Quiz

Cara Cerdas Mempromosikan Akun dan Video YouTube Biar Dapat Banyak View

YouTube belum lama ini mentahbiskan dirinya sebagai situs kedua yang paling banyak dikunjungi di web ngalahin Facebook. Yang mengejutkan adalah, ternyata kita hidup di jaman di mana orang-orang menghabiskan waktu hingga 6 jam lamanya setiap hari untuk nonton video dan konten-konten hiburan lainnya lewat YouTube, lho. Kamu juga, kan?

Nah, dengan fakta tersebut, nggak ada salahnya kamu mulai terjun ke dunia per-YouTube-an sekarang, guys. Apalagi jika kamu adalah pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk, jasa atau brandmu secara maksimal. Di bawah ini adalah trik cerdas yang wajib kamu ketahui jika ingin dapetin banyak view di setiap video YouTube kamu:

Pakai Judul dan Deskripsi Singkat yang Menarik dan Bikin Kepo

 

Sumber Gambar : hootsuite

Judul adalah hal pertama yang dilihat pengguna begitu kontenmu muncul di beranda mereka. Dan penonton akan tertarik untuk meng-klik videomu ketika merasa judulmu menarik. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat bikin judul yang bikin orang penasaran dengan isi videomu.

Pastikan judul videomu terdiri dari 60 karakter atau kurang. Jika tidak YouTube akan memotong judulmu dalam tampilan di situs atau aplikasi. Sertakan keyword yang sesuai di bagian awal judulmu, karena sebagian besar penonton online biasanya cuma baca awal kalimat saja.

Hindari judu clicbait karena meski bisa mendatangkan viewer dalam jumlah besar, tapi bisa merusak reputasi akun YouTube kamu di kemudian hari.

Dan untuk kamu yang masih nggak bisa bikin judul menarik, YouTube punya fitur autocomplete yang bisa membantumu menemukan keyword populer, lho.

Bikin Konten yang Diinginkan Audiens

 

youtube

Sumber Gambar : Youtube

Apa pun jenis konten yang kamu bikin, pastikan video-mu sesuai dengan kemauan audiensmu. Ini adalah cara terbaik untuk lebih mengenal audiens dan tontonan seperti apa yang ingin mereka lihat dari akun milikmu.

Baca Juga :   Cek Seberapa Tinggi Kadar Kecerdasan Emosional atau EQ Kamu

Untuk kamu yang pemula, coba deh, intip gimana video YouTuber atau content creator lain mempromosikan akun dan konten-konten buatan mereka. Atau kamu bisa melihat ke fitur analytics, di mana tercantum seala informasi mendetail tentang demografi penonton, lokasi mereka, keterlibatan dan data-data penting lainnya.

Edit Thumbnails Khusus

Thumbnails punya peran yang sangat penting, bahkan bisa dibilang jauh lebih penting dari judul. Alasannya, karena otak manusia dirancang untuk memperhatikan visual lebih dulu. Otak kita akan memproses tampilan visual dalam waktu kurang dari 13 milidetik.

Kamu bisa memanfaatkan fitur otomatis di YouTube, sayang biasanya tampilannya buram dan kurang fokus. Eits, tapi ada banyak banget kok, situs pembuat thumbnails yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan gambar thumbnails yang menarik.

Cross-Promote Videomu di YouTube

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, gimana caranya para YouTuber terkenal bisa membahas topik serupa di video-video mereka. Jangan salah, ini bukan hal yang mustahil, lho. Dan bahkan kamu bisa dapetin manfaat nggak terduga dengan kejadian ini.

Caranya? Kamu bisa mendatangkan lebih banyak viewer untuk menonton video-video lamanya dengan melakukan cross-promote di video terbarumu. Cukup sertakan link di deskripsi video kamu.

Hadiah dan Giveaway

Nggak ada yang lebih disukai para penontonmu selain hadian dan giveaway. So, kenapa nggak coba bikin kontes atau giveaway di akun YouTube kamu untuk mendorong orang men-subscribe channel-mu?

Untuk berpartisipasi jangan buat syarat yang terlalu ribet. Cukup minta mereka untuk me-like, meninggalkan komentar atau men-subscribe channel-mu.

Gimana, sudah siap untuk mendapatkan ratusan ribu view di video terbarumu dengan tips dan cara promosi di atas? Langsung aja praktek sekarang dan buktikan sendiri!

About author

Related posts
Quiz

Cari Tau Disini Apakah Kamu Cocok Buat Jadi PNS?

Quiz

Kami Bisa Tau Kondisimu Saat Ini Dengan Memilih Gambar-Gambar Ini!

Quiz

Jangan Ngaku Food Vlogger Kalau Gak Tau Nama Kuliner Unik Indonesia Ini!

Quiz

Story Teller YouTuber Siapa Nih, Yang Paling Kamu Sukai?