Quiz

Pahami Pentingnya Tagline untuk Strategi Marketing Bisnismu

tagline

Identitas brand sangat penting untuk bisa menarik perhatian konsumen. Nah, tagline merupakan bagian dari identitas brand tersebut. Salah satu tagline yang udah nggak asing banget adalah “I’m Lovin’ It dari McDonald’s, kamu pasti pernah lihat iklannya, kan? Biar lebih paham, sekarang kita simak aja pengertian dan apa pentingnya tagline serta manfaatnya untuk bisnis kamu. Let’s check it out.

Apa Itu Tagline?

Sumber Gambar : Detik.net

Menurut pengertian dalam kamus Bahasa Inggris, tagline adalah “susunan kata unik dan menarik yang fungsinya untuk mengasosiasikan merek atau brand kepada calon pelanggan.” Kalau secara sederhana, tagline berarti deskripsi singkat yang menggambarkan bisnis, produk atau jasa kamu secara menyeluruh. Ahli brand tagline, Eric S, menyampaikan kalau tagline idealnya nggak boleh melebihi 7 kata.

Hal tersebut bertujuan memudahkan calon konsumen dalam mengingatnya. Jadi, cukup beberapa kata aja, tapi bermakna kuat sehingga audiens bisa langsung ingat dengan brand tersebut. Contohnya seperti McDonald’s tadi, dengan tagline “I’m lovin’ it.” Biasanya, tagline ini tempatnya berdekatan dengan logo brand.

Perbedaan Tagline dan Slogan

Sumber Gambar : whatsnewindonesia

Banyak yang sering rancu dengan tagline dan slogan. Biar nggak bingung, lihat perbedaannya secara singkat berikut ini:

Definisi

Tagline – sebuah frasa yang dikaitkan dengan sebuah brand

Slogan – frasa yang dipakai untuk mengenalkan produk

Manfaat

Tagline – membuat audiens teringat akan brand yang diusung

Slogan – menjelaskan manfaat dan fitur suatu produk

Fungsi

Tagline – logo verbal

Slogan – sub tagline

Struktur kata

Tagline – memakai sejumlah frasa unik, lucu, menghibur, menginspirasi dan menyindir

Slogan – memakai frasa yang mengajak serta menjelaskan tentang produk

Contoh

Tagline – Wardah “Feel the beauty”

Slogan – Lipstik Wardah “Feel the color comfort”

Nah, udah bisa dipahamin, ya, perbedaannya. Kamu juga bisa menggabungkan kedua elemen tersebut buat branding, sehingga marketing bisnismu semakin maksimal.

Baca Juga :   Coba Vote, Siapa Youtuber Musik Favorit Kamu?

Manfaat Tagline untuk Marketing

Pentingnya Tagline

Sumber Gambar : glints.com

Bisa jadi bagimu tagline itu sepele dan nggak punya fungsi khusus. Padahal, sebenernya tagline adalah kunci penting dalam marketing. Perhatikan manfaat tagline berikut ini:

Menciptakan Brand Awareness

Seringkali sebuah brand mempromosikan bisnisnya melalui iklan. Jadi, tagline mereka bakal ditayangkan berulang-ulang. Audiens pun jadi sering menonton dan mendengarnya. Ini bertujuan mengirimkan pesan sehingga membuat orang teringat akan tagline tersebut.

Memperkuat Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi marketing untuk membuat brand diingat, dan mendapat tempat spesial di hati orang-orang. Contohnya, tagline HIT, “Ada yang lebih bagus dari HIT?”. Jadi, biar orang ingat bahwa HIT adalah produk pengusir nyamuk dan serangga yang terbaik.

Pentingnya Tagline

Sumber Gambar :transkampus.com

Menggambarkan Visi dan Misi

Tagline membantu kamu menggambarkan visi dan misi yang diusung oleh bisnismu. Misalnya, tagline Disneyland, “The happiest place on earth.” Jadi, visi misi Disneyland adalah menghadirkan tempat yang paling membahagiakan di dunia.

Menunjukkan Keunggulan dari Kompetitor

Di era sekarang ini, bisnismu nggak mungkin bisa berbeda seratus persen dari bisnis lainnya yang udah ada. Pasti ada kompetitor dengan bisnis yang serupa. Nggak masalah, asalkan kamu bisa perlihatkan keunggulanmu. Salah satunya melalui tagline brand kamu.

Pentingnya Tagline

Sumber Gambar : Kumparan

Menjelaskan Identitas Bisnis

Nggak hanya membedakan bisnismu dan kompetitor, tagline juga bisa menjelaskan identitas bisnis dengan kuat. Jadi, orang-orang bakal lebih ingat brand-mu. Misalnya, tagline The Botol Sosro, “Apapun makanannya, minumnya teh botol Sosro.” Jadi, Sosro berupaya mengubah kebiasaan orang-orang yang minum air putih sehabis makan, agar menggantinya dengan teh botol Sosro.

 

Demikianlah pengertian dan pentingnya tagline  buat bisnismu. Kelihatannya sepele tapi ternyata penting banget, kan. Dari tagline inilah, brand kamu bisa diingat banyak orang.

About author

Related posts
Quiz

Cari Tau Disini Apakah Kamu Cocok Buat Jadi PNS?

Quiz

Kami Bisa Tau Kondisimu Saat Ini Dengan Memilih Gambar-Gambar Ini!

Quiz

Jangan Ngaku Food Vlogger Kalau Gak Tau Nama Kuliner Unik Indonesia Ini!

Quiz

Story Teller YouTuber Siapa Nih, Yang Paling Kamu Sukai?