Arsitektur & Interior

Klasik-Modern, Gaya Interior yang Eksklusif untuk Hunian

Klasik-Modern

Gaya klasik-modern merupakan gaya yang memadukan gaya interior masa lampau yang berasal dari Eropa dan gaya interior yang modern. Gaya ini merupakan bagian dari aliran post modernism yaitu classicism. Classicism merupakan aliran bergaya modern yang mencoba untuk kembali ke masa lalu. Gaya ini identik dengan penggunaan ukiran dari gaya klasik dan penggunaan warna yang netral dari gaya modern. Hasil dari gaya desain ini berupa desain  yang    terkesan    mewah, estetik dan  eksklusif  sekaligus juga memberi suasana ruang yang hangat dan nyaman.

Berikut adalah berbagai tips yang dapat kamu terapkan dalam mendesain hunian gaya klasik-modern. simak selengkapnya, yuk!

1. Pilih Warna yang Sederhana

Klasik-Modern

Sumber : studia-54.ru

Pemilihan warna sangat penting pada gaya klasik-modern terutama dalam menciptakan suasana ruang yang baik dan mewah. Warna yang cenderung digunakan dalam gaya ini ialah warna – warna yang netral seperti warna putih, abu- abu, coklat dan hitam yang berfungsi untuk menghadirkan kesan eksklusif yang tidak berlebihan. Kamu juga dapat menghadirkan aksen dengan warna – warna yang kontras seperti emas, kuning, biru maupun merah untuk memberikan kesan yang lebih dinamis. Dalam pengaplikasiannya, kamu dapat menggabungkan berbagai warna dari dinding, lantai, furniture, dekorasi dan bahkan aksesoris.

2. Material yang Dekat dengan Alam

Sumber : aroundthetree.eu

Pemilihan material yang berasal dari alam merupakan pilihan yang baik dalam mendekor hunian klasik – modern. Material yang digunakan ialah material kayu dan batu. Material kayu dapat digunakan apabila atmosfir hunian modern – klasik yang kamu inginkan lebih hangat namun tetap terkesan eksklusif, sedangkan penggunaan material batu seperti marmer dan granit dapat memberikan kesan yang mewah.

3. Pemilihan Flooring

Sumber : diff-studio.com

Dalam pemilihan flooring pada hunian klasik – modern, kamu dapat menggunakan lantai berbahan kayu atau karpet dengan warna yang lembut. Dalam pemilihan karpet, pastikan untuk tetap memperhatikan detail dari karpet, karena karpet dapat berperan dalam menciptakan suasana ruang yang mewah dan eksklusif. Penggunaan material berbahan batu seperti granit dan marmer juga sering digunakan dalam gaya desain ini.

4. Perhatikan Detail!

Sumber : hausporta.com

Dalam hunian bergaya klasik – modern, detail merupakan hal yang sangat penting. Penambahan elemen garis, aksesoris dan dekorasi dapat memberikan tampilan yang kuat dan berkesan dalam interior hunian kamu. Dalam pengaplikasiannya, kamu dapat menambahkan vas bunga, lukisan, ukiran garis pada dinding, maupun bantal dengan motif geometris.

Baca Juga :   Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan Biar Alam Tetap Lestari

5. Berikan Kesan yang Dramatis

Sumber: prosvirindesign.com

Interior hunian bergaya klasik – modern sangat menyukai drama. Kesan dramatis dapat kamu ciptakan melalui penambahan wallpaper, furnitur, lukisan, ukiran dan aksen berwarna emas serta perak. Namun, perlu diingat bahwa drama hanya merupakan fitur pendamping bukan merupakan hal yang utama, sehingga penataannya perlu diatur dengan baik agar kesan mewah dan elegan dapat tercipta tanpa berlebihan.

6. Pemilihan Perabot

Sumber : vittoriafrigerio.it

Dalam hunian bergaya klasik – modern, pemilihan perabot merupakan hal yang penting karena perabot merupakan elemen yang sangat mempengaruhi suasana dalam ruang. Penting untuk menonjolkan kesan yang mewah serta ekslusif. Oleh karena itu pastikan pemilihan warna dan bentuk perabot yang dipilih dapat menonjolkan kesan eksklusif.

Dalam pengaplikasiannya, kamu dapat menggunakan perabot dengan ukiran atau motif geometris maupun perabot yang dirancang secara eksklusif dengan kualitas material yang baik agar suasana yang modern, nyaman dan eksklusif dapat tercapai di dalam ruang. Kamu juga dapat menambahkan detail berwarna emas, menggunakan perabot atau material berbahan kaca, marmer, dan metal.

7. Dekorasi

Klasik-Modern

Sumber : livein-design.com

Dalam pemilihan dekorasi, kamu dapat meningkatkan estetika ruang bergaya klasik-modern dengan menambahkan lukisan, lampu chandelier, patung figurine, dan cermin. Namun jangan lupa untuk tidak menaruh dekorasi secara berlebihan agar kesan eksklusif dari hunian tetap terjaga.

8. Pilihan Lampu

Klasik-Modern

Sumber : delightfull.eu

Dalam memilih desain lampu, kamu dapat menggunakan desain lampu yang modern maupun desain lampu yang menonjolkan detail dan pola untuk menonjolkan kesan yang eksklusif. Kamu juga dapat menggunakan standing lamp yang dengan desain yang baik dan menonjol maupun chandelier sebagai vocal point dari ruangan kamu. Jangan lupa untuk memilih warna lampu yang cocok dengan hunian kamu. Kamu dapat menggunakan warna warm light untuk memberikan kesan lebih hangat pada hunian kamu serta warna cool light dan daylight untuk menampilkan suasana yang lebih dingin dan terang.

9. Pola

Klasik-Modern

Sumber : arkpad.com.br

Pemilihan desain pola sangat penting dalam menentukan atmosfir hunian, terutama apabila ingin mencapai kesan yang eksklusif dalam hunian. Gunakan desain pola dengan motif geometris yang tidak terlalu rumit. Dalam pengaplikasiannya, gunakan material kaca dengan motif geometris yang sederhana atau kamu juga dapat memberikan ukiran pola pada dinding dan plafon hunian kamu.

Demikian tips yang dapat diterapkan dalam mendesain hunian gaya klasik – modern. Semoga menginspirasi!

Penulis : Noriko Kusuma
Mahasiswa Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra
Related posts
Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Arsitektur & Interior

Intip 6 Desain dengan Gaya Eklektik yang Patut Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.