Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Begitu kamu udah memasuki dunia marketing, penting banget buat memahami jenis keyword SEO. Keyword inilah yang digunakan orang-orang di search engine atau mesin pencarian seperti Google. Kalau kamu pakai keyword yang tepat buat konten kamu, maka publik lebih mudah menemukan kontenmu tersebut. Salah satu jenis keyword yang sering dipakai dalam SEO adalah targeting keywords.

Apa Itu Targeting Keywords?

Sumber Gambar : Youtube.com

Sederhananya, targeting keywords merupakan jenis keyword berdasarkan target pemasaran kamu. Target tersebut juga berbeda-beda berdasarkan apa yang mau kamu jual dan kepada siapa kamu menjualnya. Sekarang kita simak aja jenis-jenis keyword tersebut.

Jenis-Jenis Targeting Keywords

Berikut jenis targeting keywords SEO yang biasa digunakan beserta contohnya:

  1. Market segment keywords

jenis keyword SEO

Sumber Gambar : dreamstime.com

Market segment keywords merupakan kata kunci terkait brand atau industri tertentu. Kata kunci ini biasanya bersifat luas dan umum, dengan fungsi membahas brand atau industri secara spesifik. Jadi, kata kunci ini bisa menyasar langsung ke suatu target audiens. Maka dari itu, tujuan brand bisa tercapai dengan lebih mudah kalau pakai keyword ini. Contohnya, “jaket denim”.

2. Customer-defining keywords

jenis keyword SEO

Sumber Gambar : Youtube.com

Kalau yang ini yaitu customer-defining keywords, merupakan kata kunci yang menyebut langsung target konsumen secara spesifik. Maka dari itulah, pencarian ini sifatnya juga makin spesifik lagi. Soalnya, konsumen mencari apapun itu yang sangat, sangat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Lebih spesifik, contoh keyword yaitu “jaket denim pria”.

3. Product keywords

Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Jenis keyword SEO selanjutnya adalah product keywords. Kata kunci ini mengandung kata-kata spesifik suatu produk atau jasa beserta brand. Biasanya, konsumen yang melakukan pencarian pakai kata kunci ini udah punya suatu keinginan buat mencari tahu lebih dalam sampai membeli yang dicari tersebut. Jadi, perusahaan perlu banget pakai strategi terbaik biar kata kuncinya bisa dipakai dengan maksimal. Contohnya, “adidas Yeezy Boost”.

4. Branded keywords

Sumber Gambar : rockcontent.com

Branded keywords adalah jenis kata kunci berikutnya. Keyword ini umumnya menyebut jenis produk dan nama brand yang mau digunakan di kata kunci. Berbeda dari keyword sebelumnya, kalau ada orang yang menggunakan branded keywords saat mencari sesuatu, berarti mereka ingin tahu lebih banyak soal produk tersebut. Masih dipertimbangkan sebelum mereka putuskan buat beli produk-produk di wishlist mereka. Contohnya, “sepatu basket adidas”.

5.Competitor keywords

Kata kunci competitor keywords sifatnya bisa dibilang unik. Soalnya keyword ini menyebut brand kompetitor. Emang kesannya aneh, tapi setiap perusahaan perlu tahu soal keyword kompetitor. Kata kunci ini bisa jadi kesempatan buat suatu brand agar bisa mengalihkan perhatian konsumen yang lagi mencari produk tertentu. Bisa jadi konsumen tersebut malah lebih tertarik kepada brand kompetitor dari brand yang mereka cari. Contohnya, competitor keywords adidas yaitu “sepatu basket Nike”.

6. Geo-targeted keywords

Terakhir yaitu geo-targeted keywords yang merupakan kata kunci yang menyebut lokasi secara spesifik. Umumnya orang yang pakai keyword ini ingin mencari apapun itu yang berada dekat dengannya. Makanya, sifat keyword ini emang lebih spesifik kalau dibandingkan dengan kata kunci yang lainnya. Contohnya, “hotel murah di Bali”.

Itulah berbagai jenis keyword SEO yang dapat kamu gunakan di konten yang kamu buat. Penting banget menggunakan keyword SEO yang tepat sehingga konten kamu bisa ditemukan oleh audiens yang menjadi target kamu. Targeting keywords bakal membantu kamu agar lebih mudah menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus sesuai dengan target pemasaran.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri

Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!