Creativepreneur and Career

Kenali Metode Emotional Marketing Biar Penjualan Makin Tepat Sasaran

Ada berbagai cara untuk marketing di mana kamu promosi serta menjual produk kamu, baik berupa barang maupun jasa. Salah satunya adalah emotional marketing. Pemasaran dengan cara emosional? Hm, biar lebih paham, langsung kita simak aja penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Emotional Marketing

emotional marketing

Sumber Gambar : naikmotor.com

Sederhananya, emotional marketing merupakan cara yang diterapkan perusahaan untuk nama brand mereka, sehingga membuat pelanggan betah. Caranya dengan menciptakan emosi pada pelanggan agar mereka terus pakai produk dari brand tersebut.

Maka dari itu, emotional marketing bertujuan buat menjaga hubungan dengan pelanggan biar terus berkelanjutan, sampai muncul perasaan puas dan ketergantungan terhadap produk yang digunakan.

Pentingnya Hubungan Emosional Brand dan Pelanggan

Cara pelanggan buat menghabiskan waktu dengan brand, adalah sesuatu yang menciptakan hubungan emosional antara mereka dan brand tersebut. Kemudian, dengan adanya sentuhan emosi tersebut, tercipta perbedaan yang besar bagi sebuah brand.

Sebab, emosi menentukan apakah pelanggan ingin membeli produk atau nggak. Jadi, melalui emotional marketing, kamu akan lebih fokus ke perasaan pelanggan saat mereka pakai produk kamu. Nggak melulu semuanya selalu tentang produk.

Emotional Marketing Melalui Lima Pendekatan

Ada lima pendekatan yang biasa digunakan dalam emotional marketing, seperti berikut:

  • Emotional Marketing Inspirasional

emotional marketing

Sumber Gambar : okezone.com

Ketika suatu brand udah punya reputasi yang melekat erat pada seseorang yang inspirasional banget, maka brand tersebut jadi punya kesempatan yang besar banget untuk berkembang. Jadi, konsumen bakal menghubungkan aktivitas yang dilakukan seorang model dengan brand tersebut. Misalnya aja, ada influencer terkenal yang menjadi model buat iklan sebuah produk.

  • Emotional Marketing Aspirasional

emotional marketing

Sumber Gambar : stackpathdns.com

Cara aspirasional ini biasanya terkait dengan cara suatu brand buat menciptakan produk, serta memunculkan reaksi emosional yang bagus karena target market-nya merasa puas dengan produknya. Jadi, para pelanggan bisa mencapai mimpi mereka berkat produk tersebut. Keinginan pelanggan di antaranya yaitu keadaan finansial yang stabil, punya gaya hidup tertentu, memiliki properti pribadi. 

  • Local Angle

Sumber Gambar : flatpanelshd.com

Suatu brand bisa terasa menarik banget, kalau mereka menunjukkan kebanggaan terhadap daerah tempat lahirnya brand tersebut. Kalau sebuah brand bisa menjual produk lokal, maka ini membuatnya semakin dikenal karena ciri khas dari daerahnya sendiri. Misalnya, menjual produk terkait dengan atraksi, olahraga, atau tradisi lain yang terkenal dari orang-orang warga setempat.

  • A Milestone Connection

Sumber Gambar : unsplash.com

Saat brand bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan, maka brand tersebut akan mudah diingat dan bisa bertahan semakin lama. Hal ini menunjukkan kalau brand tersebut konsisten dalam membuat strategi dan inovasi baru, dengan fokus pelanggan sebagai prioritas.

Nah, proses tersebut bisa dibikin cerita, tentang peran penting brand ini dalam kehidupan pelanggan sehari-harinya. Strategi ini biasanya menarik banget bagi pelanggan.

  • Mengekspresikan Cinta Kasih

Biar suatu brand terasa lebih manusia dan nggak sekadar merek produk aja, cara yang terbaik yaitu dengan menunjukkan kalau brand tersebut bisa bikin kehidupan konsumen jadi lebih baik, lebih mudah, dan lebih bahagia.

Khususnya, saat orang-orang pakai produk dari brand tersebut. Jadi, terlihat dan juga terasa kalau brand tersebut nggak cuma memberikan produk tapi juga cinta kasih kepada pelanggan.

Itu tadi berbacai macam metode emotional marketing. Kelima pendekatan tersebut bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan brand yang mau dipromosikan produknya. Dengan cara emotional marketing, maka suatu brand bisa lebih mudah menyentuh hati konsumen, dan bikin orang-orang merasa terikat dalam hubungan emosional, sehingga mereka jadi pelanggan setia brand tersebut.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!