Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising Biar Nggak Rancu

Seringkali, marketing dan advertising itu dianggap sama, atau kadang kedua istilah tersebut dipergunakan secara terbalik. Sebab, sebenarnya, dua istilah ini nggak sama, dan memiliki pengertian yang berbeda. Bisa aja kamu sendiri masih cukup rancu dengan keduanya. Nah, biar lebih memahaminya, sehingga bisa menggunakan istilahnya dengan tepat, kita akan membahasnya dalam artikel ini. Yuk, kita simak.

Perbedaan Marketing dan Advertising

Sumber Gambar : unsplash.com

Pertama-tama kita perjelas sekali lagi. Marketing dan advertising adalah dua hal yang berbeda. Tapi, apa sebenarnya perbedaan keduanya? Kalau bicara tentang kesamaannya sekilas, dua-duanya sama-sama punya target masing-masing. Target tersebut adalah mempromosikan bisnis kamu, kepada customer yang berpotensi membeli produkmu.

Nah, tapi perbedaan utamanya, yaitu tentang strategi itu sendiri. Advertising meliputi media promosi seperti banner iklan, iklan media sosial dan juga billboard. Di mana, advertising ini merupakan salah satu strategi yang masuk ke dalam marketing. Jadi, advertising adalah salah satu bentuk marketing.

Sumber Gambar : unsplash.com

Namun, marketing juga menggunakan banyak strategi lainnya. Tujuannya nggak lain untuk mempromosikan bisnismu itu tadi. Sedangkan, strategi yang biasa digunakan dalam marketing biasanya meliputi content marketing, presentasi sales, brosur, hingga rekaman podcast juga.

Jadi, sederhananya, advertising ibarat sepotong kecil pie. Sementara, marketing adalah satu pie besar utama yang utuh. Sekarang makin mudah dipahami, ya. Makanya, strategi untuk mempromosikan bisnismu nggak cuma advertising aja. Kalau kamu cuma menggunakan satu strategi tersebut, kamu jadi kehilangan kesempatan buat mencoba kesempatan lainnya. Soalnya, ada banyak strategi dan nggak cuma advertising.

Cara Membedakan Marketing dan Advertising

perbedaan marketing dan advertising

Sumber Gambar : unsplash.com

Sekarang, kita udah tahu perbedaannya marketing dan advertising. Lantas, gimana cara membedakannya? Sebab, kadang mungkin kamu cukup sulit untuk langsung mengenali perbedaannya. Tapi, sebenarnya, cara bedainnya simpel aja.

Baca Juga :   Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer

Advertising – advertising berarti merupakan apapun yang berkaitan dengan iklan. Advertising bisa dilakukan melalui bermacam-macam media. Namun, ada satu aspek yang pasti sama di dalam advertising, yaitu brand atau marketer pasti membayar untuk bisa mengiklankan bisnisnya, di platform tempat mereka memasang iklan.

Biasanya, semakin ramai platform tersebut dikunjungi orang, biaya iklannya lebih mahal juga. Misalnya, kamu mau pasang iklan produk di Instagram, melalui endorse kepada seorang influencer. Karena follower dia udah ada puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu, jadi biaya buat iklannya lebih tinggi.

Marketing – marketing adalah segala upaya untuk mempromosikan brand kamu. Seperti yang disebutkan tadi, marketing juga bisa meliputi advertising. Tapi, nggak hanya itu aja. Ada berbagai cara promosi lainnya untuk mempromosikan produk, jasa dan bisnis kamu, selain melalui advertising.

Kadang, kamu perlu membayar untuk biaya marketing, tapi nggak selalu. Nggak seperti advertising, ada banyak strategi marketing buat mempromosikan bisnis kamu, dengan cara yang mudah. Bahkan, ada juga cara yang gratis, dan hasilnya pun tetap efektif. Salah satu contoh sederhana, kamu promosi lewat akun sosmed bisnismu, lewat postingan biasa. Misalnya, kamu selalu posting foto produk dan layanan baru dari bisnis kamu. Kan, ini gratis, tapi tetap bisa menjangkau semua follower kamu.

perbedaan marketing dan advertising

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Jadi, itu tadi perbedaan antara marketing dan advertising. Kalau udah memahaminya, perbedaannya jelas banget, kan. Advertising atau memasang iklan, adalah salah satu bentuk strategi marketing atau pemasaran. Artinya, advertising merupakan bagian dari marketing. Sesimpel itu sebenarnya. Kalau kamu sudah memahaminya, maka kamu bisa menuju langkah selanjutnya. Di mana, kamu memilih strategi marketing yang tepat buat perusahaanmu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran