Creativepreneur and Career

Ketahui Yuk, 4 Cara Mempertahankan Pelanggan dengan Meningkatkan Kualitas Pelayanan

cara-mempertahankan-pelanggan

Pelanggan adalah raja, tentu kamu nggak asing dengan pepatah ini, kan? Pepatah ini tak berlebihan, sebab kepuasan pelanggan memang wajib untuk diutamakan. Tentu saja setiap perusahaan selalu menginginkan pembeli baru setiap harinya, tapi mempertahankan pelanggan adalah hal yang tak kalah penting karena bisa meningkatkan citra perusahaan. Bisa dibilang bahwa keberhasilan mempertahankan pelanggan, membuktikan jika usahamu memiliki kualitas yang luar biasa. Ada beberapa cara mempertahankan pelanggan yang tentunya harus dikuasai oleh setiap orang yang terlibat dalam bisnismu. Yuk, langsung saja kepo-in ulasan berikut ini!

  1. Berusaha Selalu Meningkatkan Kualitas Produk

Cara mempertahankan pelanggan

Meningkatkan Kualitas Produk (Sumber : Bikin.co)

Pelanggan akan terus kembali ketika kamu dapat merebut hatinya dengan memberikan kualitas produk lebih dari yang mereka inginkan. Selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produk tentu saja akan membuat pelanggan merasa puas. Kepuasaan konsumen inilah yang akan menjadi ladang emas untuk kamu nantinya. Jangan pernah membuat pelanggan merasa kecewa, karena akan menimbulkan penilaian buruk terhadap bisnismu.

  1. Belajar Memahami Karakter Setiap Pelanggan

Memahami Karakter Pelanggan (Sumber : gofaztrack.com)

Setiap pelanggan pastinya memiliki karakter yang berbeda, sehingga untuk mempertahankannya kamu harus mampu mengenali dan memahami karakter. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mempersonalisasi layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Ingatlah bahwa pelanggan yang puas akan menjadi promotor gratis untuk usahamu.

Lalu, bagaimana sih cara mengenali dan memahami karakter pelanggan? Ada beberapa cara mudah melakukannya, misalnya dengan melontarkan obrolan santai baik yang masih berhubungan dengan bisnis maupun beberapa pembicaraan pribadi lainnya. Pastikan untuk mencari topik yang menarik dan cerdas sehingga kamu akan mendapatkan koneksi positif dengan para pelanggan.

Selain itu cobalah untuk bersikap lebih flexible pada setiap pelanggan, jangan terlalu kaku. Selama masih dalam batasan yang wajar seharusnya sih kamu masih bisa memakluminya.

  1. Pelajari dan Perbaiki Setiap Keluhan Pelanggan

cara mempertahankan pelanggan

Pelajari Keluhan Pelanggan (Sumber : Arubatoday)

Pastikan untuk selalu mengecek adakah keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Jika ada, segera cari solusinya bersama tim dan memperbaiki hal tersebut. Langkah selanjutnya, hubungi pelanggan yang memberikan keluhan dan cobalah untuk meminta kesempatan agar kamu bisa memperbaiki hal tersebut.

Baca Juga :   Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

Hal semacam ini merupakan salah satu trik jitu yang akan menarik hati para pelanggan. Pasalnya dengan menghubungi dan meminta kesempatan ulang, pelanggan akan merasa bahwa mereka mendapatkan pelayanan yang eksklusif.

  1. Lakukan Kontak Teratur dengan Para Pelanggan

Kontak Teratur Dengan Pelanggan (Sumber : Jurnal)

Salah satu cara membuat pelanggan tetap setia menggunakan pelayananmu adalah dengan melakukan kontak teratur, baik melalui telepon, email, atau WhatsApp. Dengan cara ini, dijamin pelanggan akan merasakan koneksi yang kuat dengan bisnismu.

Untuk menjaga kontak dengan para pelanggan, kamu dapat melakukan beberapa hal menarik, seperti komunikasi via media sosial dengan mengingatkan bahwa kamu serta tim siap sedia membantu dan akan memberikan pelayanan terbaik. Kamu juga bisa menciptakan konten menarik yang dibagikan secara rutin di akun media sosial. Jangan lupa selalu memberitahukan informasi bulanan mengenai konten menarik, peluncuran produk atau berbagai event yang akan diadakan di perusahaanmu.

Selain itu, hindari mengirimkan pesan secara template, pastikan untuk membuatnya terlihat lebih personal. Sebagai contoh, pada kalimat sapaan pertama kamu bisa langsung menujukan kepada nama pelanggan sehingga akan terkesan lebih hangat. Memang hal ini akan sedikit membuatmu kerepotan, tapi pelanggan yang membacanya akan merasa istimewa.

Nah, keempat cara mempertahankan pelanggan tersebut tidak sulit dilakukan, bukan? Yuk, coba praktekkan mulai sekarang!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran