Creativepreneur and Career

Kenali Customer Success, Cara Jitu Buat Tingkatkan Pendapatan

Buat kamu yang berbisnis, penting banget buat menerapkan customer success. Kamu perlu belajar tentang metode ini, karena erat kaitannya dengan user experience alias pengalaman pengguna. Pelanggan sering komplain tentang produk yang kamu tawarkan, baik produknya adalah barang maupun jasa layanan. Nah, jadi customer sucess ini bisa kasih kamu solusi buat menangani berbagai masalah pelanggan. Pada akhirnya, pelanggan pun jadi puas. Yuk, baca terus biar lebih paham tentang customer success.

Pengertian Customer Success

blog.neoway.com

Sumber Gambar : blog.neoway.com

Menurut Gain Sight, customer sucess adalah metode yang dipakai oleh suatu bisnis buat memastikan kalau pelanggan udah dapetin hasil yang dia inginkan ketika menggunakan barang atau jasa layanan dari bisnis tersebut. Sederhananya, kalau kamu udah punya pelanggan, maka kamu wajib maksimalkan biar para pelanggan selalu puas dan bahagia saat pakai produk kamu.

Soalnya, bisnis itu sulit buat dapetin pelanggan baru. Makanya, kamu perlu fokus supaya pelanggan yang merasa udah puas, itu tetap pakai produk kamu seterusnya. Menurut Mind Touch, customer success yang baik itu punya tujuan buat memberikan nilai dalam setiap customer journey. Jadi, perjalanan pelanggan dari awal sebelum beli sampai udah selesai penjualan dan berjalan seterusnya.

Proses perjalanan ini bisa mencakup layanan buat produk, pelatihan tentang produk, juga support alias dukungan. Ketika pelanggan puas, mereka bakalan terus mengikuti kamu dan kasih dukungan buat produk maupun layanan kamu. 

Fungsi dan Kegunaan Customer Success

Sumber Gambar : eposnow.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, sepenting apa sih, customer success ini. Menurut Hubspot, customer success penting banget buat bisnis kamu kalau mau sukses. Soalnya, kalau kamu bisa bikin pelanggan puas, mereka bakalan jadi promotor, dan nantinya merekalah yang menjadi biggest supporter alias pendukung terbesar bisnis kamu. 

Mereka pun secara nggak langsung bakalan terus beli produk kamu, dan promosiin ke orang-orang terdekat mereka. Dengan menerapkan customer sucess, kamu bisa kurangi churn rate, bikin inovasi dan meningkatkan kepuasan, dan pada akhirnya pendapatan kamu meningkat.

Omong-omong, churn rate merupakan presentase orang yang nggak lanjut pakai produk atau jasa layanan. Sederhananya, mereka ini merupakan orang-orang yang merasa nggak puas sama produk kamu, kemudian meninggalkannya. Kalau kamu bisa kurangi churn rate ini, persentase pelanggan yang tetap bertahan akan jadi banyak, benar kan. Makanya customer success sepenting itu.

Cara Kerja Customer Success

customer success

Sumber Gambar : appway.com

Menurut Hubspot, ada tiga elemen penting buat menjalankan customer success secara efektif, yaitu:

  • Customer Sucess Strategy

Lakukan identifikasi tentang tujuan akhir pelanggan kamu. Terus, bikin roadmap buat jelasin tujuan bisnis kamu untuk jangka pendek dan jangka panjang. Bikin strategi yang pas biar pelanggan merasa puas. Pastikan selalu menganalisis kepuasan pelanggan terkait apa yang mereka dapetin.

  • Customer Succes Employee

Biar kamu bisa memelajari masalah pelanggan serta mengetahui seperti apa kepuasan mereka, perlu ada tim khusus buat customer sucess. Untuk jumlah anggota timnya tergantung pada skala bisnis serta ketersediaan sumber daya. Tapi, kalau bisnis kamu terus berkembang, lebih baik tambah aja jumlah anggota tim tersebut.

  • Customer Success Solution

customer success

Sumber Gambar : glints.com

Udah dijelaskan sebelumnya, kalau kamu perlu pandai mencari solusi buat berbagai masalah pelanggan. Ini yang penting dalam metode customer sucess. Maka dari itu, kamu juga bisa pakai bantuan software yang dapat menghubungkan bisnismu dengan pelanggan. Jadi, kamu bisa tahu masalah pelanggan dan pastikan mereka puas.

Itu tadi metode customer sucess serta penerapannya. Biar bisnis kamu sukses, metode ini bisa banget kamu terapkan. Semangat! 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Creativepreneur and Career

Ide Usaha Kerajinan Tangan Minim Modal Untung Besar

Creativepreneur and Career

Kenali Bisnis Cloud Kitchen yang Lagi Tren