Hobi & Kriya

Kerajinan Pressed Flower untuk Abadikan Keindahan Bunga

Jika bicara soal estetik, belum lengkap rasanya tanpa membahas keindahan bunga. Karena keindahan kelopak dan daunnya, bunga menjadi salah satu elemen penting dalam apapun yang berkaitan dengan aesthetic. Nah, ada salah satu kerajinan yang unik, serta menampilkan keindahan bunga dengan cara berbeda, yaitu kerajinan pressed flower.

Apa Itu Pressed Flower?

Secara sederhana, pressed flower merupakan kuntum bunga yang dikeringkan secara utuh, kemudian diimpit menggunakan benda berat atau panas. Misalnya, kamu bisa mengeringkannya dengan cara mengimpit bunga dengan menggunakan buku tebal, atau bisa juga dengan menggunakan setrika maupun microwave. Membuat kerajinan pressed flower dengan menggunakan suhu panas tinggi jauh lebih cepat prosesnya.

Apa Itu Pressed Flower

Sumber: ftd.com

Cara Membuat Pressed Flower

Kamu nggak harus beli, kok. Sebab, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Justru, kamu lebih bebas menggunakan jenis bunga yang kamu suka untuk di-press, lalu dijadikan hiasan, deh. Pressed flower yang dijadikan hiasan bisa kamu sandingkan dengan hiasan lain atau menyesuaiakan dengan interior rumah agar makin nyaman. Peralatan yang paling penting adalah kertas perkamen yang digunakan untuk menjepit bunga sekaligus menyerap airnya sehingga bungamu kering sempurna.

Berikut cara-cara mudah membuat kerajinan pressed flower sendiri di rumah:

Menggunakan buku tebal – Siapkan bunga yang mau dikeringkan. Lalu, siapkan kertas perkamen dan satu buku tebal. Buka buku tepat di bagian tengah, letakkan kertas perkamen sebagai alas. Taruh bunga di atas kertas perkamen. Kemudian, tutupi bunga dengan kertas perkamen dan tutup bukunya. Bunga akan terbungkus perkamen dan terjepit di tengah-tengah buku tebal agar tekanannya kuat. Biarkan selama 3-4 minggu sambil dicek sesekali. Setelah 3-4 minggu, pressed flower-mu sudah jadi.

Baca Juga :   Instagramable Abis! DIY Flower Wall Bikin Kamarmu Makin Stunning!
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula