Community

Urban Village 2020 x Laung Banceuy: Bangkit Bersama untuk Memajukan Prospek Wisata Alam Kampung Adat Banceuy di Era New Normal

urban-village-2020-laung-banceuy

Urban Village 2020 merupakan sebuah acara kebudayaan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, peminatan Marketing Communication (Telkom University). Ada yang berbeda pada pelaksanaan Urban Village pada tahun ini, di mana Urban Village harus dirayakan secara virtual karena dampak dari pandemi yang mengakibatkan acara ini  tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

Akan tetapi, sistem pelaksanaan yang  berbeda tidak dapat menurunkan antusias mahasiswa peminatan Marketing Communication untuk melakukan campaign terhadap daerah yang akan mereka branding sesuai dengan tema Urban Village pada tahun ini yakni ROCK atau “Reflection Of Cultural Knowledge” dengan memperkenalkan kampung-kampung adat yang berada di Jawa Barat.

Kampung-kampung adat ini memiliki potensi tersembunyi yang luar biasa loh! Namun, sayangnya masih banyak masyarakat Jawa Barat maupun dari seluruh Indonesia yang belum mengetahui potensi tersebut. Maka dari itu, Urban Village 2020 hadir sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan  kampung-kampung  adat  tersebut  secara  menarik agar kita semua juga bisa teredukasi sekaligus terhibur.

Branding Campaign Kampung Adat di Jawa Barat

Urban Village 2020 sendiri terdiri dari beberapa branding campaign Kampung Adat di Jawa Barat, salah satunya adalah Kampung Adat Banceuy yang terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, di mana Kampung Adat Banceuy telah ditetapkan sebagai situs Kampung Adat Wisata di Jawa Barat oleh pemerintah Kabupaten Subang dengan keunggulannya berupa keindahan alam yang masih asri, seperti Curug Bentang, Leuwi Lawang, Hutan Kebun Pinus, dan Hutan Adat Banceuy serta adanya tradisi khas dari para leluhurnya yang masih tetap dipegang teguh oleh masyarakatnya. Namun, tidak tertutup dengan perkembangan zaman yang ada. Hal tersebut sesuai dengan pepatah dari para sesepuh mereka, yaitu “Ngindung ka Waktu, Ngawula ka Zaman”.

Oleh karena itu, untuk memperkenalkan Kampung Adat Banceuy agar semakin luas dikenal oleh masyarakat, maka selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berfokus di bidang Marketing Communication ingin membangun branding kampung adat tersebut dengan Selling Idea berupa “Laung Banceuy”.

Baca Juga :   Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020
About author

Related posts
Community

7 Tanaman Unik dan Langka di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho!

Community

17 Fakta Menarik Diego Maradona, Kecil Tinggal di Kawasan Kumuh, Tua Menjadi Legenda Sepak Bola

Community

Alumni Talenta Juara Luncurkan Aplikasi e-Deso untuk Memajukan Indonesia dari Desa

Community

5 Kiat Agar Bisnis Kamu Bertahan di Kala Pandemi