GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking

Anticipatory Anxiety

Generalized Anxiety Disorder menurut DSM IV dalam Sadock, 1997 merupakan bentuk kekhawatiran berlebih dan sifatnya pervasive, disertai dengan berbagai simtom somatic yang menyebabkan gangguan dalam pekerjaan, kehidupan sosial, stress pada penderita. Hal itu terjadi karena kamu mulai memikirkan hal-hal buruk yang akan terjadi. Maka dari itu dibutuhkannya relaksasi individu supaya menghindari stress berlebihan dalam mengatasi permasalahan tersebut dan mengontrol anticipatory anxiety atau kecemasan antisipatif yang akan menimbulkan kecemasan.

Nah, kejadian tersebut justru akan membuat kamu makin terpuruk lagi saat akan menghadapi sesuatu karena kamu terlalu gugup bahkan sampai berkeringat dingin. Hal itu sangat tidak baik tentunya. Yuk kenali Anticipatory anxiety, kelainan yang membuatmu overthinking!

Insomnia

Sumber Gambar : ahmadbinhanbal.com

Gejala kecemasan akan menyebabkan insomnia atau kesulitan untuk tidur. Rasanya semua beban pikiran menyambuk jadi satu saat akan tidur, jadinya kamu bakal sulit tidur. Jika kamu tidak bisa tidur, tentunya bakal mengganggu aktivitasmu pada besok hari. Mungkin saja kamu akan telat datang ke kantor ataupun juga sekolah karena malamnya kamu gelisah dan overthinking terus-terusan. Konsultasikan ke dokter supaya memberikan kamu arahan bagi kamu yang kesulitan tidur!

Tidak Fokus

Sumber Gambar : medkomtek.com

Jadi segala sesuatunya jadi tidak fokus apabila kamu cemas berlebihan. Mau mengerjakan sesuatu pasti kepikiran hal yang lainnya. Pikiran kamu jadi kesana kemari untuk memikirkan hal negatif yang justru tidak perlu dilakukan. Jadi untuk itu kamu harus mulai memfokuskan satu apa yang kamu kerjakan baru setelah itu memikirkan tanggungan pekerjaan lainnya. Usahakan jangan terburu-buru dan atur sesuai jadwal kamu, agar kamu tidak merasa terbebani. 

Selalu Negatif Thinking

Sumber Gambar : tribunnews.com

Kamu selalu merasa kejadian buruk akan menimpamu, pikiran-pikiran buruk itu terus-terusan menghantuimu sampai kamu jadi merasa ketakutan untuk mencoba segala sesuatu. Kamu pasti udah ngerasa gagal dan kecewa jika suatu yang akan datang terjadi. Seperti memikirkan masa depan, kamu terus-terusan memikirkan kegagalan dan merasa takut akan kegagalan sampai-sampai kamu jadi sulit untuk berpikir positif lagi dan mencoba mengurung diri di kamar. Padahal hal itu justru nggak akan baik untuk kamu, padahal kegagalan adalah proses kamu dalam berkembang. Sebaiknya kamu mulai mencoba berdamai dengan diri sendiri atas segala masalah yang sedang kamu hadapi!

Mudah Melamun

Sumber Gambar : popularitas.com

Saking bingungnya dan saking paniknya menghadapi sesuatu yang terjadi pada dirimu. Pikiran kamu seperti berada di tempat lain dan tidak fokus, kamu jadi sering melamun bahkan tatapan jadi kosong. Rasanya otak jadi bingung, bahkan kamu bingung mau mengekspresikan perasaanmu bagaimana, entah kecewa, sedih, marah bahkan tertawa jadi satu yang akhirnya kamu seperti diam tidak tahu arah. Nah, kamu harus mewaspadai itu, jangan-jangan kamu mengalami gejala mati rasa secara emosional lagi yang berarti kamu sulit mengekspresikan perasaan kamu. 

Tidak Ada Selera Makan

Sumber Gambar : kompas.com

Cemas justru akan membuat kamu jadi tidak bisa mengatur perasaan yang kamu miliki. Kamu hanya memikirkan bagaimana dirimu menjadi tenang dan tak memikirkan hal lainnya. Sampai pada akhirnya kamu jadi tidak ada selera untuk makan karena terlalu memikirkan hal yang seharusnya tidak kamu pikirkan. Apalagi kalau tidak makan justru lambung yang akan jadi sasaran empuk dari penyakit maag. Jadi, lebih baik segera konsul ke dokter sebelum gejala itu semakin parah!

Nah itu tadi gejala Anticipatory Anxiety yang harus kamu waspadai. Walaupun sulit untuk menghilangkannya dari diri sendiri. Coba kamu resapi dengan kesiapan, ingat bahwa dunia tidak se-menakutkan seperti yang kita pikirkan!

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kaum Rebahan Wajib Tau, Ini Dia Gerakan Olahraga Ringan Selama di Kasur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.