Kuliner

Kimchi: Makanan Khas Korea yang Punya Banyak Jenisnya

Jika membicarakan soal kuliner khas Korea, pasti tak akan lepas soal Kimchi. Kehadiran kimchi sebagai pendamping makanan ataupun lauk di Korea sudah bukan hal yang aneh lagi. Terbuat dari sayuran yang dibumbui dengan bawang putih, bubuk cabai, jahe dan bahan lainnya, menjadikan masyarakat Korea mengonsumsinya hampir di setiap hari. Kimchi merupakan makanan  sehat yang banyak mengandung protein, serat, vitamin, kalsium, fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Jika mengingat soal Kimchi, sayuran yang pasti terpikirkan untuk dijadikan Kimchi pasti sawi putih yang juga dikenal sebagai Tongbaeuchu Kimchi ataupun Baek Kimchi. Tapi, pada kenyataannya, tak hanya sawi putih saja loh yang bisa dijadikan Kimchi! Ada beberapa sayuran lain yang bisa dijadikan kimchi. Lalu ada apa saja ya?

1. Oisobagi Kimchi (Kimchi Timun)

kimchi makanan khas korea

Oisobagi Kimchi. (Sumber: maangchi)

Jenis kimchi ini juga tidak melalui proses fermenasi, jadi aman juga bagi kamu yang tidak suka makan makanan asam. Timun yang ada, dibelah lalu diisi dengan sayuran lain seperti wortel, daun bawang dan lobak,  serta bumbu-bumbu. Kimchi ini memiliki rasa yang segar serta renyah yang cocok untuk dimakan bersama sup daging dan lobak. Sepertinya enak ya!

2. Kkaennip Kimchi (Kimchi Perila)

Kkaennip Kimchi. (Sumber: maangchi)

Buat kamu yang tidak tau, daun Perilla  ini adalah jenis daun yang masih satu keluarga dengan daun Mint. Kimchi ini harus melalui tahap fermentasi juga untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Penyajiannya kan bertambah enak jika ditambahkan dengan taburan biji wijen. Hmm menarik ya!

3. Dongchimi (Kimchi Lobak Kuah)

kimchi makanan khas korea

Dongchimi. (Sumber: maangchi)

Biasanya, Kimchi ini dibuat masyarakat Korea sebelum musim dingin. Dalam pembuatannya, Kimchi ini harus melalui tahap fermenasi selama 2-3 hari agar rasa kuah didapat segar dan sedikit asam. Didalam kuah kimchi ini terdapat potongan buah pir yang dapat memberikan tambahan rasa manis saat memakannya. Uniknya, saat menikmati kimchi ini, agar terasa lebih segar, harus ditambahkan dengan es batu. Wah unik kan untuk dicoba?

4. Gochu sobagi Kimchi (Kimchi Cabai Hijau)

Gochu sobagi Kimchi. (Sumber: maangchi)

Bagi kamu yang suka pedas, mungkin kimchi jenis ini bisa dicoba. Bayangkan bagaimana rasanya saat cabai hijau ditambah dengan bumbu dan bahan pelengkap kimchi rasnaya pasi akan meledak! Biasanya, setelah dibuat, Kimchi ini akan langsung disimpain didalam lemari es.

5. Baechu Kimchi (Kimchi Lokio)

Baechu Kimchi. (Sumber: Cooktube)

Mungkin banyak diantaramu yang masih bingung dengan sayuran lokio. Lokio ini adalah sayuran yang sejenis dengan daun bawang tapi lebih panjang dan lebih kecil. Kalau di Indonesia, lokio ini juga biasa disebut sebagai bawang Batak. Bagian dari sayuran ini yang dipakai adalah daun juga batangnya.

6. Kkakdugi Kimchi (Kimchi Lobak Dadu)

kimchi makanan khas korea

Kkakdugi Kimchi. (Sumber: maangchi)

Jenis Kimchi ini juga termasuk jenis kimchi yang populer loh! Seperti namanya, sayuran yang dipakai dalam pembuatan kimchi ini adalah lobak. Lobak, dipotong-potong dadu serta tambahan bahan kimchi lainnya. Kimchi jenis ini  bisa langsung dimakan secara segar setelah pembuatan ataupun dimakan setelah proses ferementasi loh!

7. Chonggak Kimchi (Kimchi Lobak Ekor Kuda)

kimchi makanan khas korea

Chonggak Kimchi. (Sumber: maangchi)

Sama seperti Kkakdugi Kimchi, kimchi jenis ini juga menggunakan sayuran lobak. Yang membedakan adalah dalam kimchi ini, terdapat juga daun dan batang lobaknya yang mirip dengan ekor kuda, sesuai dengan namanya Chonggak, yang dalam bahasa Korea berarti ekor kuda. Jenis lobak yang digunakan adalah yang berukuran kecil yang bernama chonggakmu. Lucu sekali kan namanya?

Wah.. ternyata banyak ya jenis kimchinya! Jenis kimchi mana yang sudah pernah kamu coba? Apapun namanya, jenis serta sayurannya, Kimchi punya kandungan yang menyehatkan loh! Jadi, jangan lupa ya buat coba semua jenis kimchi yang ada! Lalu, bandingkan dan pilih yang menjadi kesukaanmu!

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya