Community

7 Tanaman Unik dan Langka di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho!

tanaman-unik-langka

Tanaman bikin Bumi yang kita tinggali lebih hidup dan berwarna. Tahu nggak kamu, kalau di dunia ini tercatat adai 391 ribu spesies tanaman? Dari semua spesies yang udah tercatat itu, ada tanaman unik dan langka dengan pesona tiada duanya. Ada juga yang dari Indonesia, lho. Wah, penasaran, kan, apa aja? Yuk, simak terus!

1. Pohon Darah Naga

pohon-darah-naga

Tanaman darah naga (Sumber: therevelator.org)

Tanaman pertama ada tumbuhan endemik dari Kepulauan Socotra, Yaman. Pohon darah naga atau Dracaena cinnabari yang bentuknya mirip payung dengan banyak dahan ini kali pertama dideskripsikan oleh Isaac Balfour pada tahun 1882.

Kenapa dinamakan darah naga? Karena pohon ini memiliki getah berwarna merah yang bisa keluar dari batangnya. Pada masa lalu, getah tersebut digunakan orang-orang sebagai obat pewarna.

2. Tumbuo

tumbuo

Tanaman tumbuo yang seperti merambat (Sumber: theceltiberian.files.wordpress.com)

Tanaman unik dan langka selanjutnya adalah Welwitschia mirabilis yang cuma bisa kamu temuin di daerah ekstrem, seperti Gurun Namibia dan wilayah selatan Angola. Tumbuo bisa bertahan hidup selama 5 tahun di lingkungan tanpa hujan, lho!

Nggak seperti tanaman-tanaman pada umumnya, tumbuo ini cuma terdiri dari dua daun, satu batang yang kokoh dan akar. Nah, daun-daun tersebut bisa tumbuh terus sampai menyerupai surai berbulu seperti alien, lho. Wah, penampakannya sangat menakjubkan, ya, GenK? Batang tumbuo nggak tumbuh ke atas, tapi mengeras dengan ketinggian sekitar 2 meter dan lebar 8 meter. Oleh masyarakat lokal, tumbuo disebut Onyanga, yang artinya bawang gurun.

3. Bunga Bangkai

bunga-bangkai

Menjulang tinggi, bunga bangkai khas Indonesia (Sumber: edenproject.com)

Urutan selanjutnya daftar tanaman unik dan langka di dunia ini berasal dari Indonesia. Apa lagi kalau bukan bunga bangkai (Amorphopallus titanium) yang merupakan tumbuhan suku talas-talasan (Arceae). Bunga bangkai endemik Sumatera ini dikenal sebagai tumbuhan bunga majemuk terbesar di seluruh dunia, lho.

Ukuran bunganya sangat besar dan tinggi. Bentuknya mirip lingga, yang sebenarnya merupakan tongkol, dikelilingi seludang bunga raksasa. Meski aromanya sangatlah ‘aduhai’, tapi banyak orang yang justru sengaja datang untuk ‘menikmatinya’, lho.

Baca Juga :   Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut
About author

Related posts
Community

Urban Village 2020 x Laung Banceuy: Bangkit Bersama untuk Memajukan Prospek Wisata Alam Kampung Adat Banceuy di Era New Normal

Community

17 Fakta Menarik Diego Maradona, Kecil Tinggal di Kawasan Kumuh, Tua Menjadi Legenda Sepak Bola

Community

Alumni Talenta Juara Luncurkan Aplikasi e-Deso untuk Memajukan Indonesia dari Desa

Community

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi