewasa. Banyak yang masih struggle sama urusan jerawat yang kadang sampai kemerahan akibat peradangan. Belum lagi kalau ternyata usaha yang dikeluarkan gak sejalan sama hasilnya, pasti jadi makin bingung banget harus ngapain lagi kan GenK?  Biar kamu gak salah langkah untuk mengobati jerawat, kamu perlu tau dulu nih GenK, jenis jerawat apa yang sedang kamu alami. 

Jenis-jenis Jerawat 

  • Jerawat Conglobata 

Jenis jerawat ini biasanya terjadi pada laki-laki usia remaja. Bentuk ini merupakan bentuk jerawat yang parah dan melibatkan nodul yang meradang dan juga dapat menyebabkan kulit merah dan bengkak. Orang yang berisiko terkena jerawat ini yaitu orang yang mengkonsumsi obat tiroid, tumor dan steroid anabolik. Jerawat conglobata berbentuk seperti kista, yaitu cairan yang berisi nanah di dalamnya. 

  • Jerawat Kistik

Berikutnya, ada jerawat yang biasanya disebut jerawat batu dan bentuknya besar-besar. Hal ini bisa terjadi karena penumpukan minyak, infeksi bakteri, sel kulit mati, perubahan hormon dan akibat dari penggunaan kosmetik. Gak cuma itu GenK, munculnya jerawat ini juga bisa karena meningkatnya produksi hormon androgen. Sebab hormon dapat merangsang pertumbuhan minyak dan sebum. 

  • Jerawat Pustula

Jerawat pustula muncul karena adanya infeksi bakteri di pori-pori kulit, GenK. Bentuknya bulat kecil berwarna kemerahan, dengan cairan putih di dalamnya. Jenis jerawat ini juga bisa disebabkan karena reaksi alergi dari makanan atau gigitan serangga. 

  • Jerawat Nodul

Beirkutnya ada jerawat nodul yang dapat disebabkan karena faktor keturunan. Bentuknya besar, keras, terasa sakit, dan muncul di bawah permukaan kulit. Biasanya jerawat ini memiliki warna yang sama dengan kulit dan berubah menjadi kemerahan saat mulai peradangan. Jerawat nodul bisa bertahan sampai berbulan-bulan kalau tidak diobati, GenK.

  • Jerawat Papula

Nah, kalau jerawat yang ini bisa muncul karena komedo hitam dan putih yang dibiarkan, sehingga menjadi kemerahan akibat peradangan. Bentuknya seperti benjolan merah kecil dalam jumlah banyak. Jerawat ini juga bisa diobati dengan antibiotik. 

Nah, kira-kira kamu udah tau belum jerawat kamu termasuk jenis yang mana? Kamu gak perlu khawatir, karena ada cara untuk merawat kulit berjerawat kok, GenK. Agar nantinya kulit kamu yang terkena jerawat juga jadi gak berbekas setelah jerawatnya hilang. Berikut langkah-langkah untuk merawat kulit berjerawat:

Langkah Mudah Merawat Kulit Berjerawat

  • Gunakan sunscreen

Meskipun kulitmu lagi berjerawat, tapi pakai sunscreen itu tetap gak boleh kamu lewatkan, lho! Karena sunscreen bisa membantu melindungi kulit kamu dari debu, polusi dan paparan sinar UV.

  • Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah itu gak hanya saat kamu dari luar rumah aja, tapi juga saat kamu lagi gak pergi kemana-mana. Sebelum membersihkan wajah, jangan lupa cuci tangan dulu ya! Gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Karena kandungan ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kamu.  

  • Hindari Make-up

Biar kulit wajah kamu gak tambah meradang, sebaiknya hindari dulu menggunakan make-up. Karena gak semua make-up itu menggunakan bahan yang friendly buat kulit berjerawat, lho! 

  • Berhenti Menggunakan Eksfoliator

Jenis Jerawat

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada wajah yang berguna untuk membantu mengurangi masalah pada kulit wajah kamu. Tapi, waktu lagi jerawatan ada baiknya kamu hindari dulu ya proses ini. Bukannya kamu gak boleh pakai eksfoliator, GenK. Tapi coba stop dulu untuk beberapa saat untuk menjaga kulit wajah kamu biar nggak gampang kering dan mengelupas. Kamu boleh pakai lagi ketika kulit wajahmu kembali normal dan stabil ya!

  • Gunakan Skincare Dengan Bahan Alami

Nah, ini yang paling penting! Walaupun kulit wajah lagi berjerawat, tapi kamu gak boleh skip perawatan kulit pakai skincare ya! Gunakan skincare yang terbuat dari bahan alami seperti Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum yang mengandung 3% Grape Extract, 2% Niacinamide, 1% Witch Hazel, 1% Salicylic acid & 0,5% Glycolic Acid. Serum ini merupakan produk terbaik dari Lacoco yang cocok banget buat mengatasi kulit wajah berjerawat dan tentunya mengatasi jerawat biar gak meninggalkan bekas.

Nggak hanya itu, serum ini juga cocok buat semua jenis kulit, seperti kulit kering, berjerawat, kombinasi, sensitif, kulit kusam, bahkan kulit hiperpigmentasi. Cara mengaplikasikannya juga gampang banget, kamu tinggal tuang 3-4 tetes pada wajah yang bersih setelah menggunakan toner, terus bisa dipakai pada pagi dan malam hari. 

Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum mempunyai manfaat:

  • Membantu merawat kulit berjerawat
  • Menyamarkan bekas jerawat
  • Membantu membersihkan permukaan kulit
  • Mengurangi kemerahan, tampilan pori-pori, dan noda di wajah; serta
  • Menjaga elastisitas kulit

Jenis Jerawat
Oke banget kan? Skincare alami dari buah anggur yang punya banyak manfaat untuk semua jenis kulit! Kamu bisa dapatkan produk Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum di website Official Store Lacoco, GenK! Di https://www.lacoco.co.id/products/. Jangan lupa untuk follow instagram Lacoco @lacoco.id agar kamu gak ketinggalan info menarik, promo dan produk terbarunya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

GenK LIFE

4 Tipe Kepribadian Manusia yang Cukup Menarik untuk Kamu Ketahui