Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Sebuah bisnis mustahil dibangun tanpa pendanaan yang baik. Nah, karena itulah banyak perusahaan yang berupaya keras mendapatkan kucuran dana segar dengan melakukan berbagai cara. Melalui crowdfunding, misalnya.  Belakangan ini, strategi mendapatkan dana lewat crowdfunding cukup populer, terutama di kalangan startup, karena mudah dan prosesnya nggak pake lama.

Tapi benarkah seperti itu, GenKs? Buat kamu-kamu yang tertarik membangun atau mengembangkan bisnis dengan crowdfunding, intip dulu seluk-beluknya berikut, yuk!

Pengertian Crowdfunding

Sumber Gambar : jakpost.net

Crowdfunding sendiri merupakan suatu upaya mendapatkan dana secara kolektif yang dilakukan para pemilik bisnis untuk mengembangkan perusahaannya. Biasanya, dana ini didapatkan dari orang-orang di luar bisnis, guys, seperti pelanggan, investor dan kolega.

Pelaku usaha yang sering memanfaatkan strategi crowdfunding adalah UKM dan perusahaan startup dengan ide unik dan menarik, kejelasan cikal bakal produk, tapi mereka kekurangan dana untuk bisa menerapkannya secara sempurna.

Keunggulan Menerapkan Strategi Crowdfunding

Sumber Gambar : nancy-rubin.com

Menjadi metode pengumpulan dana untuk bisnis dan startup yang paling diminati, apa saja sih, kelebihan crowdfunding?

  1. Lebih Cepat Memperkenalkan Bisnis secara Luas

Sumber Gambar : incimages.com

Untuk mendapatkan pendanaan, pertama-tama kamu perlu terlebih dulu menjelaskan seperti apa rencana pengembangan bisnis kepada publik, guys. Peluangmu bakal lebih besar jika semakin banyak yang tahu.

Kamu bisa menginformasikan kampanye crowdfunding lewat platform pendanaan saja atau melalui website, medsos dan channel lainnya.

2. Memikat Investor Potensial

Sumber Gambar : pionline.com

Apabila ide bisnismu menarik dan potensi cuannya tinggi, tentu banyak orang yang bersedia menanamkan modal. Dan lewat metode crowdfunding, calon investor bisa mempelajari bisnis sekaligus peluang keuntungannya lebih jelas.

3. Proses Pengajuan yang Mudah

crowdfunding

Sumber Gambar : squarespace.com

Pengajuan kampanye crowdfunding dijamin anti ribet-ribet club, karena bisa dilakukan secara online. Jadi, nggak ada yang namanya mengunjungi dan bertatap muka langsung setiap investor potensial. Cukup gunakan platform crowdfunding saja, GenKs.

4. Sedikit Persaingan

Sumber Gambar : companieshouse.blog.gov.uk

Tingkat kesulitan mencari dana investasi bagi startup baru jauh lebih tinggi karena kredibilitas bisnisnya masih lemah. Jadi, kalau pakai strategi standar, kamu akan kalah saing dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah punya nama besar, guys.

Nah, crowdfunding menjadi solusi terbaik, karena hanya bermodalkan ide dan potensi bisnis, bisnis apa pun, bahkan yang baru sekali pun, bisa menggalang dana.

5 Kiat Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Crowdfunding

crowdfunding

Sumber Gambar : onlismallbiz.com

Ada beberapa tips mudah yang bisa kalian coba agar sukses melakukan crowdfunding:

  1. Membangun Ide Bisnis Potensial

crowdfunding

Sumber Gambar : amazonaws.com

Investor hanya akan melirik bisnis dengan ide yang memiliki dampak luas bagi masyarakat karena berpotensial. So, pastikan proyekmu menjanjikan, baik secara manfaat dan keuntungan.

2. Tentukan Target Bisnis yang Jelas

crowdfunding

Sumber Gambar : bizj.us

Tanpa kejelasan, nggak bakal ada satu investor pun yang bersedia mengucurkan dana lewat crowdfunding. Kunci keberhasilannya adalah menentukan target pengembangan bisnis dengan sempurna, baik jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.

3. Bangun Tim Berpengalaman

Sumber Gambar : crucial.com.au

Nggak peduli sehebat apa pun ide bisnis dan target yang kalian susun, jika ditangani tim minim pengalaman, maka risiko gagal pun semakin besar. Solusinya adalah, bangun manajemen bisnis dengan menggandeng orang-orang profesional yang dibekali skill terbaik dalam dunia bisnis.

4. Susun Profil Bisnis yang Kredibel

crowdfunding

Sumber Gambar : moota.co

Well, meski crowd funding adalah jalan tercepat untuk menggalang dana, tapi jangan pandang sebelah mata peran website company profile dalam membangun image sesuai karakter bisnis. Suatu saat, ketika bisnismu sudah berkembang, website perusahaan menjadi sumber di mana investor bisa memantau perkembangan bisnismu dengan lebih mudah.

5. Persiapkan Proposal yang Menarik

crowdfunding

Sumber Gambar : businessupside.com

Dan terakhir, sebagai sarana pengajuan crowd funding kepada para investor, susunlah proposal bisnis yang menarik. Pastikan dalam proposalmu memuat ide bisnis disertai riset, tujuan bisnis, rencana penggunaan dana hingga persentase keuntungan dari produksi yang akan dilakukan.

Itulah informasi penting tentang crowdfunding yang perlu diketahui. Siap mencari investor, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer