Hobi & Kriya

Kerajinan Pressed Flower untuk Abadikan Keindahan Bunga

Jika bicara soal estetik, belum lengkap rasanya tanpa membahas keindahan bunga. Karena keindahan kelopak dan daunnya, bunga menjadi salah satu elemen penting dalam apapun yang berkaitan dengan aesthetic. Nah, ada salah satu kerajinan yang unik, serta menampilkan keindahan bunga dengan cara berbeda, yaitu kerajinan pressed flower.

Apa Itu Pressed Flower?

Secara sederhana, pressed flower merupakan kuntum bunga yang dikeringkan secara utuh, kemudian diimpit menggunakan benda berat atau panas. Misalnya, kamu bisa mengeringkannya dengan cara mengimpit bunga dengan menggunakan buku tebal, atau bisa juga dengan menggunakan setrika maupun microwave. Membuat kerajinan pressed flower dengan menggunakan suhu panas tinggi jauh lebih cepat prosesnya.

Apa Itu Pressed Flower

Sumber: ftd.com

Cara Membuat Pressed Flower

Kamu nggak harus beli, kok. Sebab, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Justru, kamu lebih bebas menggunakan jenis bunga yang kamu suka untuk di-press, lalu dijadikan hiasan, deh. Pressed flower yang dijadikan hiasan bisa kamu sandingkan dengan hiasan lain atau menyesuaiakan dengan interior rumah agar makin nyaman. Peralatan yang paling penting adalah kertas perkamen yang digunakan untuk menjepit bunga sekaligus menyerap airnya sehingga bungamu kering sempurna.

Berikut cara-cara mudah membuat kerajinan pressed flower sendiri di rumah:

Menggunakan buku tebal – Siapkan bunga yang mau dikeringkan. Lalu, siapkan kertas perkamen dan satu buku tebal. Buka buku tepat di bagian tengah, letakkan kertas perkamen sebagai alas. Taruh bunga di atas kertas perkamen. Kemudian, tutupi bunga dengan kertas perkamen dan tutup bukunya. Bunga akan terbungkus perkamen dan terjepit di tengah-tengah buku tebal agar tekanannya kuat. Biarkan selama 3-4 minggu sambil dicek sesekali. Setelah 3-4 minggu, pressed flower-mu sudah jadi.

Menggunakan microwave – Taruh bunga di atas kertas perkamen, posisikan agak ke tengah. Lipat dan tutup kertas perkamen sehingga kertasnya menjadi alas sekaligus menutupi bagian atas bunga. Masukkan kertas perkamen berisi bunga ke dalam microwave. Tumpangkan piring tahan panas di atas kertas dan bunga. Pastikan piring menindih dan menutupi bunga. Lalu, panaskan microwave selama 30-60 detik. Bungamu akan mengering dengan cepat dan sempurna.

 

Menggunakan setrika – Caranya mirip dengan menggunakan microwave. Siapkan dua lembar kertas perkamen. Taruh selembar kertas perkamen di atas kain alas meja setrika, letakkan bunga di atas kertasnya, lalu tutupi bunga dengan kertas perkamen satunya. Panaskan setrika dengan panas sedang, lalu tindihkan setrika di atas bunga yang sudah ditutupi kertas perkamen. Panasi bunga selama 30-60 detik. Bunga menjadi kering dengan sempurna setelahnya.

Inspirasi Kerajinan Pressed Flower di Instagram

Setelah tahu cara mudah membuatnya, sekarang simak inspirasi pressed flower keren dari Instagram, seperti berikut ini:

@blackconfetti

@blackconfetti – Kamu dapat menjadikan pressed flower hiasan pada halaman jurnalmu. Atau, bikin dua halaman khusus untuk karya seni pressed flower dengan tema tertentu. Artsy banget.

@sakura__floral

@sakura__floral – Kamu juga bisa bikin kartu ucapan dengan menggunakan hiasan pressed flower. Ini bakal terlihat cantik sekaligus elegan dan unik banget. Pasti berkesan.

@tuinvanjudith

@tuinvanjudith – Kumpulkan semua bunga kesukaanmu lalu keringkan dan tempelkan pada selembar kertas sketsa. Cantik banget untuk dijadikan hiasan yang dipajang di kamarmu.

@modernpressedflower

@modernpressedflower – Coba, deh, gunakan background hitam untuk kerajinan  pressed flower yang sudah kamu buat. Bisa berupa kertas atau kain hitam. Seketika feels dari karya senimu jadi semakin terasa dalam dan eksotis.

Jadi, barusan kita sudah membaca ulasan tentang pressed flower serta cara membuatnya. Kamu juga sudah melihat inspirasi contohnya yang ada di Instagram. Bisa kamu jadikan referensi untuk kerajinan pressed flower-mu. Selamat berkarya!

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!