GenK LIFE

Tipe yang Manakah Kamu: Independen, Kodependen atau Interdependen?

kodependen independen dependen

Kamu yang berpasangan pasti selalu berkomunikasi setiap hari. Baik itu membicarakan hal-hal serius tentang masa depan atau sekadar kabar hari ini. Tidak jarang pula, sesekali terjadi konflik di antara kamu berdua. Terkadang, perkaranya sepele yakni dalam hal komunikasi tadi. Mungkin kamu merasa cukup mengobrol lewat telepon dan chat tanpa harus ketemu saat kalian sama-sama sibuk. Namun, pasanganmu beda lagi ceritanya. Ada masa ketika pasangan merasa keberatan karena baginya bertemu langsung itu sangat penting. Bahkan, berkomunikasi sambil melakukan kontak fisik seperti pelukan dan pegangan tangan, menjadi suatu kebutuhan baginya. Sangat wajar kalau kamu jadi yang tidak terbiasa dengan hal tersebut jadi merasa risih. Bahkan, mungkin banget kamu sampai menyebut pasanganmu lebay. Di sinilah kamu perlu memahami istilah independen, kodependen dan interdependen.

Pengertian Independen, Kodependen dan Interdependen.

Seperti yang sudah kita baca sama-sama barusan, dalam suatu hubungan pasti ada dua orang yang memiliki karakter berbeda. Salah satunya bisa dilihat dari kadar ketergantungan mereka terhadap pasangan masing-masing. Hingga akhirnya hal tersebut dikelompokkan menjadi tiga macam kepribadian, yakni independen, kodependen dan interdependen. Mari mengenal lebih dalam tentang ketiga istilah ini.

Pengertian Independen

kepribadian independen

sumber: pexels.com

Independen merupakan suatu kondisi di mana seseorang memiliki individualisme lebih tinggi. Artinya, orang tersebut merasa senang sendiri. Dia juga nyaman dengan keadaan ini karena kepribadiannya yang mandiri. Orang yang independen dalam sebuah hubungan tidak merasa perlu bertemu dengan pasangannya secara intens. Mereka juga tidak memerlukan intimasi seperti berpelukan, berpegangan tangan. Namun, mereka tetap sayang kepada pasangannya.

Pengertian Kodependen

kepribadian kodependen

sumber: pexels.com

Sebaliknya, kodependen merupakan keadaan di mana seseorang merasa bergantung kepada orang lain. Dalam hal suatu hubungan, berarti orang tersebut bergantung kepada pasangannya. Dia memerlukan perhatian dalam bentuk fisik dan emosional. Dia akan merasa hampa saat tidak bisa bertemu dengan pasangannya, maupun tak berkomunikasi dengannya. Apalagi, jika pasangannya sibuk dan tidak berkabar, maka orang kodependen bisa merasa down seketika. Kepribadian ini mirip seperti orang dengan sifat posesif terhadap pasangan.

Pengertian Interdependen

kepribadian interdependen

sumber: pexels.com

Di antara independen dan kodependen, ada interdependen. Ini merupakan kondisi saling bergantung secara fisik dan emosional. Jika digambarkan dalam suatu hubungan, berarti orang tersebut bisa benar-benar saling memberi perhatian dengan pasangannya. Mereka sama-sama memahami kebutuhan pasangan, baik secara fisik, emosional hingga finansial. Keduanya juga saling bertanggung jawab untuk satu sama lain. Jadi, dalam istilah ilmu biologi, ini mirip dengan simbiosis mutualisme.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif