Arsitektur & Interior

Kenali Warna yang Tepat untuk Setiap Ruang dalam Hunianmu!

Tahukah kamu, bahwa pemilihan warna berhubungan erat dengan Desain Interior? Disadari atau tidak, warna bukanlah sesuatu yang hanya dapat diamati saja, tetapi dapat mempengaruhi kelakuan dan memegang peranan penting dalam nilai estetika sebuah ruang serta turut menentukan suasana hati (mood) seseorang. Lalu, apa saja sih warna yang cocok digunakan untuk setiap ruangan? Apakah warna yang digunakan dalam ruang tidur akan cocok digunakan di ruang kerja? Yuk simak beberapa tips pemilihan warna untuk menunjang fungsi setiap ruang dalam hunianmu!

  1. Ruang Tidur

Sumber Gambar : hgtv.com

Kamar tidur adalah salah satu ruang yang penting dalam sebuah rumah. Karena ruangan ini digunakan untuk beristirahat dan melepas lelah dari segala aktivitas sehari-hari, sehingga kenyamanan dari ruangan ini harus sangat diperhatikan untuk mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur dengan nyenyak.

Saat tubuh merasa tenang, maka cenderung akan tertidur lebih cepat. Warna biru dan hijau adalah warna yang cocok untuk ruang tidur. Warna biru langit membuatmu seperti sedang menatap hari yang cerah tanpa awan dan warna hijau lembut memberikan suasana taman yang rindang.

Tidak hanya mendatangkan ketenangan dan rasa rileks tetapi warna tersebut dapat memperbaiki energi seseorang dengan ampuh dan cocok untuk beristirahat.

2. Ruang Tamu

Warna Yang Tepat

Sumber Gambar : hgtv.com

Merupakan ruangan pertama ketika orang masuk ke dalam rumah sehingga ruangan ini harus menghadirkan suasana yang menyenangkan untuk mendukung aktivitas bersifat komunal seperti sebagai ruang tamu atau ruang keluarga.

Psikologi warna yang ditimbulkan sebaiknya memberikan energi dan suasana yang ceria namun tetap santai agar perbincangan menjadi seru dan akrab. Pilihan warna yang cocok untuk ruang tamu adalah warna netral dan pastel.

Selain itu, untuk mempercantik dan mempertegas estetika ruangan, kamu dapat menambahkan furnitur, dekorasi, dan foyer dengan warna yang menarik perhatian seperti merah, gold, atau hitam untuk menjadi point sehingga warna dalam ruang tamu tidak monotone dan memberi kesan yang kuat.

3. Ruang Kerja

Warna Yang Tepat

Sumber Gambar : decoist.com

Ruang kerja membutuhkan suasana yang dapat menimbulkan efek psikologi untuk memacu produktivitas. Efek psikologi warna di ruang kerja sebisa mungkin dapat memacu daya pikir dengan menggunakan warna cerah. Warna yang cocok digunakan pada ruang kerja adalah warna kuning dan jingga. Untuk mempercantik ruangan, kamu juga dapat memberikan sentuhan warna solid seperti merah dan biru sebagai aksen dan warna hijau seperti dekorasi tanaman hias untuk memberikan kesegaran dan memacu lebih banyak inspirasi.

4. Dapur

Warna Yang Tepat

Sumber Gambar : hgtv.com

Dapur merupakan ruangan yang digunakan sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan untuk disantap. Psikologi warna yang cocok untuk dinding dapur adalah warna netral seperti putih dan abu-abu, serta kabinet dapur dengan warna gelap seperti cokelat, biru tua, abu tua, hitam untuk menciptakan suasana yang elegan. Pemilihan warna dapur dapat disesuaikan dengan fungsi dan ukuran yang terdapat di dalam dapur.

5. Ruang Makan

Warna Yang Tepat

Source : davincilifestyle.com

Mayoritas pemilik restoran menggunakan warna merah atau kuning untuk menjadi warna utama atau warna pendamping untuk interiornya, karena warna ini dapat memberikan kesan menggairahkan terhadap pelanggan.

Warna merah dan kuning juga diyakini dapat meningkatkan produksi hormon serotonin di tubuh untuk menambah selera makan. Kedua warna ini juga dapat dijadikan sebagai opsi sebagai sentuhan aksen dekorasi. Selain itu, warna ungu dan jingga juga dapat dihadirkan untuk menetralkan warna merah sehingga memberikan kesan yang lebih rileks dalam ruang makan.

6. Kamar Mandi

Warna Yang Tepat

Sumber Gambar : home-designing.com

Salah satu ruangan yang paling diperlukan dalam sebuah rumah adalah kamar mandi. Kamar mandi dijadikan fasilitas untuk membersihkan dan memanjakan diri, sehingga efek psikologis dari warna kamar mandi harus memberikan suasana relaksasi.

Pemilihan warna yang cocok untuk kamar mandi adalah warna netral seperti putih untuk memberikan kesan bersih dan warna gelap seperti hitam untuk memberikan nuansa elegan. Selain itu, kamar mandi juga dapat diberikan sentuhan warna alami seperti cokelat dan hijau untuk memberikan suasana yang nyaman dan segar.

Tips diatas adalah rekomendasi untuk menjadikan setiap ruangan dalam hunianmu memberikan efek psikologis yang dapat menunjang fungsi ruang. Kamu tetap dapat berkreasi sesuai warna yang membuatmu nyaman berada di dalam setiap ruang. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan dampak dari setiap warna dan pertimbangan segi tatanan interior terutama pencahayaan ya!

Penulis : Josephine Celine Tanaya (Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.