Kuliner

8 Kue Khas Lebaran yang Jadi Tradisi Keluarga Nusantara

Akhir Ramadan telah tiba, waktunya untuk merayakan hari kemenangan dengan bersuka cita atas ibadah yang telah dilakukan selama sebulan penuh lamanya. Eits, bukan perayaan Lebaran namanya kalau belum dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik dan tradisi khas yang kerap hadir selama selebrasi yang ditunggu umat muslim sedunia ini. Salah satunya adalah tersajinya berbagai kue khas Lebaran yang banyak dijumpai di banyak rumah keluarga Nusantara. 

1. Kue Sagu 

Kue khas lebaran 1

Sumber: cookpad.com

Sagu keju merupakan kue kering khas lebaran yang tidak terlupakan. Teksturnya padat dengan rasa yang manis dan gurih. Variasi rasa dari kue kering khas lebaran favorit ini yang populer antara lain sagu keju, sagu coklat kacang, dan kue kering khas lebaran sagu coklat Oreo yang tampak kekinian.

2. Nastar

Kue khas lebaran 2

Sumber: cookpad.com

Nama nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berati nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

3. Kue Kering Mentega 

Kue khas lebaran 3

Sumber: cookpad.com

Satu lagi yang tak kalah enaknya untuk menyambut hari raya Idul Fitri sebagai suguhan istimewa untuk tamu dan keluarga yakni kue kering mentega. Jenis kue kering yang satu ini biasanya disajikan dalam toples kedap udara untuk memberikan teksturnya tetap renyah dan nikmat. Kue kering mentega terbuat dari olahan mentega tawar yang dipadu dengan terigu, soda kue, topping selai kacang yang halus serta bahan-bahan lainnya. Disajikan dengan tahap proses pemanggangan hingga kering dan matang, banyak sekali resep cara pembuatannya.

4. Putri Salju 

Sumber: cookpad.com

Kue kering putri salju merupakan salah satu kue kering favorit keluarga saat hari raya Idul fitri. Sudah sejak lama kue kering ini sudah menjadi salah satu kue kering lebaran favorit keluarga Indonesia. Banyak yang mengira membuat kue putri salju ini susah, ribet dan melelahkan. Tetapi sebenarnya tidak sesulit dan serumit yang dibayangkan loh, kamu bisa menemukan banyak resep mudah di internet. 

5. Kue Kukis Coklat Kering 

Sumber: cookpad.com

Belakangan ini, kue kering yang lebih populer dengan nama niegreta atau nigreta ini menjadi salah satu yang laris manis dan banyak dibuat oleh produsen kue kering rumahan. Sekilas terlihat seperti kue kering coklat biasa, tetapi nigreta memiliki tekstur renyah dan rasa padat lezat saat dikunyah. Penggemar kukis coklat kacang dan  pasti akan menyukainya. Kombinasi warna adonan coklat bersalut icing brownies putih vanili, ditambah remah kacang panggang tampak ideal melengkapi jajaran kue kering di atas meja.

6. Lidah Kucing 

Sumber: cookpad.com

Hidangan khas Lebaran sejak zaman penjajahan Belanda ini memang terkenal dengan kerenyahan dan rasa yang menyerupai egg roll cookies. Lidah kucing, sesuai namanya, berbentuk seperti lidah kucing dengan kepadatan yang tipis. Hidangan ini patut melengkapi meja kamu sebagai variasi kukis bertekstur renyah.

7. Kue Kering Apel 

Sumber: cookpad.com

Kue kering coklat dan kue kering kacang memang memiliki rasa yang nikmat dan mudah membuatnya. Namun bagi kamu yang ingin membuat jenis kreasi kue kering lain yang lebih bervariasi dan memiliki rasa yang tidak umum mungkin bisa mencoba membuat kue kering apel. Kue kering apel merupakan pilihan yang tepat untuk di coba pada Lebaran tahun ini.

8. Choco Chips 

Sumber: cookpad.com

Dan kue kering terakhir yang kami rekomendasikan untuk kamu dan keluarga ketika hari raya Lebaran adalah kue kering choco chips. Siapa sih yang berani menolak untuk menikmati potongan kue kering yang renyah dan lezat ini? Si kue kering coklat chips ini akan menjadi pilihan kue kering yang menggoda mata para tamu ketika hari raya.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya