Creativepreneur and Career

Jangan Malu dengan Profesimu, Ini Berbagai Keuntungan Jadi Freelancer

Stigma negatif freelancer

Seperti yang kamu tahu, perkembangan zaman dan teknologi membuat lapangan kerja lebih bervariasi. Semua kalangan, khususnya generasi muda, banyak yang bisa melakukan freelance atau pekerjaan bebas sesuai passion dan skill. Maka dari itu, sebenarnya peluang kerja menjadi seorang freelancer itu besar. Kamu pun tidak perlu malu atas pekerjaanmu tersebut. Mari simak keuntungan jadi freelancer.

1. Pekerjaannya fleksibel

keuntungan jadi freelancer

Sumber: pexels.com

Keuntungan jadi freelancer adalah amu tidak perlu terikat dengan aturan jam kerja pagi sampai sore seperti di perusahaan. Selain itu, kamu juga tak perlu mengenakan seragam kantoran. Tidak pula harus menerjang kemacetan serta cuaca panas dan hujan di jalanan, untuk sampai di kantor. Kamu pun bebas menentukan sendiri jam kerjamu. Mau bekerja dari rumah, atau di coworking space atau kafe, bisa kamu lakukan.

2. Bisa memilih pekerjaan berbeda

keuntungan jadi freelancer

Sumber: pexels.com

Seorang freelancer bisa berpindah dari satu proyek ke proyek lain. Kamu bisa mengerjakan bermacam-macam proyek sesuai dengan skill yang kamu miliki. Mencoba berbagai pekerjaan yang berbeda ini dapat membantumu mengembangkan kemampuan serta menambah relasi. Siapa tahu, kamu justru bisa mendirikan perusahaanmu sendiri nanti. Menarik banget keuntungan jadi freelancer ini?

3. Mendapat gaji yang besar

keuntungan jadi freelancer

Sumber: pexels.com

Siapa bilang bayaran freelancer itu kecil? Jika kamu serius menggeluti pekerjaan freelance-mu, maka justru gaji yang kamu dapat bisa lebih besar dari kerjaan kantoran. Banyak freelancer yang sudah membuktikannya. Namun, tentu saja untuk mewujudkan itu semua, kamu harus tekun, bekerja keras serta berkomitmen terhadap pekerjaan freelance yang kamu geluti.

Cara Menanggapi Stigma Negatif Tentang Freelancer

Sayangnya, masih banyak stigma negatif yang menyamakan freelancer dengan pekerja serabutan atau bahkan pengangguran. Bekerja dari rumah tidak sama dengan menjadi pengangguran, ingat hal tersebut, ya.
Begini cara tepat untuk menanggapi komentar miring tentang pekerjaan freelancer yang kamu cintai:

1. Selalu menambah skill dan wawasan

stigma freelance

Sumber: pexels.com

Tidak hanya mengerjakan pekerjaanmu dengan skill yang kamu punya, kamu juga perlu mengembangkan kemampuanmu. Ikuti seminar, kursus online atau komunitas yang berkaitan dengan profesimu. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, ini juga menunjukkan kalau kamu bisa memanfaatkan waktumu yang luang untuk mengasah kemampuanmu.

2. Tidak perlu membanding-bandingkan

stigma freelancer

Sumber: pexels.com

Membandingkan dirimu dan orang lain itu pekerjaan mereka yang tidak memahami betapa mengasyikkannya profesimu. Pekerjaanmu bukan membandingkan dirimu sendiri dan freelancer atau pekerja kantoran lainnya, seperti teman dan saudaramu, karena kamu adalah passion-mu dan apa yang kamu kerjakan. Syukuri yang kamu punya dan terus kembangkan skill-mu. Tunjukkan bahwa kamu memang mencintai pekerjaanmu dengan sungguh-sungguh.

3. Mengelola keuangan dengan baik

Kelola uang freelance

Sumber: pexels.com

Kamu tidak perlu memamerkan kekayaanmu. Namun, kamu bisa menunjukkan, setidaknya kepada keluarga dan orang-orang terdekatmu, bahwa kamu dapat mengelola keuangan dengan baik. Bahwa gaji yang kamu terima bisa kamu alokasikan untuk semua keperluan, tabungan dan investasi. Kamu pun tidak berhutang sama sekali. Tak perlu juga pamer, tapi sesekali hadiahi diri sendiri dengan membeli barang kesukaanmu sesudah mengerjakan proyek yang berat dan sulit.

Jadi, tanpa kamu harus mengatakan ini itu kepada orang-orang, tunjukkan saja lewat pencapaianmu. Selain itu, saat melihat kamu nyaman serta mencintai pekerjaanmu, maka orang akan berubah pikiran dengan sendirinya dan mulai menyadari kalau freelance itu memiliki prospek yang sangat baik bahkan untuk masa depan. Apabila kamu masih baru mau menekuni profesi sebagai freelancer, berikut sejumlah pekerjaan freelance paling populer yang bisa kamu coba:

1. Menulis

freelance menulis

Sumber: pexels.com

Sejak dahulu, menulis adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri. Artinya, kamu tidak harus bekerja di kantor maupun perusahaan untuk menjadi penulis. Kamu bisa menjadi writer atau editor lepas dengan menulis artikel website dan blog, copywriting, buku edukasi dan hiburan, majalah dan masih banyak lagi. Cocok banget buat kamu yang hobi membaca dan menulis.

2. Mendesain

freelance design

Sumber: pexels.com

Lingkup pekerjaan desain itu luas banget. Kamu yang punya kemampuan desain bisa membuat logo, tema website, infografis, poster, brosur, pamflet, newsletter email, presentasi PowerPoint, desain UX, dan masih banyak lagi. Peluangnya tidak terbatas! Makanya, jika kamu suka dan jago menggambar serta punya sense marketing yang kuat, kenapa tidak menjadi desainer freelance saja?

3. Fotografer

freelance fotografi

Sumber: pexels.com

Kini, menjadi fotografer freelance merupakan cara paling mudah untuk menghasilkan uang dari fotografi. Kamu bisa menjadi seorang fotografer solo atau dengan partner, untuk memotret acara pernikahan, produk barang hingga real estate. Kamu pun bisa memotret untuk majalah-majalah. Yang penting, bikin portofolio yang bagus, agar skill-mu dilirik oleh klien yang potensial.

4. Web atau mobile developer

Freelance developer

Sumber: pexels.com

Web development dan mobile development merupakan dua pekerjaan yang paling dicari saat ini. Mulai dari Java, Swift, Python, Ruby, JavaScript, apapun bahasa pemrograman yang kamu kuasai, kamu selalu punya peluang besar di bidang pekerjaan freelance ini. Apalagi, bayarannya juga tidak bercanda. So, tunggu apalagi? Sebarkan portofoliomu sekarang!

Nah, sekarang kamu sudah mengerti, kan, caranya untuk menjadi freelancer percaya diri? Pilih saja pekerjaan freelance sesuai passion kamu, dan kerjakan dengan sungguh-sungguh. Seiring prestasimu bertambah mengikuti kerja kerasmu, pandangan orang tentangmu juga pasti berubah dan mereka akan salut kepadamu.

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil