5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi

Dibaca Normal: 3 menit aja
ciptakan ide bisnis

Mempertahankan bisnis di kala pandemi sudah pasti tidak mudah. Bila perusahaan besar saja mengeluhkan dampak fluktuasi ekonomi akibat pandemi, maka sudah tentu bisnis skala UMKM pun akan merasakan. Namun, kamu jangan berkecil hati. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk tetap bertahan dan mendapatkan keuntungan dari menjalankan bisnis selama pandemi. Berikut kiat-kiatnya!

Slider
Slider
Slider

1. Beralih ke Online

beralih ke online

UMKM bisa beralih ke online

Buat UMKM yang mungkin masih offline dan belum mempunyai media sosial, sangat penting di saat pandemi seperti ini untuk mulai beralih ke online dan mempunyai media sosial. Beralih ke online penting karena banyak konsumen yang sekarang menggunakan media sosial untuk menemukan barang yang mereka ingin beli atau jasa yang ingin mereka gunakan.

2. Aktif di Media Sosial

aktif di media sosial

Aktif di media sosial

Untuk aktif di media sosial sudah menjadi keharusan bagi setiap UMKM. Tapi suka bingung nggak, sih, apa yang mau di-post? Nah, kalian bisa post

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

proses pembuatan produk, proses packaging produk, repost review dari pelanggan, dan konten menarik lainnya yang berhubungan dengan produk.

3. Buat Strategi Bisnis

buat strategi bisnis

Buat strategi bisnis

Saat kamu memutuskan untuk usaha secara online, kamu perlu memikirkan strategi agar langkah ini bisa membuatmu bertahan selama wabah corona. Pertama, kamu bisa menghitung satu hari jumlah pesanan yang kamu terima. Dari situ, kamu bisa menghitung pengeluaran untuk produksi yang kamu jalankan. Selain itu, untuk menambah pelanggan kamu bisa membuat promo menarik atau diskon untuk pembelian produk kamu. Kamu juga bisa menggunakan promo seperti “free ongkir” dan banyak lagi strategi yang bisa kamu siasati.

4. Punya dana darurat

Memiliki dana darurat bisa menjadi solusi agar bisnis tetap bertahan di kala pandemi seperti ini. Bayangkan, dengan adanya wabah ini, tiba-tiba harga kebutuhan naik dan modal kamu tidak cukup. Untuk itulah guna punya dana darurat agar bisnis kamu masih mempunyai “backup” di saat sulit seperti ini.

5. Ikut gerakan #DukungUMKM

ikut gerakan #DukungUMKM

Ikut gerakan #DukungUMKM

Gerakan #DukungUMKM diinisiasi oleh komunitas kemanusiaan yaitu Tersalur. Dengan mengikuti gerakan ini UMKM diharapkan dapat bersaing di era digital. Program gerakan #DukungUMKM murni untuk membantu UMKM agar tetap bisa mempertahankan bisnisnya dan tidak dikenai biaya sama sekali.

Serta, kami juga menyediakan beberapa webinar khusus untuk pemilik UMKM, di samping program inti dalam gerakan #DukungUMKM. Nah, sekarang apa aja sih program inti yang bakal tersalur sediakan dalam gerakan #DukungUMKM ini? Ada 3 program inti dari gerakan dukung UMKM, yaitu menghubungkan UMKM dengan para ahli, melakukan review di Instagram dan website Tersalur, serta bekerja sama dengan media partner dan juga para influencer.  Daftarkan bisnismu di bit.ly/TersalurUMKM dan cek IG @tersalur.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Community

Storytelling Unik dengan Boneka ala Ria Papermoon

Community

6 Hal Unik yang Ada di Urban Sneaker Society 2019

Community

Ternyata Ini Dia Fungsi Asuransi yang Belum Kamu Tahu dari Ryan Filbert

Community

Mengenal Kofipon, Tempat Belajar Para Pecinta Foto Ponsel

Community

IdeaFest 2019 Tampil Lebih Fresh dengan Deretan Pelaku Kreatif Ternama

Community

Mengintip Resep Rahasia di Balik Horornya “The Librarian” karya KayR801

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link