Game & Teknologi

Kenapa Susunan Keyboard QWERTY?

Kenapa Susunan Keyboard QWERTY

Penasaran nggak sih kenapa susunan keyboard QWERTY? Papan ketik atau biasa dikenal dengan sebutan keyboard dengan tata letak “QWERTY” mungkin sudah banyak dikenal orang, baik pada laptop maupun smartphone. Kenapa disebut begitu? Karena ada susunan huruf “Q”,”W”,”E”,”R”,”T”,Y” yang tersusun pada tatanan paling kiri keyboard. 

Disusun seperti itu bukan tanpa alasan. Gagasan penyusunan keyboard sendiri digunakan untuk memperlambat kemacetan dan pengetikan pada tombol keyboard. Ada beberapa alasan kenapa susunan keyboard QWERTY dibuat. Yuk simak apa saja alasannya!

Sejarah Letak Keyboard “QWERTY”

Sumber Gambar : topcareer.id

Sejarah dari letak keyboard pada awal tahun sejak 1870-an. Tata letak ini sudah dirancang oleh Christopher Latham Sholes pada mesin ketik manual.

Christopher sendiri adalah seorang editor dan pencetak surat kabar asal Wisconsin, Amerika Serikat. Dahulu seseorang harus menggunakan mesin tik manual atau mesin ketik jadul. Seorang pengguna harus menggeser gindarannya baru bisa mengetik. Awalnya tata keyboard manual urutannya berdasarkan alphabet.

Akan tetapi hal itu membuat mesin tik menjadi macer sampai operator mengetik terlalu cepat. 

Terdapat beberapa masalah lainnya seperti dua tuts yang dipencet berbarengan dalam waktu yang berdekatan, kemudian batang yang berfungsi mencetak tinta huruf pada kertas jadi bertumpuk.

Akhirnya Sholes beserta Carlos Glidden dan Samuel W. mengembangkan ide untuk merubah susunan huruf dari mesin ketik tersebut. Akhirnya menciptakan dan mematenkan untuk mesin ketik dengan susunan “QWERTY” yang selain efisien juga dapat mengurangi kerusakan pada mesin ketik. Kemudian mereka mendaftarkan hak paten tersebut ke kantor paten Amerika Serikat (USPTO) lalu disetujui sejak 23 Juni 1868 dan diberi nama Sholes 7 Glidden Typewriter. 

Awalnya Tersusun dari “QWE.TY” 

Keyboard QWERTY

Sumber Gambar : quoracdn.net

Sholes membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk menyempurnakan temuannya itu. Awal mulanya penyusunan mestik tik “QWE.TY” yang saat itu huruf  “R”. Dan hingga saat ini belum diketahui secara pasti alasan mengapa Sholes merubah titik menjadi huruf “R”.

Ada yang menyebutkan bahwa ini berkaitan dengan teori “Diagram Frequency”. Hal ini berkaitan dengan keyboard yang diacak sehingga pasangan huruf ini paling sering digunakan dalam bahasa Inggris yaitu “th”, “st”, atau “er” tidak berdekatan.

Nah, maka dari itu banyak yang berspekulasi bahwa Sholes ingin membantah teori tersebut dengan meletakkan pasangan huruf “E” dan “R” yang berjejer. Sampai akhirnya ide ini dipatenkan pada di tahun 1878 dengan mesin tik QWERTY Sholes and Glidden.

Sejak saat itu mesin tik ini mulai masuk ke pasar komersial. Kemudian mereka menjual desain “QWERTY” pada pabrik pembuatan senjata, E.  Remington & Sons. Lalu vendor tersebut menjual produk mesin tik tersebut dengan Keyboard QWERTY dan benar-benar diproduksi yaitu Remington No.1 Typewriter. 

Menjadi Standard Keyboard Hingga Saat Ini

Keyboard QWERTY

Sumber Gambar : tstatic.net

Permintaan mesin tik Remington ini sangat besar sampai terjual hingga 100.000 unit pada tahun 1890. Lalu Remington kemudian memproduksi lagi penerusnya yaitu Remington No.2 yang dilengkapi dengan tombol shift didalamnya. 

Sampai tahun 1893 Remington akhirnya bergabung dengan produsen mesin tik lainnya yaitu Yost, Calligraphy, Densmore, dan Smith-Premier kemudian mereka membentuk satu perusahaan yang bernama Typewriter Company. Dan akhirnya QWERTY menjadi standar keyboard hingga saat ini.

Walaupun terdapat keyboard Dvorak yang dirancang oleh Dr August Dvorak dan Dr William Dealey sebagai pesaing mereka dan menjadikan inovasi terbaru. Apalagi mereka mengklaim mampu meningkatkan akurasi mengetik masing-masing hingga 74% dan 68%.

Akan tetapi, keberadaan keyboard Dvorak belum mampu menggantikan popularitas keyboard QWERTY.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, akhirnya keyboard QWERTY diadopsi dan dijadikan mesin lebih canggih dan berkembang mulai dari smartphone dan komputer sampai saat ini.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?

Game & Teknologi

3 Jenis Akun TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.