GenK LIFE

Kenapa Kamu Harus Punya Tujuan Hidup?

tujuan hidup

Tujuan hidup harus dimiliki setiap orang. Pertanyaan yang mungkin muncul di benakmu, “Kenapa harus?” Di dalam artikel ini, kami akan membahasnya. Tujuan itu tidak melulu soal hal yang besar kok. Sekedar “besok mau makan nasi goreng” atau “nanti malam mau beres-beres kamar” juga termasuk tujuan. Tapi dalam konteks tujuan hidup, beberapa orang malas untuk membicarakannya, alasannya karena mereka percaya bahwa hidup dibiarkan mengalir saja seperti air. Tapi tahukah kamu betapa pentingnya memiliki tujuan hidup?

Tujuan hidup adalah hal yang paling mendasar supaya manusia bisa bertahan di dunia. Karena ada tujuan, kita jadi punya pegangan dan bayangan apa yang harus dilakukan di masa depan. Menentukan tujuan memang tidak mudah, namun cobalah untuk menyederhanakan pemikiranmu. Apapun pencapaian yang sudah kamu dapatkan sekarang sebenarnya merupakan tujuan yang pernah kamu buat di masa lalu loh. Baik disadari maupun tidak.

[Kenapa_Kamu_Harus_Punya_Tujuan_Hidup]_1

Ilustrasi tujuan hidup (sumber: pexels.com)

Nah, sekarang kita ambil pembahasan yang lebih dalam lagi, yaitu tentang impossible goals atau tujuan hidup yang mustahil untuk dicapai. Kamu sendiri bagaimana? Pernah punya mimpi yang terasa mustahil? Eits, asal kamu tahu, mustahil atau tidak, tergantung bagaimana cara kamu menilai kemampuan diri kamu sendiri. Contohnya, impian pergi ke bulan. Dahulu itu adalah hal yang mustahil. Namun pemikiran itu bisa dibantah karena Neil Amstrong, seorang astronot, bisa ke bulan dan menjadi orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di sana. Hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin kalau kita mau mencari tahu caranya dan mau mencoba menerapkannya.

Batasan Hidup yang Kamu Buat

[Kenapa_Kamu_Harus_Punya_Tujuan_Hidup]_3

Ilustrasi memikirkan tujuan hidup (sumber: pexels.com)

Sekarang saatnya untuk mengenal diri sendiri. Lihatlah dalam kehidupanmu, seberapa jauh kamu memasang batasan untuk menentukan hal-hal yang memungkinkan dan bisa kamu wujudkan? Singkatnya, apa saja yang termasuk ‘tujuan mustahil’ dalam hidupmu? Tidak masalah kalau kamu merasa masih nyaman dengan keadaan sekarang alias zona nyaman, tapi kamu juga harus mulai membayangkan apa yang ingin kamu lakukan di masa depan.

Coba buat daftar pencapaian apa yang sudah berhasil kamu capai sampai saat ini. Ini bukan masalah soal besar atau kecilnya pencapaian, tapi bagaimana kamu menghargai hasil kerja keras dirimu sendiri. Misalnya kamu berhasil membeli sepatu impianmu dari menabung selama tiga bulan atau berhasil membuat bekal sendiri padahal kamu tidak bisa memasak. Itu berarti kamu sudah berani keluar dari zona nyaman.

Sekarang permasalahannya adalah bagaimana cara kamu untuk melangkah lebih jauh dari zona nyaman yang membatasi dirimu itu. Lakukan secara bertahap. Mulailah dari hal-hal yang memungkinkan sampai yang mustahil. Karena sesungguhnya cara termudah untuk melakukan hal mustahil adalah dengan membuatnya tampak mudah. Caranya adalah dengan memecahkannya ke dalam kategori yang paling sederhana. Berani mencoba?

Terjebak di Mimpi Orang Lain

[Kenapa_Kamu_Harus_Punya_Tujuan_Hidup]_4

Ilustrasi menggapai mimpi setinggi-tingginya (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu mendengar istilah “terjebak di dalam mimpi orang lain”? Kita ambil contoh yang sederhana saja. Orangtua ingin kamu menjadi dokter. Atau temanmu yang menyayangkan kenapa kamu harus mengambil kuliah jurusan Desain Interior, padahal menurutnya kamu lebih cocok masuk jurusan Teknik, karena dia yakin masa depanmu akan lebih cerah di sana. Memang tidak salah mengikuti saran orang tua, apalagi kalau kamu percaya pilihan mereka adalah yang terbaik. Namun, apakah kamu sadar kalau dirimu sedang terjebak di mimpi yang dibangun oleh orang lain? Jangan sampai pilihan itu malah menyiksa kamu.

Oh iya, mimpi itu gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun kok. Siapa pun bebas bermimpi, termasuk kamu. Buatlah mimpi yang setinggi-tingginya supaya kamu jadi paham arti dari tujuan hidup yang sesungguhnya. Dengan mempunyai mimpi, kamu jadi tahu apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara kamu mengatasi setiap permasalahan yang sedang melanda.

Punya Motivasi Hidup

[Kenapa_Kamu_Harus_Punya_Tujuan_Hidup]_5

To do list (sumber: pexels.com)

Kalau kamu adalah satu orang yang punya prinsip “hidup dibiarkan mengalir saja”, coba deh sekarang kamu pikirkan lagi. Apakah dengan prinsip seperti itu bisa membuatmu bahagia? Walaupun bahagia, pasti akan ada rasa hampa di dalam diri, karena kamu tidak punya bayangan hidup di masa depan. Dengan memiliki tujuan hidup, kamu jadi punya motivasi tersendiri. Contohnya kamu ingin membeli salah satu jaket dengan merek ternama. Kamu jadi semangat untuk terus bekerja dan menabung supaya kamu bisa segera membeli jaket tersebut. Lalu ketika kamu berhasil mencapainya, akan ada kepuasan tersendiri sebagai penghargaan atas kerja kerasmu selama ini.

Berhasil mencapai tujuan tertentu di dalam hidup berbeda dengan mendapatkan hal-hal yang sebenarnya tidak kamu inginkan. Kepuasannya pasti beda. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk memasang target tertentu. Jadikan target tersebut tujuan. Setiap kegiatan yang kamu lakukan akan selalu memiliki alasan dan mengarah pada tercapainya impian di masa mendatang.

Bagaimana Kalau Gagal?

[Kenapa_Kamu_Harus_Punya_Tujuan_Hidup]_6

Ilustrasi memiliki tujuan hidup (sumber: pexels.com)

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Tidak semua impian akan terwujud dengan mudah. Jadi wajar saja kalau suatu saat kamu akan mengalami yang namanya gagal. Namun, jangan biarkan kegagalan malah menghancurkanmu. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman yang berharga. Kalau kamu sudah pernah mengalami kegagalan, maka kamu jadi terbiasa. Kamu juga jadi tidak mudah patah semangat, apalagi kalau impian yang sedang kamu kejar ini merupakan impian yang besar. Jadi, tidak perlu takut lagi untuk memasang target, bahkan yang mustahil sekalipun.

Dengan hidup yang penuh resiko, alangkah baiknya kamu mempunyai proteksi diri yang mampu menyesuaikan dengan hidupmu. Sekarang berkat Flexli Life, asuransi jiwa ultra flleksibel pertama di Indonesia kamu bisa mengurangi rasa khawatir dan tetap fokus dalam mengejar tujuan hidup. Tidaks eperti asuransi lainnya,  Flexli Life   menyesuaikan dengan hidupmu sehingga tidak ada rasa terbebani sebab, kamu bisa menentukan uang pertanggung jawaban dan premi. Berbagai kemudahan pun disediakan oleh  Flexli Life, mulai dari auto renew dimana secara otomatis akan diperpanjang setiap tahun tanpa harus repot mendaftar ulang. Selain itu kamu pun bisa dengan bebas mengubah besarnya uang pertanggungan dan masa pertanggungan serta serta frekuensi pembayaran premi. Semua tentang Flexli Life, memang telah dirancang sedemikian rupa agar menjadi bagian dari hidup kamu bukan, menjadi beban semata. Flexli Life, tak sekadar memproteksi namun, jadi bagian dari hidup dan berjalan seiringan dengan langkahmu dalam menjalani hidup dan menggapai tujuan hidup.  

Polling

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *