Kuliner

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan Unik

kuliner-indonesia-yang-punya-nama-kepanjangan-unik

Indonesia adalah negara gemah ripah loh jinawi. Nggak cuma diberkati dengan kekayaan alam saja, negeri tercinta kita ini juga dikenal dengan aneka hidangan Nusantara yang lezat banget. Kamu pastinya pernah dengar tentang makanan comro, cimol, dan cilok, bukan? Nah, tahu nggak, ternyata makanan-makanan itu punya nama kepanjangan, lho. Nama kepanjangannya pun unik abis. Penasaran, kan? Yuk simak apa saja sih kuliner Indonesia yang punya nama kepanjangan unik berikut ini.

Comro

comro

Kuliner Indonesia comro (Sumber: sajiansedap.grid.id)

Buat kamu warga Bandung, pastilah nggak asing dengan kuliner Indonesia berupa camilan satu ini. Comro adalah makanan berupa singkong yang dihancurkan dan digoreng hingga berwarna keemasan. Teksturnya renyah di luar dan lembut di bagian dalam, dijamin bikin kamu ketagihan. Sekilas, comro memang mirip banget dengan jajanan khas Jawa Timur yaitu jemblem. Bedanya, comro berisi oncom, yaitu produk fermentasi dari ampas tempe. Nah, tahu nggak, nama comro diambil dari kalimat “Oncom di Jero”. Nama itu merujuk pada oncom yang jadi isian dari makanan ini.

Ketoprak

ketoprak

Sepiring ketoprak yang kadang disangka gado-gado (Sumber: masakapahariini.com)

Berkunjung ke Jakarta pastilah nggak lengkap kalau belum mencicipi ketoprak. Hidangan khas Betawi ini lumayan mirip dengan gado-gado. Bedanya, terletak pada isian. Kalau gado-gado menggunakan full sayuran dengan sedikit campuran tempe goreng dan telur rebus, maka ketoprak lebih didominasi dengan irisan tahu goreng dan ketupat. Selain itu, ketoprak juga dihidangkan dengan tauge dan kerupuk yang bikin teksturnya makin renyah. Tambahan acar mentimun bikin hidangan ini makin sip. Guyuran saus kacang dari ketoprak juga cenderung gurih. Nah, ternyata, nama “ketoprak” berasal dari singkatan “ketupat toge digeprak”.

Es Doger

es-doger

Segelas es doger yang biasa dijual di gerobak (Sumber: indozone.id)

Nah, saat cuaca lagi gerah-gerahnya, menikmati segelas es doger memang pas banget. Hidangan kuliner Indonesia berupa es yang bisa kamu temukan di berbagai kota di Indonesia ini sebenarnya merupakan hidangan khas Cirebon. Es doger umumnya terdiri dari campuran susu, kelapa serut, ditambah dengan sedikit sirup merah, irisan buah alpukat, tape, dan ketan hitam. Nama es doger ternyata berasal dari kalimat “es dorong gerobak”. Soalnya, memang kebanyakan pedagang es ini menjual barang dagangannya dengan menggunakan gerobak dorong. Ada-ada saja, ya?

Batako

bakso-tahu-koprol

Batako alias bakso tahu koprol (Sumber: phinemo.com)

Malang populer banget dengan bahasa walikannya. Jadi, jangan heran kalau warga Malang juga kreatif banget dalam memberi nama makanan daerahnya. Salah satunya adalah batako. Beda dari batako yang ada di toko bangunan, batako ini bisa dimakan. Nah, batako ini berasal dari kalimat “bakso tahu koprol”. Rasa tahu ini memang bikin kamu koprol karena kelezatannya.

Tahu batako terbuat dari tahu gembos yang dibelah bagian tengahnya dan diisi dengan potongan lombok rawit dan adonan bumbu lalu diselimuti dengan tepung. Setelah itu, tahu itu digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Tekstur tahu yang renyah di luar berpadu sempurna dengan kelembutan adonan di dalamnya. Eits, hati-hati! Ada jebakan irisan lombok rawit yang bikin kamu melonjak-lonjak kepedasan. Sudah pernah coba menu satu ini?

Cuanki

kuliner-indonesia-cuanki

Cuanki yang kadang disebut mirip dengan bakso (Sumber: explorewisata.com)

Sekilas, kuliner Indonesia bernama cuanki ini mirip banget dengan bakso. Walaupun sama-sama pas dinikmati di musim hujan, cuanki dan bakso punya beberapa perbedaan. Cuanki adalah hidangan berkuah asal Bandung yang terdiri dari campuran daging ikan dan daging sapi yang diolah dengan tepung tapioka. Isian cuanki kurang lebih sama dengan bakso. Bedanya, kuah cuanki punya cita rasa rempah-rempah yang lebih tajam. Nah, nama cuanki ternyata berasal dari kalimat “cari uang jalan kaki”. Pasalnya, pedagang cuanki biasanya menggotong gerobak di pundak atau dengan gerobak dorong. Unik, kan?

Nah, itulah ulasan kuliner Indonesia yang punya nama kepanjangan unik. Kamu pernah dengar hidangan khas Nusantara lainnya yang punya nama unik, nggak?

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya