GenK LIFE

4 Kesalahan Dalam Merawat Kulit yang Banyak Orang Lakukan

Tanpa disadari, banyak orang yang mungkin berniat melakukan perawatan kulit tapi justru malah tidak mendapat hasil yang memuaskan. Niatan ingin cantik malah berbalik arah memperparah atau bahkan merusak kondisi kulit. Hal tersebut bisa jadi karena kesalahan dalam merawat kulit yang bisa dilakukan oleh siapa saja, khususnya saat baru memulai belajar perawatan kulit yang baik. Nah, berikut ini beberapa kesalahan dalam merawat kulit yang bisa saja tanpa sengaja kamu lakukan. 

1. Mencuci muka terlalu kasar 

Sumber: beautybay.com

Kesalahan dalam merawat kulit ini sering dilakukan dengan pikiran bahwa mencuci muka dengan keras akan membuat segala kotoran yang ada di muka kita terangkat lebih cepat. Padahal cara ini justru dapat membuat sel kulit yang seharusnya menetap di kulit wajah ikut terangkat sehingga kulit kita tidak mempunyai sel pelindung.

Apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif, mencuci muka dengan kasar atau terlalu agresif bisa beresiko membuat kulit menjadi kemerahan loh. Perhatikanlah cara kamu mencuci wajah agar dilakukan dengan baik dan secara lembut. Jangan menggosok wajah dengan terlalu kuat karena ingin lebih bersih. 

2. Ikut-ikutan skincare orang 

Sumber: beautybay.com

Menonton video tutorial skincare di YouTube pastinya menjadi salah satu aktivitas favorit para pecinta perawatan kulit. Khususnya kamu yang termasuk dalam kategori skincare junkies atau mungkin baru saja belajar cara merawat kulit karena melihat video atau saran dari orang lain. Kesalahan dalam merawat kulit ini datang dari kebiasaan orang untuk suka ikut-ikutan. 

Setelah melihat video skincare youtuber A dan B, kamu jadi terpengaruh dan ingin mendapatkan produk yang sama dengan harapan agar bisa ikutan glowing seperti orang tersebut. Padahal tanpa disadari dan riset lebih mendalam, orang tersebut bisa saja memiliki kondisi kulit yang sama sekali berbeda denganmu. 

Alhasil, bukannya malah mendapatkan kulit glowing ala youtuber favoritmu, breakout dan bruntusan malah datang menghampiri. Sudah tentu kamu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Telitilah sebelum membeli dan saat menonton. Pastikan produk yang ingin kamu beli sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulit kamu. 

3. Mengeringkan wajah yang salah 

Sumber: beautybay.com

Jika sebelumnya sudah banyak yang mungkin terjebak dengan kesalahan dalam merawat kulit saat mencuci muka, ada juga yang berlanjut saat proses pengeringan. Banyak orang yang tanpa sadar telah melakukan cara mengeringkan wajah dengan yang kurang baik dan justru bisa merusak kulit. 

Hanya dengan bermodalkan handuk yang tergantung di kamar mandi, kamu pun langsung menggosok wajah sampai kering kerontang. Cara ini kurang baik karena serat handuk yang kasar bisa menggesek lapisan permukaan kulit, khususnya setelah selesai mencuci wajah nih. Baiknya, gunakanlah handuk bersih lalu lap wajah sambil ditepuk ringan tanpa digeser. 

4. Kurang minum air putih 

Sumber: beautybay.com

Bagian paling penting yang seringkali terlewat oleh banyak orang saat sedang merawat kulit adalah hanya fokus pada pemakaian produk luar saja. Berbagai produk skincare dipakai hingga berlapis-lapis dan rutin tanpa memikirkan kondisi kulit dari dalam dan hal apa sih yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh kulit kamu. 

Rahasia kulit yang cantik bukan hanya dari produk-produk skincare saja loh, tapi juga apa yang kamu konsumsi, salah satunya adalah hidrasi yang cukup dengan minum air putih. Percuma jadinya jika produk yang kamu pakai tidak didukung dengan keadaan kulit yang terhidrasi dengan baik dari dalam. Makanya jangan sampai lupa untuk tetap rutin minum air putih juga yah.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya