Dari Bikin Bento Sampai Rilis Buku, Ini Dia Cerita Sukses Yackikuka

Dibaca Normal: 4 menit aja
profil yackikuka

Saat ini banyak banget konten memasak yang tersebar di internet. Mau itu bentuknya tulisan atau video, keduanya sama-sama mudah untuk dipraktikkan. Salah satu food content creator yang ada di balik konten memasak tersebut adalah Yackikuka. Apa kamu sudah tidak asing dengan nama tersebut?

Yackikuka atau yang memiliki nama asli Melliana Hardi ini merupakan seorang ibu rumah tangga yang awalnya iseng membagikan kreasi bento di akun Instagram pribadinya. Resep bento yang ia buat untuk anak laki-lakinya ini ternyata mendapat respon positif dari banyak orang.

bento yackikuka

Bento buatan Melli (sumber: instagram.com/yackikuka)

Terhitung hingga sekarang, perempuan lulusan D3 Product Design ini sudah mendapatkan 836K followers di Instagram dan 748K subscribers di YouTube. Banyak banget yah!

Simak wawancara kami bersama Yackikuka alias Melli untuk mengisi kampanye #KulinerKreativv, yuk!

Wawancara Bersama Yackikuka

Boleh ceritakan awal mula kamu terjun ke dunia kuliner sampai akhirnya menjadi food content creator seperti sekarang?

Akhir tahun 2014 saya coba-coba buka account di Instagram untuk mengisi waktu dan penasaran juga sama Instagram hehe. Awalnya saya hanya sharing kreasi bento dan kegiatan bermain untuk anak saya.

Zaman itu sedang musim lomba bikin foto dan video masak semacam sharing resep. Nah saya iseng ikutan dan ternyata saya menang di lomba itu yang bikin saya termotivasi untuk membuat video-video masak lainnya. Dengan HP yang saya punya dan peralatan seadanya, saya mulai membuat video-video masak lainnya.

Seiring berjalannya waktu, di akhir tahun 2015 saya mendapat tawaran untuk membuka YouTube account. Saya mulai meng-upload video saya di YouTube. Saya membuat apapun yang saya ingin kreasikan dan apa yang anak saya suka makan, pembuatan videonya jadi kegiatan yang menyenangkan buat saya.

yackikuka

Melli bersama anaknya (sumber: instagram.com/yackikuka)

Sampai pernah saya habiskan waktu dari pagi sampe sore hanya untuk buat satu video hehe. Ternyata video saya mendapat respon positif di Instagram dan YouTube, banyak permintaan untuk me-repost video saya dari account luar. Dari situ nama Yackikuka mulai dikenal.

Sebagai seorang food content creator, apakah kamu punya background di dunia kuliner sebelumnya?

Sebelumnya saya tidak memiliki background di dunia kuliner. Saya mulai belajar untuk mengkreasikan makanan semenjak saya punya anak. Dari kecil memang saya sangat tertarik untuk bisa menyajikan sesuatu dari hasil kreasi sendiri. Pas SD saya pernah ingin buat kue ulang tahun sendiri, tapi berakhir bantet haha

Siapa koki/food reviewer/food blogger favoritmu? Alasannya?

Koki favorit saya adalah mama saya yang masakannya selalu saya rindukan ketika saya sudah menikah dan tinggal di Bali dan mertua saya yang mengajarkan banyak dalam hal masak memasak.

Baca Juga
Milenial Bisa Bikin Startup Tanpa Modal Besar

Boleh ceritakan bagaimana awalnya sampai kamu bisa merilis buku Fun Cooking with Yackikuka?

Tahun 2017 ketika itu banyak tawaran dari penerbit untuk menulis buku, tapi saat itu saya merasa belum siap untuk menulis buku. Sampai akhirnya ada salah satu penerbit yang gak patah semangat mengajak saya untuk menulis buku haha Akhirnya saya putuskan untuk mencoba.

buku fun cooking with yackikuka

Fun Cooking with Yackikuka (sumber: instagram.com/yackikuka)

Hidangan terunik apa yang pernah kamu buat? Lalu bagaimana pengalamanmu saat membuatnya?

Kulit ayam KFC ala-ala. Kaget dengan rasanya beneran mirip kulit ayam haha

Ada gak makanan, minuman, atau tempat makan impian yang ingin banget kamu cobain, tapi belum kesampaian sampai sekarang? Apa alasannya?

Sudah lama sih sempet kepikiran ingin coba Namaaz Dining karena penasaran kalau lihat video makan sambil pakai jas hujan dan lainnya hehe. Cuma sudah lama banget gak ada waktu buat kesana karena tempat tinggal jauh juga.

Bagaimana tips dan trik agar bisa membuat variasi resep yang berbeda setiap harinya?

Tipsnya harus sering masak jadi tahu banyak variasi makanan. Triknya sering cari-cari resep makanan dan praktekin sampai hasilnya sesuai dengan yang dimau.

yackikuka

Tempe penyet ala mertua (sumber: instagram.com/yackikuka)

Gimana pendapatmu tentang cara penyajian atau packaging dari suatu produk makanan atau minuman untuk memengaruhi calon konsumen?

Sangat besar. Karena awalnya orang melihat, jika packaging atau penyajian menarik maka orang tertarik mencoba.

Baca Juga
IdeaFest 2019 Menjadi Festival Kreatif yang Inspiratif

Apa yang membuat kamu merasa bahagia sebagai seorang food content creator?

Bahagia karena dapat berbagi sesuatu yang berguna. Senangnya ketika dapat foto hasil recook dari followers dan beberapa yang recook adalah anak SD yang termotivasi masuk dapur karena video yang saya share.

Bagaimana pendapatmu melihat tren food vlogger/blogger/reviewer, yang sedang marak saat ini?

Sangat bagus, karena dapat membuka banyak peluang usaha di mana-mana. Membantu banyak usaha-usaha rumahan atau kecil untuk berkembang.

Terakhir nih, apa harapanmu untuk perkembangan bisnis kuliner di Indonesia?

Semoga dunia kuliner semakin berkembang dengan makanan dan minuman yang semakin bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Komunitas

Indonesia Millennial Summit 2020: Membahas Masa Depan Indonesia Melalui Empat Sudut Pandang

Komunitas

Rayakan Ultah ke-11, HIMMCOMM Binus Ajak Milenial Go Digital

Komunitas

Mother Earth & Architecture, Menjaga Budaya Suku Dayak Iban di Era Modern

Komunitas

kreativv ID Ajak Milenial Berbisnis Kuliner lewat Kuliner Kreativv 4.0

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link