Lebih Dekat dengan Abi Ma’Ruf, Sosok di Balik “Si Abi Driver Ojol”

Dibaca Normal: 5 menit aja
si abi driver ojol

Balada kehidupan driver ojol (ojek online) tak jarang ada yang bikin kamu ngakak, GenK. Bertemu dengan beragam sifat penumpang memang punya kisahnya masing-masing. Tidak hanya sampai di situ, ternyata cerita-cerita lucu ini membawa ide baru untuk Abi Ma’Ruf, seorang ilustrator asal Makassar sekaligus author komik “Si Abi Driver Ojol”. 

Pemuda lulusan Sarjana Pendidikan Seni Rupa ini ternyata pernah ditantang oleh editornya untuk membuat konsep baru, tapi kira-kira bagaimana proses sampai akhirnya ia memutuskan untuk membuat seri “Si Abi Driver Ojol”? Yuk simak wawancara kami bersama Abi Ma’Ruf untuk kampanye #IndonesiaKreativv, GenK!

profil abi ma'ruf

Abidin Ma’Ruf, author “Si Abi Driver Ojol”

Wawancara Bersama Abi Ma’Ruf

Boleh cerita gak, bagaimana awal mula kamu terjun ke dunia komik?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Awal mula saya mulai terjun ke dunia komik digital saat pertama kali saya menggunakan social media (Instagram) tahun 2014 lalu, di mana saya menemukan beberapa komik strip seperti karya Komikazer, Masdimboy, Komikimpor, dan lain-lain. Saya melihat komik ini sangat menarik, dimuat hanya dalam beberapa panel dan gambar yang sederhana, namun ceritanya sangat lucu dan unik. Nah sejak saat itu saya tertarik untuk mencoba membuat komik.

Selain membuat komik, ada pekerjaan lain mungkin? Misalnya jadi freelance atau lainnya?

Saat ini saya bekerja di salah satu media advertising sebagai ilustrator.

Kalau author dan judul komik favoritmu apa nih?

Waktu zaman sekolah, saya suka baca komik “NARUTO”  karya Masashi Kishimoto.

Apa yang menjadi inspirasimu ketika membuat komik?

Yang saya jadikan inspirasi saat membuat komik (ide dan cerita) adalah kehidupan sehari-hari, di antaranya juga ada beberapa keresahan saya yang saya tuangkan ke dalam komik.

Kenapa kamu memilih media digital untuk mempublikasikan karyamu?

Biar pembaca gampang mengakses atau melihat saya kapan pun dan di mana pun.

Pernah ada kepikiran untuk membuat versi cetak gak?

Waktu itu saya sudah pernah membuat versi cetak, judulnya “EKSTRAK KOMIK SI ABI” dan saat ini sudah ada beberapa tawaran dari berbagai penerbit untuk mencetak komik saya, cuma saya belum ada waktu buat ngurus ini dulu hehe…

profil abi ma'ruf 2

Komik cetak “EKSTRAK KOMIK SI ABI” karya Abi Ma’Ruf

Apa yang membuat kamu merasa bahagia sebagai seorang komikus?

Selain bisa mengekspresikan keresahan, bisa menghibur orang dan mendapat apresiasi dari pembaca. Walau biasa nemu komen “Garing Min” atau ngetik “WKWKWKWK NGAKAK” padahal diam doang.

Apa tantangan terbesar yang pernah dihadapi sebagai seorang komikus?

Konsep dan ide. Saya harus mencari konsep maupun cerita yang betul-betul orisinil dan berbeda dari yang lain. Melihat genre yang saya pakai adalah komedi, tidak jarang cerita yang saya buat mirip sama cerita buatan orang lain. Lalu tantangan lainnya adalah saat lagi stuck ide, itu keadaan di mana saya blank dalam mencari konsep atau cerita.

Baca Juga
Jurus Sukses Berbisnis dan Memanfaatkan Kesempatan ala Donny Pramono

Boleh ceritain inspirasi gaya gambar “Si Abi Driver Ojol”?

Untuk style gambar di “Si Abi Driver Ojol” sih sebenarnya ga ada bedanya sama yang di Instagram (@si_abi), yang berbeda cuma paneling-nya. Kalau di Instagram format slide, yang di “Si Abi Driver Ojol” format scroll.

Kenapa kamu mengangkat tema tentang driver ojol?

Saat itu saya ditantang sama editor saya untuk membuat konsep yang baru dan yang beda dengan Instagram. Sambil ngopi di salah satu cafe, ada seorang driver duduk di samping saya untuk mengambil orderan, dan pas saya lihat ke jalan, hampir semua ruas jalan ada driver ojol. Nah sejak saat itu saya kepikiran untuk mengangkat cerita seputar driver ojol.

Setiap episode membawa cerita yang baru dan kisahnya benar-benar relate dengan kehidupan driver ojol. Kami jadi penasaran, sebenarnya bagaimana cara kamu mendapatkan ide cerita seperti itu?

Untuk ide kadang saat saya naik ojol, saya ngobrol sama abang driver untuk tanya-tanya seputar per-ojolan. Saya mengambil dua sisi, sebagai penumpang dan sebagai driver. Biasa juga dari artikel tentang ojol dan selebihnya improvisasi hehe…

Boleh cerita gak, proses pembuatan komik ala kamu dari awal hingga akhir? Apakah kamu punya tempat dan alat khusus yang dipakai untuk membuat komik? 

Tahap awal adalah pencarian ide atau cerita, kemudian membuat sketch awal (tahap drafting), setelah itu proses lining/coloring (ini masuk tahap finishing), dan yang terakhir memasukkan text/balloon text dan effect (tahap editing).

profil abi ma'ruf 3

Proses pembuatan komik “Si Abi Driver Ojol”

Kami penasaran soal promosi nih. Bagaimana cara kamu mempromosikan karya ke orang banyak? Adakah strategi khusus yang dilakukan?

Saya mulai ngomik lewat sosial media Instagram dan ini satu-satunya medsos yang saya gunakan dari dulu sampai saat ini. Jadi untuk promosi saya cuma mengandalkan media ini. Dulu salah satu cara yang saya pakai adalah “ngetag” akun-akun besar supaya masuk ke notifikasinya dan di-repost mwehehe…

Hal apa yang paling berkesan buat kamu saat proses pembuatan seri “Si Abi Driver Ojol”?

Bisa tahu lika-liku per-ojolan dari beberapa driver ojol yang pernah saya temui sampai saya muat ke dalam komik.

Baca Juga
Kumpulan Best Moments di Oscar 2020, dari Bong Joon Ho Sampai Eminem

Tantangan terbesar apa yang kamu temui saat mengembangkan seri ini?

Tantangan terbesarnya adalah ide, dalam sebulan saya harus mengumpulkan setidaknya 8 cerita yang berbeda, proses ini yang paling sulit.

Jika kamu bisa memilih untuk bertemu dan mengobrol dengan satu orang karakter dari “Si Abi Driver Ojol”, karakter siapakah itu? 

Dalam komik ini karakter yang saya gunakan cuma Abi (driver ojol) selebihnya karakter/tokoh random (tidak menetap). Jadi kalau mau ketemu saya si Abi ya tinggal ngaca wkwkw…

Bagaimana rencana ke depan untuk seri “Si Abi Driver Ojol”? Apakah akan ada seri berikutnya atau mungkin edisi khusus?

Kita lihat saja nanti, soalnya ini kontrak, ya tergantung bagaimana pihak Ciayo selaku pemilik webcomic/platform ke depan. Semoga terus berlanjut hehe…

Kira-kira sekarang ada project ongoing apa nih? Atau ada rencana lain mungkin?

Saya sedang merencanakan untuk membuat projek animasi, tapi ga terburu2, ga  mau asal-asalan, saya mau meberikan kesan yang bagus saat pertama kali orang melihat nantinya hehe…

profil abi ma'ruf 4

Saat mengerjakan komik

Bagaimana pendapatmu tentang tren komik digital yang kini sangat digemari oleh generasi muda?

Komik digital saat ini memang sedang banyak digandrungi karena kemudahan aksesnya, namun di samping itu, sebagai author kita juga punya tanggung jawab, lebih memperhatikan isi konten, baik gambar maupun cerita, karena semua orang bisa melihatnya termasuk yang di bawah umur.

Boleh dong dibagi pesannya untuk kreator muda lain yang baru terjun ke dunia komik.

Terus berkarya, ciptakan karya orisinil dan fresh, berkarya aja yang ikhlas jangan mengharap yang lebih seperti pengen cepat dapat followers, pengen dapat tawaran iklan atau kontrak, dst. Berkarya aja dulu, ketika karya kamu bagus, orang-orang akan mencarimu dengan sendirinya. CHAKEP!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Community

Rayakan Ultah ke-11, HIMMCOMM Binus Ajak Milenial Go Digital

Community

Indonesia Bangga, Ini Dia Claudia Santoso yang Menang The Voice Jerman 2019

Community

Talenta Muda Ziva Magnolya, Sang Juara 3 Indonesian Idol 2020

Community

kreativv ID Dorong Minat Mobile Photography Milenial lewat #KelasKreativv Vol. 1

Community

Ini Dia Quotes Motivasi Kobe Bryant yang Bikin Kamu Semangat Lagi

Community

Riuhnya Lantai Dansa PIASE 2019

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>