GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

konsistensi adalah

Konsistensi Bisa Mengalahkan Kualitas

Banyak orang yang lebih berbakat darimu. Mereka lebih pintar, lebih kaya, lebih keren, dan tentunya lebih kreatif darimu. Tapi bagaimana cara untuk tidak kalah dari mereka? Konsistensi adalah kunci utamanya. Semua orang bisa berkarya, tapi yang pada akhirnya bisa bertahan adalah orang yang konsisten. Ini seleksi alam. Jika kamu konsisten, pasti kamu bisa mencapai tujuan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa konsistensi bisa mengalahkan kualitas.

konsistensi adalah 4

Ilustrasi menyusun strategi (sumber: pexels.com)

Pernah dengar istilah “rezeki dipatok ayam”? Kita ambil contoh yang mudah. Misal, kamu adalah seorang komikus digital. Setiap hari Sabtu, kamu pasti mengunggah episode terbaru. Namun suatu waktu kamu mengalami writer’s block. Bagaimana cara kamu melalui masa-masa krisis ide? Apakah kamu memilih untuk tenggelam bersama permasalahan tersebut atau malah bangkit lagi dan melanjutkan komik digital buatanmu?

Kalau kamu memilih untuk terus menunda episode berikutnya, maka akan ada komikus baru yang kapan pun bisa menggantikan posisimu. Walau dari segi ilustrasi gambar dan jalan ceritanya masih kurang oke, tapi karena dia konsisten dengan terus mengunggah episode komik digitalnya, maka dia bisa saja mengalahkanmu.

Konsisten adalah strategi yang paling efektif untuk terus maju, bahkan melewati pesaing terberat. Akan tetapi, walaupun konsistensi bisa mengalahkan kualitas, alangkah baiknya kalau konsistensi ini juga diikuti dengan kualitas. Yang tadinya sudah dapat nilai A, maka kamu bisa dapat A+. Cobain deh. Dijamin tidak akan rugi.

Belajar Disiplin

Disiplin saat mengerjakan tugas (sumber: unsplash.com)

Buat kamu yang mau menjadi orang yang konsisten, ada berbagai macam cara loh yang bisa kamu coba. Nah, satu hal yang wajib banget kamu coba adalah dengan menerapkan sifat disiplin. Tidak semua orang bisa bekerja secara teratur. Sebagian orang lebih banyak membuang waktu untuk menunggu, misalnya menunggu inspirasi, ide, maupun mengerjakan revisi pekerjaan. Kalau kamu masuk ke dalam golongan yang hanya mau menunggu, kapan mau memetik hasilnya?

Kunci konsistensi adalah selalu mengingat apa saja skala prioritasmu, apa yang lebih penting, dan apa targetmu selama ini. Kalau ketiga hal itu sudah tertanam di dalam diri, maka kamu tidak akan mager lagi untuk berdisiplin menyelesaikan semua pekerjaan.  

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *