Game & Teknologi

Kenali Virtual Launching sebagai Solusi Promosi Produk di Tengah Pandemi

Virtual Launching – Sadarkah kalian sudah 1.5 tahun pandemi berlalu namun belum ada tanda-tanda hal ini akan segera berakhir? Pandemi yang tak kunjung usai cukup menghambat beberapa aktivitas sehingga tidak bisa berjalan normal.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun juga perusahaan-perusahaan besar cukup merasa kesulitan untuk mempromosikan barang dagangannya. Terutama produk baru yang belum pernah dikenali masyarakat. Namun, kita tidak bisa terus menerus berada di titik ini. Yuk, kita harus bangkit berusaha semaksimal yang kita bisa lakukan demi memajukan kesejahteraan ekonomi. 

Nah, sudah saatnya kita untuk beralih ke virtual launching! Tahukah kamu apa itu? Kenapa virtual launching bisa menjadi solusi promosi produk di tengah pandemi? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut.

Apa itu Virtual Launching?

Virtual Launching

Sumber Gambar : Freepik.com

Virtual launching merupakan salah satu strategi pemasaran produk baru dalam suatu brand secara virtual dengan menggunakan platform tertentu dimana perusahaan pertama kali memperkenalkan peluncuran produk barunya ke sejumlah konsumennya.

Jangkauan konsumen dalam virtual launching tentu lebih banyak dibandingkan on-site karena konsumen dapat datang dari berbagai penjuru kota, provinsi, pulau, dan bahkan dunia.

Dari sisi budgeting dan efisiensi, sebuah  tentu lebih hemat dan praktis karena tidak membutuhkan ruang yang besar serta customer tidak perlu datang secara langsung.

Selain itu, virtual launching juga terdiri atas beragam jenis dan bentuk platform yang cukup beragam sesuai kebutuhan masing-masing target market. Sudah banyak kan kelebihan dari virtual launching dibandingkan launching secara on-site.

Maka dari itu, yuk sekarang kita bahas lebih lanjut apa saja sih tips yang dibutuhkan dalam membuat virtual launching?

Branding

Virtual Launching

Sumber Gambar : Freepik.com

Pertama-tama kamu harus memperkuat branding produkmu agar mudah dikenali masyarakat. Pastikan bahwa branding yang kamu bangun bisa menceritakan identitas dan ciri khas yang dimiliki oleh produkmu.

Kamu harus menyesuaikan logo, mood, warna, bentuk,  maupun tagline sesuai dengan karakter yang ingin kamu bangun dari produk tersebut. Setelah kamu menemukan konsep yang tepat untuk branding produkmu, kamu bisa mulai memikirkan konsep design untuk acara virtual launching kamu sesuai dengan branding yang telah kamu bangun.

Desain yang diperlukan  untuk sebuah virtual launching yaitu desain animasi, grafis, maupun desain 3D untuk menciptakan suasana launching tampak seperti launching secara on-site.

Misalnya branding produkmu memiliki identitas yang mewah, mahal, dan berwarna cerah, maka desain yang dibuat harus dapat menggambarkan kesan elegan, modern, mewah, dengan mood warna cerah. Dengan begitu customer dapat langsung mengingat visualisasi branding kamu secara tidak langsung.

Permainan Lighting

Virtual Launching

Sumber Gambar : freepik.com

Meski launching produk kamu dilakukan secara virtual, namun permainan lighting tetap memegang peranan penting dalam menciptakan desain tampak lebih menarik. Kamu bisa mengatur lampu mana yang akan menyala terlebih dahulu, jumlah dan warna lampu. Tentunya seluruh pertimbangan kamu harus sesuai dengan mood desain branding yang ingin kamu bangun juga lho.

Desain yang Unik & Menarik

Sumber Gambar : Freepik.com

Desain yang unik dan menarik tentu akan mudah diingat oleh seluruh penonton kamu, lho. Dengan virtual launching, tentu kamu dapat mewujudkan berbagai desain yang wow, seimajinatif mungkin, meski tidak masuk akal untuk diwujudkan secara real di dunia nyata sekalipun.

Tentunya jangan lupa juga untuk menyesuaikan kebutuhan desain sesuai produk yang ingin kamu promosikan. Selain mudah diingat pengunjung, event launching kamu memungkinkan untuk dibagikan ulang oleh sejumlah penonton dengan kekuatan media sosial yang akan mendapat perhatian lebih banyak orang untuk menonton event launching kamu.

Perlengkapan Shooting

Sumber Gambar : Freepik.com

Apabila desain yang kamu buat tidak diwujudkan secara nyata, maka seluruh hasil rendering desainmu dapat dijadikan sebagai background untuk proses shooting dengan bantuan green screen serta berbagai peralatan shooting lainnya seperti kamera, lighting, videographer, dan lain sebagainya.

Platform Virtual Launching

Virtual Launching

Sumber Gambar : Freepik.com

Terakhir, jangan lupa untuk memikirkan platform apa yang ingin kamu gunakan untuk mempublikasikan virtual launching kamu. Kamu bisa menggunakan platform yang mudah digunakan, praktis, dan sesuai dengan target market kamu.

Rekomendasi platform yang cukup sering digunakan untuk keperluan bisnis yaitu Live Streaming Youtube, karena jumlah jangkauan audiensnya yang cukup luas dan lebih menjangkau banyak orang dari segala penjuru dunia sehingga cukup mudah untuk memperoleh engagement yang besar. Namun, setiap platform pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pastikan kamu sudah memahami setiap platform yang ada sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Nah, itulah beberapa tips penting untuk kamu yang ingin mempublikasikan perilisan produk terbaru kamu di tengah pandemi tanpa menimbulkan kerumunan serta memperoleh target audiens yang lebih besar. Kamu harus bangkit, jangan patah semangat, dan terus berusaha. Semoga dapat bermanfaat ya.

Ilustrasi : https://www.freepik.com/
Teks oleh : Rachellia Yunike Gisella (Mahasiswi Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?