Hobi & Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu Bikin Kamarmu Lebih Rapi!

coiver-kerajinan-dari-kardus-sepatu

Sekarang nggak perlu bingung lagi soal kardus sepatu yang menumpuk di sudut rumah. Solusinya adalah dengan membuat kerajinan dari kardus sepatu. Yuk, keluarkan ide kreatif kamu, GenK!

Saat membeli sepasang sepatu, umumnya toko juga akan memberikan kardus sepatu kepada si pembeli. Kamu tim menyimpan sepatu di rak atau di dalam kardusnya lagi? Kalau kamu tim menyimpan sepatu di rak, berarti kardus sepatunya kalian simpan di mana, dong? Ujung-ujungnya akan menumpuk di gudang atau kamu buang karena sudah nggak terpakai lagi.

Sayang banget kan, kalau kardus sepatu yang sebenarnya masih bisa kita sulap menjadi barang berguna harus berakhir di tempat sampah. Nah, mulai sekarang keresahan seperti itu sudah bisa disingkirkan. Salah satu solusinya adalah dengan membuat kerajinan dari kardus sepatu.

Buat kamu yang masih bingung, kami punya cara mudah dan sederhana loh untuk membuat kerajinannya. Langsung saja dilihat sama-sama, GenK!  

Lampu Tidur dari Kardus Sepatu

kerajinan-dari-kardus-sepatu

Kardus bekas yang dijadikan lampu tidur unik dan lucu (Sumber: kidsomania.com)

Lampu tidur bukan hanya untuk menerangi kamar di kala malam, tetapi juga bisa berguna sebagai hiasan agar kamar terasa lebih nyaman dan nggak membosankan. Nah, kalau lampu yang satu ini berbeda, GenK, karena ornamen lampunya terbuat dari kardus sepatu. Keunikan yang lainnya, lampu ini menampilkan diorama kawanan pinguin yang tinggal di kawasan es. Menarik banget ‘kan?

Sekarang kamu bisa membuat lampu ini sendiri di rumah dengan memanfaatkan kerajinan dari kardus sepatu. Walau cara pembuatannya agak rumit, tapi hasil akhirnya dijamin memuaskan deh. Coba ikuti langkah-langkah pembuatannya, yuk!  

Alat dan bahan:

    1. Kotak sepatu
    2. Beberapa sumpit bekas
    3. Tumblr lamp
    4. Beberapa bandul kecil
    5. Kertas kosong
    6. Pensil dan spidol
    7. Penggaris
    8. Cutter dan gunting
    9. Lem dan double tape

Cara membuat:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Bersihkan kardus sepatu dari debu dan kotoran, supaya proses pengerjaan lebih mudah. Lalu pisahkan antara badan dengan penutup kardus.
  3. Sekarang kita kerjakan dulu bagian badan kardus. Buat lubang di bagian alas kardus. Buat garis menggunakan pensil dan penggaris. Oh iya, jangan dilubangi semuanya, GenK, tapi sisakan tepiannya. Masing-masing kurang lebih 5cm. Lalu potong menggunakan cutter.
  4. Nah, sekarang kamu harus membuat lubang di bagian dinding kanan dan kiri badan kardus. Bentuk lubangnya seperti garis panjang, dari ujung ke ujung. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuat polanya terlebih dahulu. Usahakan lubang di dinding kanan seimbang dengan dinding kiri. Begini hasilnya, GenK.
    kotak-lampu-tidur

    Hasil membolongkan dinding kanan dan dinding kiri (Sumber: kidsomania.com)

  5. Sekarang kerjakan bagian penutup kardus sepatu. Lapisi tutupnya dengan kertas polos. Hias dengan gambar-gambar atau warna-warna sekreatif mungkin, GenK. Nantinya gambar di penutup kardus ini akan digunakan sebagai latar belakang gambar. Misal kamu ingin membuat diorama pinguin yang tinggal di es, berarti latar belakangnya adalah gambar gunung es.

Pembuatan puppet:

  1. Lalu masuk ke proses pembuatan puppet. Pertama-tama buatlah gambar pinguin di kertas kosong, kemudian beri warna menggunakan spidol. Kalau sudah, gunting bagian pinggiran yang nggak terpakai.
  2. Siapkan satu batang sumpit bekas. Tempelkan potongan kertas gambar penguin ke sumpit menggunakan lem atau double tape. Pastikan gambar sudah merekat dengan benar.
  3. Tempel bandul kecil di bagian bawah sumpit. Gunanya supaya nanti sumpit nggak mudah berantakan saat ditusuk ke lubang kardus. Lakukan langkah nomor 6-8 untuk membuat puppet lainnya.
  4. Tusuk puppet melintasi lubang di kedua dinging. Posisikan setiap puppet dengan benar, supaya terlihat lebih menarik. Contohnya akan jadi seperti ini, GenK.
     
    memasang-puppet-lampu-tidur

    Contoh pemasangan puppet (Sumber: kidsomania.com)

  5. Lalu pasang penutup kardus sepatu yang sudah dihias dengan gambar latar belakang ke tempat semula.
  6. Ambil tumblr lamp yang kemudian dililitkan di antara batang puppet. Setelah itu nyalakan lampunya deh.
  7. Lampu tidur dari kardus sepatu buatanmu sudah bisa digunakan untuk menemani tidurmu malam ini, GenK.

About author

Related posts
Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.