Game & Teknologi

Mengenal Kode QR WhatsApp dan Cara Mengetahui Sampai Menyebarkannya

Memang sih, ada banyak cara untuk melakukan promosi, mulai dari yang berbayar sampai dengan yang gratisan. Dan salah satu cara memperluas rentang bisnis dan juga memperkenalkan brand atau produkmu adalah dengan menggunakan kode QR di aplikasi chatting WhatsApp. Bagi kamu yang nggak tahu cara bikin kode QR WhatsApp, ini lho langkah-langkah untuk membuatnya.

Apa Itu Kode QR WhatsApp?

Sumber Gambar : myabcclass.com

Kode QR WhatsApp merupakan salah satu fasilitas yang diberikan WhatsApp kepada para penggunanya agar dapat dipakai oleh para pebisnis atau entrepreneur supaya brand atau produk mereka dapat lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Jadi pada dasarnya, kode QR ini adalah cara menjangkau pelanggan secara mudah dan cepat.

Para pelanggan lama atau yang baru dapat secara langsung berkomunikasi dengan kamu sebagai pemilik usaha melalui aplikasi WhatsApp. Caranya pun hanya dengan melakukan pemindaian di kode QR tersebut dan mereka akan langsung terhubung dengan smartphonemu. Kamu juga nggak perlu khawatir terhadap jangka waktu layanan ini karena akan bisa dipakai seterusnya selama nggak kamu reset.

Cara Mengetahui Kode QR WhatsApp

kode QR WhatsApp

Sumber Gambar : blog.beaconstac.com

1. Pindah dari WhatsApp Pribadi ke WhatsApp Bisnis

Jadi yang pertama harus kamu lakukan adalah mengubah WhatsApp pribadi kamu ke WhatsApp bisnis. Tapi apabila kamu nggak ingin menggunakan nomor WhatsAppmu menjadi bisnis, maka kamu harus menggunakan nomor lain yang khusus digunakan untuk bisnis.

2. Buka WhatsApp Bisnis

Setelah aplikasimu berubah dari pribadi ke bisnis, maka langkah selanjutnya adalah buka WhatsApp bisnismu itu terlebih dahulu. Lalu, tab (tekan) tiga titik di sudut atas kanan, kemudian cari Settings atau Pengaturan. 

3. Buka Kode QR WhatsApp

Setelah masuk ke halaman Settings atau pengaturan, maka di samping nama profilemu akan terlihat sebuah kotak kecil berwarna hijau. Tab kotak hijau tersebut dan akan muncul gambar kode QR WhatsApp kamu.

Cara Membagikan Kode QR WhatsApp

kode QR WhatsApp

Sumber Gambar : guidingtech.com

Salah satu alasan kenapa kamu harus beralih dari WhatsApp pribadi ke WhatsApp bisnis karena di versi bisnisnya itu ada fitur short link dan link kode QR yang dapat kamu gunakan untuk bisa dipakai langsung saat ingin membagikannya ke pelanggan atau orang lain. Di WhatsApp pribadi, fitur tersebut tidak diikutsertakan.

Bagi yang sudah beralih ke versi bisnis, kamu dapat langsung membagikannya ke orang-orang yang dikehendaki yang mana nomor mereka sudah tersimpan dalam phone contact di smartphonemu. Caranya adalah dengan menyalin link kode QR tersebut atau short link WhatsAppmu lalu langsung kamu kirimkan ke mereka yang kamu inginkan.

Ya, memang kamu masih dapat membagikan atau memberitahukan kode QR WhatsAppmu itu ke orang lain ketika aplikasi yang kamu pakai masih pribadi atau belum diubah ke bisnis. Hanya saja, caranya ya mau nggak mau harus manual. Seperti menggunakan tangkapan layar atau screenshot dan cara kedua adalah biarkan orang lain melakukan scanning atau pemindaian dari smartphone ke smartphone.

Kamu juga bisa memakai layanan yang ditawarkan banyak situs di internet atau short link generator. Tujuannya adalah untuk mendapatkan shortlink WhatsApp nomormu, seperti di wa.link, postcron.com, chatwith.io, join.chat, whatshash atau lainnya. Setelah mendapatkan linknya, kamu baru bisa mengcopynya dan kemudian menyebarkannya.

Kode QR di WA itu juga bisa kamu cetak menjadi stiker atau berupa pamflet lalu ditempelkan di tempat-tempat tertentu agar orang lain dapat langsung terhubung denganmu ketika mereka melakukan scanning kode QR itu. Kamupun juga bisa mencetaknya di kaos bagian belakang agar siapa saja dapat melakukan scanning langsung ketika melihat kode itu.

About author

Related posts
Game & Teknologi

7 Games dengan Easter Egg Terseram, Bikin Merinding !

Game & Teknologi

Apa Aja Perbedaan antara AI vs Machine Learning (ML)?

Game & Teknologi

Keuntungan Menggunakan AI untuk Edit Video

Game & Teknologi

Apa Itu Payment Gateway? Temukan Cara Kerja dan Contohnya di Sini